9 Penelitian Gila yang Pernah Dilakukan Para Ilmuwan: Dari Mencari UFO hingga Menguji Kekuatan Superhero!

"Penelitian aneh ini bikin kamu bertanya-tanya, kok para ilmuwan ini dibayar buat kerjaan aneh-aneh gini ya?"

Life | 13 January 2024, 16:09

Setiap hari, para ilmuwan di seluruh dunia melakukan penelitian untuk meningkatkan pemahaman kita tentang dunia tempat kita tinggal. Beberapa penemuan mereka mengarah pada pengobatan baru untuk penyakit mematikan atau penjelasan baru untuk fenomena aneh. Namun, ada juga penelitian yang terbilang sangat aneh sehingga membuat kita bertanya-tanya mengapa para ilmuwan ini dibayar untuk pekerjaan mereka. Berikut adalah 9 fakta aneh dari penelitian ilmiah yang dilakukan oleh para ilmuwan selama beberapa tahun terakhir.

1. Buku Etika Adalah Buku Yang Paling Mungkin Dicuri

Seorang peneliti di University of California melakukan penelitian untuk menentukan apakah ahli etika adalah orang yang lebih cenderung mencuri buku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa buku etika lebih mungkin hilang dibandingkan dengan buku tentang mata pelajaran lain. Buku-buku etika yang lebih tua dan lebih terkenal dua kali lebih mungkin dicuri daripada buku-buku lain. Peneliti ini menyimpulkan bahwa memiliki pengetahuan tentang etika belum tentu membuat seseorang lebih bermoral.

2. Spaghetti Kering Akan Pecah Menjadi Beberapa Bagian Saat Dibengkokkan

Jika Anda pernah mencoba membelah spageti kering menjadi dua, Anda mungkin terkejut melihatnya pecah menjadi setidaknya tiga bagian. Para ilmuwan Prancis menemukan bahwa ketika spageti kering dibengkokkan, pertama-tama akan pecah di tempat paling melengkung di dekat bagian tengah. Gaya yang dihasilkan oleh jepretan ini mengirimkan gelombang ke seluruh spageti dan memecahkannya menjadi fragmen tambahan. Penelitian ini mungkin tidak memiliki manfaat yang signifikan, tetapi setidaknya membuat pasta menjadi lebih rapi.

3. Pisau yang Terbuat dari Kotoran Tidak Bisa untuk Mengiris

Sebuah legenda mengatakan bahwa seorang pria Inuit yang terdampar menggunakan kotorannya yang beku untuk membuat pisau yang cukup tajam untuk membunuh dan memotong. Namun, penelitian menunjukkan bahwa pisau yang terbuat dari kotoran tidak bisa mengiris dengan baik. Ketika pisau ini digunakan untuk memotong kulit dan tendon hewan, pisau tersebut malah meleleh dan meninggalkan kotoran di kulit yang tidak rusak. Jadi, mungkin lebih baik menggunakan pisau yang terbuat dari bahan yang lebih cocok.

4. Memiliki Lebih Banyak Keturunan Adalah Sifat Warisan

Dalam genetika, kita diajarkan bahwa kemungkinan memiliki bayi laki-laki atau perempuan adalah 50 persen. Namun, penelitian menunjukkan bahwa ini mungkin tidak sepenuhnya benar. Para peneliti menemukan bahwa laki-laki dengan banyak saudara laki-laki lebih cenderung memiliki anak laki-laki, sedangkan pria dengan banyak saudara perempuan lebih cenderung memiliki anak perempuan. Ada kemungkinan bahwa ada pengaruh genetik yang mempengaruhi berapa banyak sel sperma yang membawa kromosom X atau Y pada seorang pria.

5. Lidah Bisa Mencium Bau

Selama ini kita mengira bahwa lidah hanya berfungsi untuk merasakan rasa. Namun, penelitian menunjukkan bahwa sel perasa di lidah manusia memiliki reseptor bau seperti yang ditemukan di hidung. Ketika sel-sel perasa ini terkena bau, mereka bereaksi seperti sel hidung saat mendeteksi bau. Ini menunjukkan bahwa ada kemungkinan adanya percampuran antara indra penciuman dan perasaan sebelum sinyal mencapai otak.

6. Domba Bisa Mengenali Wajah Manusia

Dulu kita berpikir bahwa domba hanya mengikuti manusia tanpa memperhatikan siapa yang memimpin mereka. Namun, penelitian menunjukkan bahwa domba dapat membedakan wajah manusia dan bahkan dapat mengingat wajah orang yang dikaitkan dengan hadiah makanan. Mereka juga dapat memilih wajah pawang mereka. Ini menunjukkan bahwa domba memiliki kemampuan mengenali wajah manusia seperti hewan yang lebih cerdas.

7. Mikroba Bisa Tidak Aktif Selama 100 Juta Tahun

Para ilmuwan menemukan bahwa mikroba dalam sedimen di dasar laut dapat tetap tidur selama lebih dari 100 juta tahun tanpa makanan atau oksigen. Ketika mikroba ini diberi makan setelah jutaan tahun, mereka dengan mudah hidup kembali dan bahkan berkembang biak. Para ilmuwan masih belum yakin bagaimana mikroba ini bertahan selama ini dan apa yang mereka lakukan selama tidur panjang mereka.

8. Manusia Mendapatkan Gigi dari Nenek Moyang Ikan

Penelitian menunjukkan bahwa gigi manusia berevolusi dari nenek moyang ikan. Fosil ikan berahang tertua yang ditemukan menunjukkan adanya gigi yang terletak di tulang rahang, mirip dengan gigi manusia modern. Hal ini menunjukkan bahwa nenek moyang ikan ini kemungkinan adalah leluhur langsung dari gigi manusia.

9. Kecoak Menggunakan Tendangan Karate Untuk Mencegah Menjadi Zombie

Kecoa Amerika memiliki musuh yang mematikan, yaitu tawon permata zamrud. Tawon ini dapat melumpuhkan kecoa dengan sengatan cepat dan mengendalikan tubuh kecoa untuk mengarahkannya ke sarangnya. Namun, kecoa memiliki cara unik untuk melawan serangan ini. Kecoa dapat melarikan diri dengan tendangan cepat ke kepala tawon, yang cukup untuk mencegah sebagian besar tawon dari serangan berikutnya.