Penipuan WhatsApp Semakin Merajalela, Ada Modus Terbaru yang Bikin Geger!

"Penipuan melalui WhatsApp semakin marak dengan munculnya modus terbaru yang menghebohkan. Simak informasi selengkapnya di artikel ini!"

Tech | 21 January 2024, 21:28
Penipuan WhatsApp Semakin Merajalela, Ada Modus Terbaru yang Bikin Geger!

Penipuan melalui aplikasi pesan WhatsApp semakin merajalela di tengah masyarakat. Para penipu terus mengembangkan modus baru yang mampu membuat geger banyak orang. Jika tidak berhati-hati, kamu bisa menjadi korban penipuan ini.

Salah satu modus terbaru yang sedang menjadi perhatian adalah penipuan melalui panggilan video di WhatsApp. Para penipu akan mengirimkan panggilan video secara acak ke nomor-nomor yang ada di daftar kontak mereka. Jika kamu menerima panggilan video dari nomor yang tidak dikenal, sebaiknya jangan langsung menjawabnya.

Penipu akan mencoba menghubungi korban dengan maksud agar korban menjawab panggilan tersebut. Jika korban menjawab, penipu akan mencoba mengajak korban berbicara dan mengalihkan perhatian mereka. Di saat yang bersamaan, penipu akan mencoba mengakses data pribadi korban atau mengirimkan link berbahaya yang bisa meretas perangkat korban.

Untuk menghindari penipuan ini, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Pertama, pastikan kamu hanya menjawab panggilan video dari nomor yang kamu kenal. Jika kamu tidak mengenal nomor tersebut, lebih baik abaikan panggilan tersebut.

Kedua, jangan pernah memberikan informasi pribadi atau data penting melalui panggilan video di WhatsApp. Penipu sering menggunakan trik ini untuk mencuri data pribadi korban.

Ketiga, pastikan kamu memiliki aplikasi keamanan yang terpercaya di perangkatmu. Aplikasi keamanan bisa membantu mendeteksi dan mencegah serangan dari penipu.

Terakhir, selalu waspada dan jangan mudah terpancing oleh tawaran atau permintaan dari orang yang tidak kamu kenal. Jika ada yang mencurigakan, sebaiknya laporkan ke pihak berwajib agar bisa ditindaklanjuti.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 15 JUNI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:29 SUBUH 04:39 DUHA 06:22 ZUHUR 11:55
ASHAR 15:17 MAGHRIB 17:48 ISYA 19:03  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Dalam hal percintaan, bulan Juni 2024 akan menjadi periode yang menarik bagi kamu sebagai seorang Gemini. Kamu mungkin akan bertemu seseorang yang menarik dan menarik perhatianmu. Namun, penting untuk tetap berhati-hati dan tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan terkait hubungan asmara.



Gemini Selengkapnya