15 Olahan Daging Kambing yang Maknyus, Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan

"Salah satunya mungkin makanan favoritmu"

Life | 02 May 2023, 06:24
15 Olahan Daging Kambing yang Maknyus, Ketahui Manfaatnya Bagi Kesehatan

Lebaran Idul Fitri telah lewat. Namun urusan kuliner tentu tidak akan ada habisnya. Menikmati hidangan dari olahan daging kambing sangat menggugah selera.

Apalagi daging kambing mempunyai banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Nah, apa saja jenis olahan daging kambing yang dapat disajikan dan menggoyang lidah kita.
 
Daun.id

daging kambing/pixavay

1. Gulai Kambing:
Masakan khas Indonesia yang biasanya dimasak dengan bumbu rempah dan santan, kemudian dihidangkan dengan nasi putih atau nasi kuning.

2. Sate Kambing:
Irisan daging kambing yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar, kemudian disajikan dengan bumbu kacang atau kecap manis.

3. Tongseng Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran seperti kol, wortel, dan kentang, kemudian dihidangkan dengan nasi putih.

4. Empal Kambing:
Daging kambing yang dipotong tipis kemudian digoreng dan disajikan dengan bumbu kacang atau sambal.

5. Kambing Guling:
Olahan daging kambing yang utuh dan dibakar dalam oven atau panggangan, kemudian dihidangkan dengan nasi putih atau nasi uduk.

6. Sup Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran seperti kentang, wortel, dan tomat, kemudian disajikan sebagai sup.

7. Kari Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu kari dan santan, kemudian dihidangkan dengan nasi putih atau roti.

8. Rawon Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah khas Jawa dan kuah kental berwarna hitam, kemudian dihidangkan dengan nasi putih atau lontong.

9. Rendang Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rendang khas Padang yang kaya rempah, kemudian dihidangkan dengan nasi putih atau ketupat.

10. Gule Kambing:
Olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah yang lebih ringan daripada gulai, dan disajikan dengan nasi putih atau lontong.

11. Sate Maranggi:
Olahan daging kambing dari daerah Purwakarta yang dipotong kecil-kecil, ditusuk dengan tusuk sate, dan dibakar dengan bumbu khas Maranggi.

12. Tumis Kambing:
Olahan daging kambing yang diiris tipis dan ditumis dengan bumbu rempah, kemudian disajikan dengan nasi putih.

13. Sop Kaki Kambing:
Olahan kaki kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran seperti wortel dan kentang, kemudian dihidangkan sebagai sup.

14. Kambing Panggang:
Olahan daging kambing yang dipanggang dengan bumbu khas dan dihidangkan dengan nasi atau lontong.

15. Sayur Lodeh Kambing:
olahan daging kambing yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran seperti labu siam, kacang panjang, dan daun kelor, kemudian dihidangkan dengan nasi putih.

Kandungan nutrisi pada daging kambing:


1. Protein: Daging kambing adalah sumber protein yang baik dengan kandungan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein tubuh. Sebuah potongan daging kambing seberat 100 gram mengandung sekitar 26 gram protein.

2. Zat Besi: Daging kambing juga mengandung zat besi yang cukup tinggi, mineral penting yang membantu membentuk sel darah merah. Sebuah potongan daging kambing seberat 100 gram mengandung sekitar 3,6 mg zat besi.

3. Vitamin B: Daging kambing kaya akan vitamin B, terutama vitamin B12 yang membantu menjaga kesehatan sistem saraf dan membantu produksi sel darah merah. Sebuah potongan daging kambing seberat 100 gram mengandung sekitar 0,7 mg vitamin B12.

4. Selenium: Daging kambing juga mengandung selenium, mineral penting yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Sebuah potongan daging kambing seberat 100 gram mengandung sekitar 20 mcg selenium.

5. Asam Lemak Omega-3: Daging kambing juga mengandung asam lemak omega-3, yang membantu menjaga kesehatan jantung dan otak. Meskipun kandungannya tidak sebanyak pada ikan atau makanan laut, namun tetap memberikan manfaat bagi kesehatan.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 22 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:18 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:27  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI