Rasa pahit berkelanjutan yang terjadi pada mulut perlu kamu perhatikan. Alasannya, masalah ini dapat diakibatkan dengan bermacam hal yang bisa jadi berbahaya. 

Biasanya, ketika sakit, cukup wajar apabila nafsu makan menjadi berkurang drastis. Hal ini terjadi sehingga membuat lidah terasa pahit yang mengakibatkan, saat  makan apa saja pasti terasa kurang enak bahkan tidak ada rasanya.

Akan tetapi, tentu berbeda jika rasa pahit pada mulut datang dengan berulang-ulang. Masalah ini dikenal sebagai Dysgeusia. Faktor yang mengakibatkannya banyak dari kebersihan gigi, kehamilan,  rongga mulut yang buruk, dan faktor lainnya.

Dalam penelitian yang diunggah pada Jurnal Brain, Behavior, and Immunity menjelaskan bahwa ketika dalam keadaan sakit, kadar protein tertentu dapat meningkat tajam di tubuh. Peningkatan protein yang dalam dunia medis disebut sebagai TNF-a ini yang mengakibatkan mulut rasanya pahit ketika sakit. Selain itu, mulut pahit juga diakibatkan karena gangguan sistem pencernaan, gangguan rongga mulut dan gigi, sampai ketidakseimbangan hormon.

Melansir Medical News Today, mulut terasa pahit tidak hanya berasal dari penyakit. Faktor yang menimbulkan mulut pahit lainnya yaitu:
 
Sumber: Pexels.com


- Sariawan.

- Gangguan saraf.

- Stres dan cemas.

- Menopause asam lambung naik.

- Perubahan hormon ketika hamil.

- Mulut kering masalah pada gigi dan mulut.

- Efek perawatan kanker

- Kekurangan vitamin B12 dan zinc

- Burning mouth syndrome

- Inhalasi atau menghirup zat tertentu

- Efek samping obat atau suplemen tertentu.

Beberapa cara menghilangkan rasa pahit di mulut yang dapat kamu lakukan sebagai berikut:

1. Mencegah penyakit asam lambung

Asam lambung dapat memperburuk rasa pahit yang terdapat pada mulut. Dalam menghindari asam lambung parah kamu dapat memperbaiki gaya hidup jadi lebih sehat.

Hal yang dasar untuk dilakukan supaya menghindari asam lambung, misalnya menjaga berat badan supaya otot perut dapat bekerja optimal. Selain itu, jaga pola makan dengan menjauhi makanan manis dan memperbanyak makan sayur.

2. Konsumsi makanan kaya nutrisi

Sumber: Pexels.com


Ketika lidah terasa pahit, jauhi makanan yang meninggalkan rasa pahit atau tidak enak pada mulut misalnya kopi, teh, daging merah, atau makanan pedas. Menyantap makanan yang memiliki nutrisi contohnya telur, buah-buahan, susu, ikan, dan sayuran. Dalam melatih kepekaan indra perasa dan menambah selera makan, konsumsi makanan yang mengandung rempah dan berbumbu.

3.  Minum air putih lebih banyak

Cara menghilangkan rasa pahit pada mulut berikutnya ialah memakai minum air putih lebih banyak. Cleveland Clinic menjelaskan ketika sakit kamu harus minum minimal enam hingga delapan gelas air putih sehari. Dehidrasi atau kekurangan cairan dapat mengakibatkan mulut karena lebih pahit ketika sakit. Dengan demikian, mengatur waktu konsumsi air putih tidak hanya sebelum atau setelah makan.

4. Hentikan merokok

Merokok tidak hanya mengakibatkan mulut kian pahit ketika sakit, tetapi juga bisa menimbulkan penyakit kronis misalnya stroke, kanker, dan jantung. Apabila ketika kamu masih sering merokok, hentikan sekarang juga agar kesehatan menjadi lebih baik.

Kamu dapat menghentikan aktivitas merokok dengan hal yang lebih positif, misalnya melakukan hobi. Apabila tetap susah lepas dari rokok, coba lakukan program berhenti merokok ke dokter atau sejumlah puskesmas yang sudah mempunyai program layanan menghentikan kecanduan merokok. Di tempat tersebut kamu biasanya bisa memperoleh obat khusus.

5. Makan asupan tinggi zinc

Sumber: Pexels.com


Cara menghilangkan rasa pahit selanjutnya adalah konsumsi makanan yang kaya zinc. Beberapa makanan terdapat banyak zinc seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum utuh, kerang, telur, dan cokelat hitam.

6. Sikat gigi teratur

Cara menghilangkan rasa pahit berikutnya ialah membersihkan mulut. Sikat gigi dengan teratur dan dengan menggunakan cara yang tepat ketika akan tidur dalam menjaga kesehatan mulut. Apabila dibutuhkan, kamu juga dapat memakai cairan pencuci mulut.

7. Hindari mulut kering

Cara menghilangkan rasa pahit yakni dengan menghindari mulut supaya tidak kering. Pastikan supaya minum banyak air putih dan cairan lainnya. Jika butuh, kunyah permen karet bebas gula supaya merangsang keluarnya air liur pada mulut.

8. Kunyah Permen

Sumber: Pexels.com


Mengunyah permen juga dapat dilakukan sebagai cara, supaya mulut tidak pahit ketika sakit. Kamu dapat makan permen bebas gula suapay asupan makanan dapat seimbang.

9. Kumur larutan soda kue

Baking soda ternyata mampu mengatasi rasa pahit pada mulut kamu. Hal itu disarankan oleh National Cancer Institute. Caranya, larutkan 1/2 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh baking soda pada secangkir air hangat. Lalu berkumur menggunakan air itu, kemudian basuh memakai air bersih setelahnya.

10. Buah jeruk

Sumber: Pexels.com


Konsumsi buah jeruk atau lemon bisa menghilangkan rasa pahit. Bagi banyak orang, hal ini dipercaya ampuh apabila kamu mempunyai rasa tak enak pada mulut akibat minum obat-obatan tertentu atau saat tengah hamil. Terjadinya hal ini akibat rasa asam buah jeruk yang tajam dapat menstimulasi indra perasa.