10 Quote Ahli yang Ternyata Keliru tentang Teknologi: Buktikan Sendiri!

"Wah, ada nih kutipan-kutipan terkenal dari penemu, organisasi media, dan pemimpin dunia yang bisa menggambarkan betapa mereka keliru dalam memprediksi dunia ini. Mereka benar-benar salah total, guys!"

Life | 10 January 2024, 03:29
10 Quote Ahli yang Ternyata Keliru tentang Teknologi: Buktikan Sendiri!

Abad ke-20 adalah zaman yang penuh dengan kemajuan teknologi yang luar biasa. Dulu, kita menggunakan kereta kuda, tapi sekarang kita memiliki kendaraan bermotor. Dulu, kita menggunakan lilin untuk penerangan, tapi sekarang kita memiliki tenaga nuklir. Namun, banyak ahli yang tidak menyadari betapa pentingnya penemuan-penemuan ini dalam membentuk masyarakat modern kita. Beberapa kutipan terkenal dari para penemu, organisasi media, dan pemimpin dunia menggambarkan betapa salahnya mereka dalam memprediksi masa depan.

Berikut ini adalah 10 kutipan dari para ahli yang ternyata salah total:

1. "Belanja online akan gagal." Pada tahun 1966, majalah Time menerbitkan artikel yang meramalkan bahwa belanja online tidak akan berhasil. Namun, sekarang kita tidak bisa membayangkan hidup tanpa belanja online. Industri perdagangan konvensional bahkan terancam gulung tikar karena persaingan dengan situs jual beli online yang lebih praktis dan mudah digunakan.

2. "Arus bolak-balik merupakan pemborosan waktu." Pada abad ke-19, Thomas Edison, penemu bola lampu, menganggap bahwa arus bolak-balik tidak berguna. Namun, sekarang kita menggunakan arus bolak-balik untuk menggerakkan kota-kota di seluruh dunia.

3. "Tenaga nuklir tidak mungkin." Bahkan Albert Einstein sendiri tidak menyadari potensi tenaga nuklir yang ia temukan. Pada tahun 1934, ia mengatakan bahwa energi nuklir tidak akan bisa diperoleh. Namun, sekarang kita memiliki lebih dari 450 pembangkit listrik tenaga nuklir di seluruh dunia.

4. "Telepon seluler tidak akan menggantikan sistem kabel." Pada tahun 1981, Martin Cooper, peneliti dan eksekutif di perusahaan Motorola, mengatakan bahwa telepon seluler tidak akan menggantikan sistem kabel. Namun, sekarang hampir semua orang memiliki telepon seluler dan telepon rumah semakin jarang digunakan.

5. "Satelit komunikasi tidak akan menjadi sesuatu." Pada tahun 1961, seorang ilmuwan bernama Tunis Craven meyakinkan komisi bahwa satelit komunikasi tidak akan digunakan untuk menyediakan layanan telepon, telegraf, televisi, atau radio yang lebih baik. Namun, sekarang kita bergantung pada satelit komunikasi untuk tetap terhubung dengan internet, telepon seluler, dan stasiun televisi dan radio.

6. "Kuda di sini untuk tinggal." Pada awal perkembangan mobil, banyak orang merasa bahwa mobil tidak akan pernah menggantikan kuda. Namun, sekarang ada lebih dari satu miliar mobil yang dikendarai di seluruh dunia.

7. "Rel kecepatan tinggi tidak mungkin." Pada tahun 1823, ilmuwan Dionysius Lardner mengatakan bahwa perjalanan kereta api dengan kecepatan tinggi tidak mungkin dilakukan karena penumpang akan meninggal karena kekurangan oksigen. Namun, sekarang kita memiliki kereta cepat di berbagai negara di seluruh dunia.

8. "Telepon tidak ada gunanya." Pada awal perkembangan telepon, banyak orang meremehkan pentingnya teknologi ini. Namun, sekarang telepon adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita.

9. "Televisi hanyalah iseng-iseng." Pada tahun 1946, seorang produser film bernama Daryl Zanuck mengatakan bahwa televisi tidak akan bertahan lebih dari enam bulan pertama. Namun, sekarang televisi adalah salah satu media hiburan yang paling populer di dunia.

10. "Tidak ada yang ingin memiliki komputer di rumah mereka." Pada tahun 1943, Thomas Watson, presiden IBM, mengatakan bahwa pasar dunia hanya membutuhkan sekitar lima komputer. Namun, sekarang ada lebih dari dua miliar komputer pribadi yang digunakan di seluruh dunia.

Kesalahan prediksi dari para ahli ini menunjukkan betapa sulitnya memprediksi masa depan. Teknologi terus berkembang dengan cepat, dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya