Amalan Utama yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Dzulhijjah, Penuh Kebaikan

"Berqurban dan ibadah haji"

Life | 17 June 2023, 21:11
Amalan Utama yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Dzulhijjah, Penuh Kebaikan

Bulan Dzulhijjah adalah bulan dalam kalender Islam yang sangat agung dan dihormati. Bulan ini termasuk dalam bagian bulan-bulan yang Allah sebutkan dalam al Quran.  “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu berbuat zalim terhadap dirimu dalam bulan yang empat itu…” (QS. at-Taubah : 36).

Allah Ta’ala telah menjadikan hari-hari pertama bulan Dzulhijjah sebagai “musim kebaikan” baik bagi para jamaah haji (yang sedang menunaikan ibadah haji) maupun bagi yang sedang tidak melaksanakan rukun Islam kelima tersebut.


Berikut amalan-amalan yang dianjurkan dilakukan pada bulan Dzulhijjah 


1. Puasa Arafah
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dijalankan pada tanggal 09 Dzulhijjah. Puasa Arafah dianjurkan bagi umat muslim yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji di Makkah. 

2. Memperbanyak Takbir dan Dzikir
Memperbanyak dzikir termasuk tahlil, tasbih, istigfar, tahmid, takbir dan memperbanyak doa merupakan amalan yang dianjurkan. Tidak hanya dijalankan pada bulan Dzulhijjah saja tetapi juga dibiasakan pada keseharian hidup kita. 

3. Ibadah Haji dan Umroh
Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam dianjurkan melaksanakan ibadah haji jika memenuhi syarat. Haji merupakan salah satu ibadah dari rukun Islam yang kelima, dan wajib dikerjakan oleh setiap muslim bagi yang mampu mengerjakan baik secara finansial maupun fisik.

4. Berqurban
Pada bulan Dzulhijjah terdapat hari raya Idul Adha atau sering dikenal dengan hari raya qurban. Karena pada tanggal 10 Dzulhijjah tersebut, umat Islam berlomba-lomba menyisihkan sebagian harta untuk membeli kambing, lembu atau unta untuk disembelih

5. Bertaubat atau menghindari perbuatan maksiat
Perintah bertaubat dan tidak melakukan maksiat sudah menjadi kewajiban kita sebagai umat Islam untuk melaksanakan perintah tersebut, namun hal serupa ditekankan bagi umat Islam bertaubat dari berbagai dosa dan maksiat di awal bulan Dzulhijjah. Artinya kita menyibukkan diri di awal bulan Dzulhijjah dengan amal-amal shaleh serta meninggalkan kezholiman terhadap sesama.  

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya