Bacaan Doa Minum Air Zam-zam Sesuai Anjuran Hadits

"Air zam-zam punya banyak manfaat"

Life | 15 July 2023, 20:34
Bacaan Doa Minum Air Zam-zam Sesuai Anjuran Hadits

Dalam Islam, air zam-zam dianggap sebagai air yang istimewa dan memiliki keutamaan khusus. Berikut adalah beberapa keutamaan yang sering dikaitkan dengan minum air zam-zam:

1. Air yang diberkahi: Air zam-zam dipercaya sebagai air yang diberkahi oleh Allah. Dalam tradisi Muslim, diyakini bahwa air zam-zam diberkahi sejak zaman Nabi Ibrahim (AS) dan Ismail (AS). Oleh karena itu, minum air zam-zam dianggap sebagai tindakan yang membawa berkah.

2. Kepuasan hati dan penyembuhan: Banyak umat Muslim percaya bahwa minum air zam-zam dengan keimanan dan harapan yang tulus dapat memberikan ketenangan, menghilangkan kesedihan, dan memberikan penyembuhan bagi penyakit fisik atau spiritual. Hal ini berdasarkan keyakinan bahwa air zam-zam memiliki sifat penyembuhan yang luar biasa.

3. Permintaan yang dikabulkan: Dalam banyak tradisi Muslim, minum air zam-zam disarankan sebelum dan setelah berdoa untuk memohon kebaikan atau mengharapkan permintaan khusus kepada Allah. Diyakini bahwa minum air zam-zam menjadikan doa lebih dekat dengan Allah dan dapat meningkatkan kemungkinan permohonan yang dikabulkan.

4. Meningkatkan energi spiritual: Minum air zam-zam dianggap dapat memberikan energi spiritual kepada umat Muslim. Beberapa orang percaya bahwa air zam-zam memiliki efek yang menenangkan dan memberikan kekuatan dalam menjalani ibadah.

Namun, penting untuk diingat bahwa air zam-zam bukanlah obat ajaib atau sumber kesembuhan mutlak. Keutamaan minum air zam-zam lebih bersifat spiritual dan berdasarkan keyakinan keagamaan. Sebagai umat Muslim, dianjurkan untuk memandang air zam-zam dengan penuh penghormatan dan minum dengan rasa syukur kepada Allah.

Doa Minum Air Zam-zam 


Dikutip dari HR. Ahmad, Al Hakim dan Ad-Daruquthni berikut doa minum air zam-zam.

اللَّهُمَّ إنَّهُ قَدْ بَلَغَنِي عَنْ نَبِيِّك أَنَّهُ قَالَ مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ، وَأَنَا أَشْرَبُهُ لِسَعَادَةِ الدُّنْيَا 
وَالْآخِرَةِ اللَّهُمَّ، فَافْعَلْ

bahasa latin:

“Allāhumma innahū qad balaghanī ‘an nabiyyika annahū qāla, ‘mā’u zamzama li mā syuriba lah,’ wa anā asyrabuhū li sa‘ādatid duniyā wal ākhirah. Allāhumma faf‘al“.

Artinya:

“Wahai Tuhanku, sungguh telah sampai padaku hadits dari nabi-Mu, ia bersabda, ‘Air zamzam bermanfaat sesuai tujuan diminumnya,’ (HR Ahmad, Al-Hakim, dan Ad-Daruquthni) dan aku meminumnya untuk kebahagiaan di dunia dan akhirat. Ya Allah, terimalah,” 

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya