10 Fakta Unik tentang Universitas Oxford yang Jarang Orang Tahu

"Oxford, tempat lahirnya banyak alumni sukses, telah menjadi rumah bagi 58 penerima Hadiah Nobel yang pernah belajar atau terkait dengan Universitas Oxford. Temukan lebih banyak tentang prestasi mereka..."

Life | 13 January 2024, 11:26
10 Fakta Unik tentang Universitas Oxford yang Jarang Orang Tahu

Universitas Oxford: 10 Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

Universitas Oxford telah lama menjadi salah satu universitas terbesar dan terbaik di dunia. Selama empat tahun berturut-turut, universitas ini menduduki peringkat teratas di dunia. Tidak hanya itu, Oxford juga memiliki banyak alumni terkemuka dan telah menghasilkan 58 penerima Hadiah Nobel. Universitas ini juga sering bersaing dengan Universitas Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam pemeringkatan universitas di Britania Raya. Namun, di balik ketenarannya, masih ada banyak hal yang tidak diketahui orang-orang tentang Universitas Oxford. Berikut ini adalah 10 fakta menarik yang jarang diketahui tentang universitas ini.

1. Perusahaan Terbesar di Oxfordshire

Oxford bukan hanya terkenal karena universitasnya, tetapi juga karena menjadi pemberi kerja terbesar di Oxfordshire. Dengan lebih dari 30.000 pekerjaan yang disediakan, Oxford mempekerjakan lebih banyak orang daripada jumlah mahasiswa yang ada di sana.

2. Waktu Oxford

Oxford memiliki waktu sendiri yang disebut "Waktu Oxford". Waktu ini lima menit lebih lambat daripada waktu London. Tradisi ini berasal dari zaman dulu ketika lonceng Gereja Kristus akan berbunyi pada pukul 9 malam untuk mengingatkan mahasiswa agar pergi tidur sebelum gerbang ditutup. Hingga hari ini, lonceng gereja masih berdering pada pukul 21:05 sebagai dering terakhirnya hari itu.

3. Mahasiswa Makan di Meja Bawah

Tradisi unik di Oxford adalah cara makan mahasiswa yang berada di meja yang lebih rendah daripada para profesor dan akademisi lainnya. Meskipun tradisi ini tidak lagi memiliki bobot dan kepentingan seperti dulu, mahasiswa masih makan di meja utama ruang makan kampus, sementara akademisi makan di High Table dengan menu yang berbeda.

4. Dihukum dengan Alkohol

Dulu, jika melanggar aturan di meja makan, mahasiswa di Oxford akan didenda. Namun, pada suatu waktu, hukuman ini berubah menjadi minum minuman keras. Beberapa perguruan tinggi masih mempraktikkan hukuman ini, seperti meminum minuman keras dari sepatu.

5. Museum Umum Pertama di Dunia

Museum Ashmolean di Oxford adalah museum umum pertama di dunia. Didirikan pada tahun 1683 oleh Elias Ashmole, museum ini memiliki koleksi artefak, buku, dan benda penting lainnya. Museum ini menjadi model untuk setiap museum modern di dunia.

6. Bukan Universitas Tertua di Dunia

Meskipun sering dianggap sebagai universitas tertua di dunia, Oxford sebenarnya bukan yang tertua. Gelar tersebut jatuh kepada Universitas Bologna di Italia. Oxford adalah universitas tertua kedua di dunia.

7. Bukan Pers Universitas Tertua

Oxford University Press bukanlah pers universitas tertua. Gelar tersebut dimiliki oleh Cambridge University Press. Meskipun Oxford mencetak buku pertamanya lebih awal, Cambridge mendapatkan persetujuan kerajaan untuk menerbitkan lebih awal.

8. Soccer Ditemukan di Oxford

Kata "soccer" sebenarnya berasal dari Oxford. Pada zaman Victoria, mahasiswa di Oxford menggunakan kata "er" di akhir kata untuk membuat istilah slang. Mereka menyebut Association Football sebagai "soccer", dan istilah ini menyebar ke seluruh dunia.

9. Tidak Ada Api di Perpustakaan Bodleian

Perpustakaan Bodleian di Oxford adalah salah satu perpustakaan tertua di Eropa. Namun, ada satu aturan yang unik di sana, yaitu tidak boleh ada api di dalam perpustakaan. Pada masa lampau, ini menjadi masalah karena sumber cahaya yang tersedia hanyalah lentera atau lilin.

10. Memiliki Kepolisian Sendiri Hingga Tahun 2003

Oxford memiliki kepolisian universitas sendiri yang dikenal sebagai Bulldog. Mereka adalah salah satu pasukan polisi tertua di Inggris. Namun, pada tahun 2003, kepolisian universitas ini dihapuskan dan digantikan oleh Petugas Pengawas yang tidak memiliki kekuatan hukum.

Itulah 10 fakta menarik yang jarang diketahui tentang Universitas Oxford. Dibalik reputasinya sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, masih ada banyak hal yang membuat Oxford unik dan menarik.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya