Pertolongan Pertama pada Korban Digigit Ular, Jangan Dihisap

"Ketahui dampak gigitan ular"

Life | 06 June 2023, 21:35
Pertolongan Pertama pada Korban Digigit Ular, Jangan Dihisap

Memberi pertolongan pertama kepada orang yang digigit ular sangat penting. Hal ini bertujuan agar racunnya tidak menyebar ke seluruh tubuh. Lewat gigitan itu, ular melepaskan racun yang memengaruhi pusat otak untuk mengatur pernapasan.

Dampak digigit ular, korban akan mengalami serangkaian gejala, salah satunya sesak dan kesulitan untuk bernapas. Tanda atau ciri gigitan ular akan bervariasi, tergantung pada jenisnya.

Nah, ini beberapa langkah pertolongan pertama kepada korban digigit ular.


1. Tetap Tenang:
Pertama, cobalah untuk tetap tenang. Meskipun sangat menakutkan, panik hanya akan meningkatkan detak jantung Anda dan mempercepat penyebaran racun dalam tubuh.

2. Jauhkan Diri dari Ular:
Pastikan Anda bergerak menjauh dari ular agar tidak tergigit lagi. Pastikan juga bahwa orang di sekitar Anda tidak berada dalam bahaya dan tidak mencoba untuk menangkap atau membunuh ular, karena hal tersebut dapat menyebabkan lebih banyak gigitan.

3. Panggil Bantuan Medis:
Segera panggil bantuan medis darurat. Jelaskan kepada mereka secara jelas bahwa Anda telah digigit oleh ular, agar mereka dapat memberikan bantuan yang sesuai saat mereka tiba.

4. Idenfikasi Ular:

Jika aman untuk melakukannya, cobalah mengingat atau mengamati ciri-ciri ular yang menggigit Anda. Ini akan membantu dalam penentuan penanganan medis yang tepat.

5. Jangan Melakukan Hal-Hal Berikut:
Jangan mencoba menghisap atau memotong luka gigitan, karena ini dapat memperparah infeksi. Juga, hindari mengonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu, karena hal tersebut dapat mempengaruhi aliran darah dan penanganan medis.

6. Imobilisasi Area yang Digigit:
Jika memungkinkan, cobalah untuk membatasi gerakan area yang digigit dengan imobilisasi. Misalnya, jika digigit di lengan, gunakan benda yang kuat seperti batang kayu atau tongkat sebagai pembatas dan ikat dengan kain atau tali yang tidak terlalu kencang. Tujuannya adalah untuk meminimalkan aliran racun ke seluruh tubuh.

7. Posisi Tubuh yang Tepat:

Cobalah untuk memposisikan diri Anda dengan tubuh yang lebih rendah dari jantung. Misalnya, jika digigit di kaki atau kaki, cobalah untuk mengangkat kaki ke posisi yang lebih tinggi dari jantung. Ini dapat membantu memperlambat penyebaran racun.

Ingatlah bahwa langkah-langkah pertolongan pertama ini adalah langkah sementara. Penanganan medis profesional harus dicari secepatnya setelah gigitan ular terjadi.

Bahaya yang terkait dengan gigitan ular meliputi:


1. Racun:
Banyak jenis ular menghasilkan racun yang dapat mempengaruhi sistem saraf, sistem peredaran darah, dan organ dalam manusia. Efek racun bisa bervariasi tergantung pada jenis ular, kuantitas racun yang disuntikkan, dan respons tubuh individu.

2. Kerusakan jaringan:
Beberapa jenis ular, seperti ular berbisa, dapat menyebabkan kerusakan jaringan di sekitar area gigitan. Racun yang diinjeksikan dapat merusak sel-sel, pembuluh darah, dan saraf, yang dapat menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.

3. Reaksi alergi:
Beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadap gigitan ular. Ini dapat meliputi pembengkakan, gatal-gatal, ruam kulit, sesak napas, atau bahkan anafilaksis, yang merupakan reaksi alergi yang mengancam jiwa.

4. Infeksi:
Gigitan ular bisa meninggalkan luka terbuka yang rentan terhadap infeksi. Bakteri yang ada di mulut ular dapat masuk ke dalam luka dan menyebabkan infeksi, yang jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan komplikasi serius.

5. Komplikasi sistemik:
Gigitan ular yang parah atau tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan komplikasi sistemik, termasuk gangguan pernapasan, gangguan peredaran darah, gagal ginjal, gangguan koagulasi darah, atau kegagalan organ.

Penting untuk mencari perawatan medis segera setelah gigitan ular terjadi, terutama jika Anda tidak dapat mengidentifikasi jenis ularnya. Perawatan yang tepat dan diberikan secepat mungkin dapat mengurangi risiko komplikasi dan mempromosikan pemulihan yang lebih baik.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 23 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya