PPDB 2020 di Tengah Pandemi Corona: Bagaimana Skenarionya?

"Sekarang saatnya buat kamu yang lagi cari info tentang penerimaan peserta didik baru. Yuk, simak skenario penerimaan peserta didik baru yang seru dan menarik ini! Dapatkan informasi terkini seputar pe..."

Life | 03 January 2024, 08:07
PPDB 2020 di Tengah Pandemi Corona: Bagaimana Skenarionya?

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020 sudah di depan mata, nih. Menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 44 Tahun 2019, pengumuman pendaftaran PPDB akan dilaksanakan paling lambat minggu pertama bulan Mei. Tapi, ada yang beda dengan PPDB tahun ini. Karena pandemi corona Covid-19, PPDB tahun ini jatuh pada masa yang sulit. Tenang aja, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah siapin skenario khusus untuk PPDB 2020 ini, lho.

PPDB tahun ini bakal dilaksanakan sesuai dengan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Ada tiga ketentuan yang harus diikuti dalam pelaksanaan PPDB ini. Dinas Pendidikan dan sekolah diminta untuk menyiapkan mekanisme PPDB yang mengikuti protokol kesehatan, supaya bisa mencegah penyebaran Covid-19. Jadi, siswa dan orang tua nggak perlu berkumpul secara fisik di sekolah.

Nah, buat kamu yang mau daftar lewat jalur prestasi, PPDB tahun ini bakal berdasarkan akumulasi nilai rapor dari lima semester terakhir. Selain itu, prestasi akademik dan non-akademik di luar rapor sekolah juga bakal diperhitungkan, lho. Buat daerah yang butuh bantuan teknis, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan siap membantu dengan mekanisme PPDB daring.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghindari berkumpulnya siswa dan orang tua secara fisik di sekolah adalah dengan menggunakan PPDB sistem online. Jadi, kamu bisa daftar PPDB lewat internet. Caranya, tinggal unggah dokumen yang dibutuhkan sesuai persyaratan ke laman pendaftaran PPDB yang udah ditentuin. Mudah, kan?

Meskipun dilakukan secara daring, PPDB tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip yang udah ditetapkan, seperti nondiskriminatif, objektif, transparan, akuntabel, dan berkeadilan. Jadi, jangan khawatir, semua bakal diurus dengan adil dan jujur.

Jadi, buat kamu yang mau daftar PPDB tahun ini, jangan sampai ketinggalan, ya. Pastikan kamu ikuti semua ketentuan yang udah ditetapkan. Semoga sukses dan bisa dapetin sekolah impianmu!


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya