7 Buah untuk Mengatasi Asam Urat yang Efektif, Ketahui Gejalanya

"Pisang mengandung serat untuk kendalikan produksi asam urat"

Life | 30 May 2023, 10:55
7 Buah untuk Mengatasi Asam Urat yang Efektif, Ketahui Gejalanya

Penyakit asam urat adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan, serta adanya rasa panas di area persendian. Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Buah yang bermanfaat untuk mengatasi asam urat:


1. Ceri:
Ceri kaya akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi ceri atau minum jus ceri secara teratur dapat membantu mengurangi serangan asam urat.

2. Buah beri:
Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan raspberry mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan gejala asam urat. Selain itu, buah beri juga mengandung serat yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

3. Kiwi:
Kiwi kaya akan vitamin C dan serat. Vitamin C dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan serat membantu mengendalikan penyerapan asam urat dari makanan.

4. Jeruk dan lemon:

Jeruk dan lemon mengandung vitamin C yang dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, konsumsi air lemon juga bisa membantu memperbaiki keseimbangan pH tubuh dan memicu proses detoksifikasi.

5. Pisang:
Pisang merupakan buah yang rendah purin, yang merupakan senyawa yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Pisang juga mengandung serat yang membantu mengendalikan produksi asam urat dan menjaga kesehatan pencernaan.

6. Apel:Daun.id

Apel/pixabay

Apel mengandung flavonoid yang dapat membantu mengurangi produksi asam urat. Selain itu, apel juga kaya akan serat yang membantu mengontrol kadar asam urat dalam tubuh.

7. Semangka:
Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, semangka juga mengandung likopen, yang memiliki efek antiinflamasi.

Selalu ingat bahwa mengonsumsi buah-buahan ini harus disertai dengan pola makan yang sehat secara keseluruhan. Juga penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menyesuaikan diet Anda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi medis Anda.

Gejala yang biasanya terkait dengan asam urat:


1. Serangan asam urat:
Serangan asam urat adalah gejala yang paling umum terkait dengan kondisi ini. Gejala serangan asam urat meliputi:
- Nyeri tajam yang mendadak dan intens pada sendi. - Serangan sering terjadi pada sendi jari kaki (terutama jari kaki besar), tetapi juga dapat mempengaruhi sendi lain seperti pergelangan tangan, lutut, atau sendi lainnya.
- Pembengkakan, kemerahan, dan perasaan panas pada sendi yang terkena.
- Kelembutan dan kekakuan sendi.
- Sensasi nyeri yang berkepanjangan, yang dapat berlangsung selama beberapa hari hingga minggu.

2. Nyeri dan ketidaknyamanan:
Selain serangan asam urat yang akut, beberapa orang dengan kadar asam urat tinggi juga dapat mengalami nyeri dan ketidaknyamanan kronis pada sendi atau area tertentu. Ini dapat terjadi tanpa serangan akut dan biasanya mempengaruhi beberapa sendi.

3. Batu ginjal: 
Asam urat yang tinggi dalam tubuh dapat mengendap dan membentuk kristal asam urat dalam ginjal. Hal ini dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal, yang dapat menyebabkan gejala seperti nyeri punggung atau perut, nyeri saat buang air kecil, darah dalam urin, dan sering buang air kecil.

Penting untuk diingat bahwa gejala asam urat dapat bervariasi dan tidak semua orang dengan kadar asam urat tinggi akan mengalami gejala yang sama. Jika Anda mengalami gejala yang mencurigakan atau memiliki kekhawatiran tentang asam urat, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi dan diagnosis yang tepat.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya