2 Jemaah Haji Asal Jawa Timur Wafat di Madinah

"4 Orang tunda berangkat karena sakit"

News | 05 June 2023, 22:22
2 Jemaah Haji Asal Jawa Timur Wafat di Madinah

 
Kabar duka dari jemaah haji asal Indonesia. Dari rilis Humas PPIH Embarkasi Surabaya Senin (5/6/2023), Ketua PPIH Embarkasi Surabaya, Husnul Maram melaporkan dua orang jemaah haji asal Lamongan Jawa Timur telah wafat pada 4 Juni 2023. 

Dua jemaah haji yang wafat tersebut adalah Mardi Wijono Teguh Wijono (75) dari kloter 25 karena jantung. Dan Umi Hanik Mualam (52) dari kloter 26 juga karena jantung. Keduanya telah dimakamkan di Baqi’. 

4 Orang Jemaah Tunda Berangkat Karena Sakit  


Dikutip dari laman Kominfo Jatim, ada 4 jemaah yang terpaksa tertunda berangkat karena sakit. Mereka dirawat di RS Haji Surabaya. Dari kloter 23 Bojonegoro yang sakit paru dan liver, dari kloter 24 Lamongan yang sakit demensia, kloter 25 Lamongan dengan sakit anemia, dan kloter 27 Lamongan sakit pada tulang. 

Selain itu, ada jemaah haji yang tertunda berangkat karena visa ada 1 orang. Karena hal ini, istrinya pun menunda keberangkatannya juga. Kendala penerbitan visa ini disebabkan oleh sistem perekaman biometrik pada aplikasi Saudi Visa Bio. 

"Bio visa masih baru di Indonesia. Ternyata meskipun pada aplikasi rekam biometrik itu sudah diterima, namun ada beberapa kasus, wajah atau sidik jari jemaah masih tidak terbaca karena mohon maaf ada jemaah yang tidak punya tangan atau lapisan telapak tangan terlalu tebal, sehingga belum bisa diprint out visanya," kata Maram 

Maram juga berpesan agar jemaah haji selama di tanah suci senantiasa memakai alas kaki. “Suhu di sana bisa membuat kaki melepuh karena itu jangan lupa memakai alas kaki. Mau masuk masjid juga dibawa alas kakinya dalam kantong. Tidak usah dilepas di luar masjid seperti di Indonesia,” ujarnya.

Maram  mendoakan agar jemaah yang sakit di RS  Haji segera sembuh karena secara dokumen sudah lengkap.  Hingga saat ini Asrama Haji Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 29 kloter yang terdiri 12.743 orang Jemaah haji dan 145 orang petugas. 

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya