5 Cara Menormalkan Kadar Kolesterol Jahat yang Efektif, Mudah dan Simpel

"Ketahui Olahraga yang Sesuai"

Life | 29 May 2023, 19:15
5 Cara Menormalkan Kadar Kolesterol Jahat yang Efektif, Mudah dan Simpel

Kolesterol ialah zat lemak seperti lilin yang berada dalam tubuh manusia dan juga dapat ditemukan pada banyak makanan. Organ dalam tubuh kita membutuhkan kolesterol agar dapat bekerja optimal.

Namun, terlalu banyak kadar kolesterol dalam darah dapat membahayakan karena penumpukan kolesterol (plak) dapat menutup jalan darah di arteri sehingga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Apa yang dapat dilakukan untuk menormalkan kadar kolesterol?

1. Tes Darah
Kadar kolesterol yang tinggi seringkali tidak memiliki gejala/symptom. Hanya dengan tes darah kita dapat mengetahui kadar kolesterol dalam darah kita. Dokter atau perawat dapat mengecek kadar kolesterol dengan tes yang dinamakan tes lipoprotein. Tes ini mengukur beberapa jenis kolesterol seperti trigliserida. Tes ini sebaiknya dilakukan rutin oleh orang dewasa setiap 5 tahun sekali. Berikut ialah kadar kolesterol normal yang sebaiknya kita jaga : Total kolesterol :

2. Diet Sehat
Mengonsumsi makanan sehat bergizi seimbang dan banyak serat dapat menekan kadar kolesterol dalam darah agar tetap optimal.

3. Jaga berat badan tetap ideal
Kegemukan atau obesitas dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Menurunkan berat badan dapat membantu menurunkan kadar LDL dalam darah. Berat badan yang ideal dapat diukur dengan ukuran Indeks Massa Tubuh (IMT). Ukuran tersebut diukur dari berat badan dan tinggi badan. Nilai IMT yang ideal untuk dewasa yaitu 18,5-24,5. Selain itu, ukuran lingkar perut juga mempengaruhi kadar kolesterol dalam darah yaitu tidak lebih dari 80cm untuk perempuan dan 90cm untuk laki-laki.

4. Rutinlah berolahraga
Aktivitas fisik dapat membantu menstabilkan berat badan dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Waktu yang direkomendasikan pada orang dewasa untuk berolahraga ringan hingga berat yaitu 30 menit sampai dengan 2 jam tiap minggu.

5. Hindari merokok
Merokok dapat melukai pembuluh darah mempercepat kerusakan pada arteri. Merokok dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terserang penyakit jantung dan stroke. Jika anda tidak merokok, jangan memulai. Jika anda merokok, berhentilah secara perlahan agar menurunkan risiko sakit jantung dan stroke. Risiko sakit jantung dan stroke karena kolesterol darah yang tinggi tidak hanya dialami oleh perokok aktif saja tetapi juga perokok pasif.

Beberapa jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan kolesterol:


1. Berjalan kaki:
Ini adalah olahraga yang mudah dilakukan dan dapat dilakukan hampir di mana saja. Berjalan kaki selama 30 menit setiap hari atau setidaknya lima hari dalam seminggu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

2. Berlari atau jogging:Daun.id

Jogging cegah kolesterol/pixabay

Olahraga lari atau jogging adalah latihan kardiovaskular yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membakar kalori. Melakukan lari atau jogging secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol total, termasuk kolesterol LDL.

3. Bersepeda:
Bersepeda adalah aktivitas olahraga yang baik untuk kesehatan jantung dan pembakaran kalori. Dengan bersepeda secara teratur, Anda dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL dan menurunkan kadar kolesterol LDL.

4. Renang:
Renang adalah olahraga yang melibatkan banyak otot tubuh dan bekerja dengan lembut pada sendi. Renang secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi kadar kolesterol LDL.

5. Aerobik:
Kelas aerobik, seperti Zumba, kickboxing aerobik, atau latihan kardiovaskular berintensitas tinggi lainnya, adalah cara yang baik untuk meningkatkan denyut jantung dan membakar kalori. Melakukan aerobik secara teratur dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL.

6. Latihan kekuatan:
Selain latihan kardiovaskular, latihan kekuatan seperti angkat beban atau menggunakan mesin beban dapat membantu meningkatkan massa otot dan metabolisme. Hal ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL dan mengontrol kadar kolesterol LDL.

(fahrul hikami/n)


Artikel Pilihan

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 23 SEPTEMBER 2023 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:17 SUBUH 04:27 DUHA 06:04 ZUHUR 11:48
ASHAR 14:58 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:00  

Daun Media Network