ITS Raih Prestasi di Ajang Internasional FIRA RoboWorld Cup 2023

"Kontes robot diikuti berbagai universitas di dunia"

Life | 26 July 2023, 11:46
ITS Raih Prestasi di Ajang Internasional FIRA RoboWorld Cup 2023

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Tim robotika kebanggaan ITS, ICHIRO dan IRIS meraih total 24 penghargaan sekaligus di ajang internasional FIRA RoboWorld Cup 2023 yang yang digelar di Woftenbuettel, Jerman.

Dikutip dari laman ITS, menurut Koordinator Pembimbing Tim Robotika ITS, Muhtadin ST MT, kompetisi robot ini digelar oleh Federation of International Robot Sport Association (FIRA) setiap tahun. Kompetisi berfokus pada pengembangan robot-robot yang mampu bergerak secara mandiri dan melakukan berbagai tugas tertentu di area terbatas.

Diikuti oleh berbagai universitas kelas dunia

Kompetisi FIRA RoboWorld Cup kali ini, diikuti oleh berbagai universitas kelas dunia yang berada di Brazil, Meksiko, Malaysia, Korea, Taiwan, Jerman, dan Rusia. Tim ICHIRO ITS sendiri sudah mengikuti ajang bergengsi dunia ini sejak 2016 secara berturut-turut. “Sejak itu pun, Tim ICHIRO ITS tak pernah absen untuk mempertahankan raihan gelar juara dan penghargaan dari berbagai kategori yang diadakan,” ucapnya.

Team Leader ICHIRO ITS Atha Andara Utomo memaparkan, tim yang telah berdiri sejak 2012 tersebut kembali ikut serta dalam sub-lomba Humanoid Robot Cup (Hurocup). 

“Sub-lomba ini berfokus pada pengembangan bidang robotika humanoid yang melibatkan robot untuk berjalan, mengatur keseimbangan, dan melakukan gerakan yang kompleks,” terangnya. 

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa Hurocup terbagi lagi dalam dalam dua kelas lomba yang didasarkan pada ukuran dan bobot robot. Kedua kelas tersebut yaitu Hurocup Pro Adult size dengan maksimum tinggi 180 sentimeter dan berat 50 kilogram, serta Hurocup Pro Kid size dengan maksimum tinggi 60 sentimeter dan berat 20 kilogram. “Untuk kedua kelas tersebut, ICHIRO ITS turun dengan tiga robot unggulannya, yaitu ICHIRO Adult Size, ICHIRO Kid 1, dan ICHIRO Kid 2,” imbuhnya.
 
Keberhasilan tersebut tak luput dari inovasi Tim ICHIRO ITS dengan melakukan beberapa pengembangan dari robot sebelumnya. Untuk material robot adult size, ICHIRO ITS menggunakan aluminium di beberapa bagian sehingga mampu mengurangi bobot robot dan memudahkan pergerakkan. 

Selain itu desain capit juga disesuaikan sehingga memungkinkan robot Tim ICHIRO ITS mengikuti semua kategori lomba tanpa harus memodifikasinya terlebih dahulu dan mengantarkannya meraih Juara All-round. 

Tim lain yang tak kalah membanggakan adalah Tim IRIS ITS dengan yang juga turut berkompetisi di FIRA RoboWorld Cup 2023 sub-lomba Simulation Autonomous Car. Di mana para peserta ditantang untuk membuat bahasa pemrograman mobil tanpa awak untuk dapat melewati rintangan dan bergerak secepat mungkin. 

Bahasa pemrograman tersebut akan disimulasikan sehingga dapat terlihat performa mobil tanpa awak tersebut. Bahasa pemrograman yang dirancangnya tersebut mampu membawa Tim IRIS ITS berhasil meraih posisi pertama. 

Dengan begitu, Muhtadin menyampaikan, tim robotika yang diwakili oleh ICHRIO dan IRIS berhasil membawa pulang total 24 penghargaan dalam ajang yang berlangsung dari 17 hingga 21 Juli yang lalu. Ia mengatakan, dirinya turut bangga terhadap prestasi tersebut. “Persiapan yang matang serta kerja keras dari Tim Robotika ITS akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan,” tegasnya.

(fahrul hikami/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya