15 Jenis Olahan Durian yang Enak, Ketahui Jenis Paling Populer di Indonesia

"Es durian paling segar"

Life | 03 May 2023, 10:13
15 Jenis Olahan Durian yang Enak, Ketahui Jenis Paling Populer di Indonesia

Anda suka makan durian? Di Indonesia, ternyata banyak sekali jenis durian yang punya rasa bikin ketagihan. Apalagi, dengan tangan-tangan kreatif para pecinta kuliner, durian kemudian diolah menjadi aneka jenis olahan yang menggugah selera.

Durian sendiri merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Sebutan populernya adalah "raja dari segala buah" (King of Fruit).

Durian adalah buah yang kontroversial, meskipun banyak orang yang menyukainya, tetapi sebagiannya kurang menyukai dengan aromanya yang sangat menyengat.

Berikut beberapa jenis olahan durian yang bisa menggoyang lidah anda.

1. Es durian:
Es durian adalah minuman dingin yang terbuat dari durian yang dicampur dengan susu, gula, dan es batu.

2. Dodol durian:
Dodol durian adalah makanan manis yang terbuat dari durian yang dimasak dengan gula dan tepung ketan.

3. Pancake durian:
 
Daun.id

Pancake Durian/Pixabay

Pancake durian adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan durian dan digoreng.

4. Sticky rice with durian:
Sticky rice with durian adalah makanan yang terbuat dari nasi ketan yang dicampur dengan durian dan disajikan dengan santan.

5. Durian ice cream:
Durian ice cream adalah es krim yang terbuat dari durian yang dicampur dengan susu dan gula.

6. Durian tempoyak:
Durian tempoyak adalah makanan yang terbuat dari durian yang telah di fermentasi dengan garam dan digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan.

7. Durian crepes:
Durian crepes adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan durian dan dibuat menjadi lapisan tipis.

8. Durian smoothie:
Durian smoothie adalah minuman sehat yang terbuat dari durian yang dicampur dengan susu atau yogurt.

9. Serabi durian:
Serabi durian adalah pancake yang terbuat dari tepung beras dan gula kelapa yang dicampur dengan durian yang diparut. Makanan ini biasanya disajikan dengan gula merah atau sirup gula.

10. Dodol garut durian:
Dodol garut durian adalah makanan manis tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari tepung ketan, gula kelapa, dan durian. Makanan ini biasanya dikemas dalam bentuk kotak dan dijual di pasar tradisional.

11. Sate durian:
Sate durian adalah makanan yang terdiri dari potongan durian yang ditusuk dengan tusuk sate dan dibakar. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus kacang atau saus kecap.

12. Martabak durian:
Martabak durian adalah makanan yang terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan durian, telur, gula, dan susu. Makanan ini dibuat dengan cara digoreng dan disajikan dengan saus coklat atau keju.

13. Nasi goreng durian:
Nasi goreng durian adalah makanan yang terdiri dari nasi goreng yang dicampur dengan durian, telur, dan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, dan cabai.

14. Kue durian:
Kue durian adalah berbagai jenis kue yang dibuat dengan bahan dasar durian seperti kue lapis durian, kue bolu durian, atau kue lumpur durian.

15. Pudding durian:
Pudding durian adalah makanan penutup yang terbuat dari durian, susu, gula, dan bahan-bahan lainnya yang diaduk dan dibiarkan mengeras di dalam kulkas.

Beberapa jenis durian yang paling terkenal di Indonesia:

Daun.id

Durian di Indonesia/Pixabay

1. Durian montong:
Durian montong adalah jenis durian yang paling populer di Indonesia. Buahnya berbentuk bulat dan kecil, dengan daging kuning pucat dan rasa yang manis dengan sedikit aroma bawang putih.

2. Durian merah:
Durian merah memiliki daging buah yang berwarna merah dengan rasa manis yang kaya. Durian merah biasanya memiliki tekstur yang lembut dan halus.

3. Durian kutek:
Durian kutek memiliki daging buah yang berwarna kuning pucat, dengan rasa yang manis dan aroma yang kuat. Durian ini memiliki biji yang relatif kecil dan tekstur daging yang kering.

4. Durian petruk:
Durian petruk memiliki daging buah yang berwarna kuning terang dan rasa yang manis. Durian ini biasanya lebih kecil dari durian montong dan memiliki kulit yang lebih tipis.

5. Durian musang king:
Durian musang king adalah jenis durian yang terkenal karena rasa dan aromanya yang kuat. Daging buahnya berwarna kuning dan teksturnya lembut dan kental.

6. Durian bawor: 
Durian bawor memiliki daging buah yang berwarna kuning pucat dan rasa yang manis dengan aroma yang kuat. Durian ini biasanya lebih besar dari durian montong dan memiliki biji yang relatif besar.

7. Durian sulung: 
Durian sulung memiliki daging buah yang berwarna kuning dan rasa yang manis dengan aroma yang ringan. Durian ini biasanya lebih kecil dari durian montong dan memiliki biji yang relatif kecil.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 22 FEBRUARI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:20 ZUHUR 12:08
ASHAR 15:18 MAGHRIB 18:16 ISYA 19:27  

Zodiak Pisces Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Februari 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami kejutan positif. Kamu akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasanganmu. Jika kamu masih sendiri, ada kemungkinan kamu akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Pisces Selengkapnya




AI