Untuk yang sedang mengerjakan skripsi atau karya tulis, atau struktural sebuah organisasi atau instansi yang lain. Word semakin mempermudah pengerjaan sesuatu yang berbau keadministrasian. Salah satunya mengerjakan struktur untuk organisasi, agar lebih terlihat tertata dengan mudah dan cepat, ringkas serta rapi.

Hal satu ini tentunya akan bermanfaat untuk mempersingkat waktu pengerjaan. Tanpa perlu mengetik satu persatu dan menghafalkan format penulisan dan penataan struktur organisasi di dalam bagan. Supaya bisa jadi dalam cepat selesai dan rapi. Yuk, simak tahapan dan yang harus dilakukan:

Salah satu manfaat Microsoft Word bisa digunakan untuk membuat bagan organisasi. Membuat struktur organisasi di Word bisa dilakukan dengan memilih opsi SmartArt. Berikut langkah-langkahnya:
sumber: ms.word


1. Buka aplikasi Ms.Word.
2. Pilih menu Insert dan klik SmartArt.
3. Pilih Hierarchy.
4. Pilih desain struktur sesuai kebutuhan.
5. Masukan struktur organisasi dengan nama jabatan.
6. Untuk menambahkan kotak baru, klik menu Desain > Add Shape.
7. Jika sudah, Anda bisa mempercantik desain dengan berbagai pilihan menu yang tersedia di bagian "Design".
sumber: ms.word


Selain dengan SmartArt, membuat struktur organisasi juga bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Shapes. Berikut langkah-langkahnya:
1. Buka menu Insert.
2. Pilih Shapes > Text Box.
3. Buatlah kotak secara manual.
4. Tarik dan drag tetikus sampai membentuk kotak atau persegi panjang.
5. Bisa mengubah warna dengan mengklik opsi Format.
6. Input teks pada kotak yang sudah dibuat. Susun struktur organisasi secara manual.
7. Bisa menghubungkan kotak demi kotak dengan mengklik Insert > Shapes > pilih bentuk garis.
8. Gabungkan seluruh elemen dengan klik Group.
9. Agar struktur tetap berada pada tempatnya, tekan Shift dan klik seluruh kota dan garis yang dibuat. Bar secara otomatis akan menunjukan menu Format. Pilih opsi Group, lalu pilih Group.