Setiap orang pasti mengalami gejala pilek setiap tahunnya, minimal terjadi sekali dalam setahun. Seringkali terjadi pada saat musim pancaroba (peralihan dari musim kemarau ke musim penghujan) dan musim penghujan. Pilek dapat membuat susah bernapas, sebab menyebabkan hidung tersumbat.

Selain hidung tersumbat, pilek juga bisa menyebabkan tenggorokan terasa sangat sakit. Tentunya, kondisi ini sangat tidak nyaman untuk para penderitanya. Selain itu pilek juga membuat hidung keluar ingusan atau lendir, bahkan bisa saja diikuti dengan gejala lain.

Pilek tentunya tidak bisa diremehkan begitu saja, sebab jika tidak bisa teratasi dengan baik bisa menjadi semakin parah. Maka, segera kenali penyebabnya dan segera mengatasinya pula.

Penyebab terjadinya pilek

Penyebab terjadinya pilek sangatlah bervariasi, mulai dari infeksi hingga juga disebabkan alergi dan lain-lain. Seperti penjelasan di atas, pilek dapat menyebabkan hidung tersumbat dan juga berlendir atau ingusan. Berikut ini penyebab terjdinya pilek yang dapat dikenali:

sumber; pexels


- Infeksi, penyebab pilek yang pertama ialah terjadinya infeksi virus pada saluran pernapasan, seperti tenggorokan, hidung, dll.

- Alergi, alergi biasanya lebih sering menimbulkan gatal-gatal di kulit, akan tetapi pilek juga bisa disebabkan oleh alergi. Misalnya alergi terhadap bulu binatang, serbuk bunga, dan debu.

- Makan makanan pedas, makan makanan pedas juga dapat menyebabkan seseorang pilek. Seperti halnya makanan yang berbumbu cabai, merica, lada hitam, dan bawang.

- Terpapar udara dingin atau kering, suhu udara dapat mengubah keseimbangan cairan yang terdapat di dalam hidung, baik itu suhu udara dingin ataupun kering. Hal itu dapat memicu saraf hidung mengeluarkan cairan.

- Hormon yang tidak seimbang, Tidak seimbangnya hormon juga dapat menimbulkan pilek. Misalnya perempuan dalam keadaan hamil memiliki resiko pilek, karena hormon yang berubah-ubah.

- Efek obat tertentu, beberapa obat dapat menimbulkan terjadinya pilek, misalnya obat tekanan darah, pil KB, dan obat penyakit jantung.

Itulah beberapa penyebab terjadinya pilek yang dapat diketahui. Kenalilah dan pelajari agar dapat mengatasi pilek dengan tepat. Atau hanya sekedar penambah pengetahuan agar tidak terserang pilek.

Cara mencegah pilek

Tenang, selain dapat diketahui penyebabnya, pilek juga dapat dilakukan pencegahan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya pilek. Berikut ini cara mencegah pilek:

sumber; pexels


- Tidak berkontak secara langsung dengan orang yang terkena pilek, karena pilek dapat menular dengn sangat mudah.

- Selalu rutin mencuci tangan agar terhindar dari virus yang dapat menyebabkan infeksi atau bakteri yang menjadi penyebab pilek.

- Hindari menyentuh muka, khususnya hidung dan mulut saat di tengah padatnya aktivitas. Gunakanlah tisu atau sapu tangan saat ingin mengeluarkan lendir dari hidung.

- Makan makanan yang bergisi dan melakukan olahraga secara rutin untuk membangun serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

- Memakai masker saat keluar rumah guna melindungi hidung dan mulut untuk menghindari alergi dari debu, dan zat lainnya yang dapat menyebabkan pilek.

- Stop merokok, rokok sangat buruk untuk kesehatan. Tidak merokok dapat mencehgah terjadinya pilek.

Itulah beberapa hal di atas yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan agar pilek tidak menyerang. Lakukanlah kebiasaan di atas, untuk mencegah pilek.

Cara mengatasi pilek

Selain cara mencegah, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pilek. Jika pilek sedang menyerang, maka lakukanlah beberapa cara seperti di bawah ini. Berikut ini cara mengatasi pilek dengan menggunakan obat alami;

1. Konsumsi madu

sumber; pexels


Madu memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, madu bersifat antimikroba yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Cara mengatasi pilek, anda bisa langsung meminumnya dengan takaran 1 sendok makan atau jika terlalu manis dan kental bisa dilarutkan dengan minuman lainnya.

2. Berkumur dengan garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang selalu dibutuhkan untuk segala macam masakan. Selain itu garam juga dapat digunakan untuk mengatasi pilek dengan cara berkumur. Cara mengatasi pilek, larutkan beberapa garam dengan air putih secukupnya. Kemudian larutkan hingga merata, setelah itu gunakanlah untuk berkumur.

3. Menggunakan daun mint

sumber; pexels


Ekstarak daun mint dapat digunakan sebagai cara mengatasi pilek. Daun mint juga memiliki cara kerja yang mirip dengan dekongestan dan dapat menimbulkan sensasi yang hangat. Sensasi hangat tersebut dapat membantu mencairkan lendir yang menyumbat hidung sehingga memudahkan untuk dikeluarkan.

4. Konsumsi sup dengan bawang putih

Bawang putih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi pilek, bawang putih juga digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit. Cara mengatasi pilek, konsumsilah sup ayam atau sup lainnya yang menggunakan bawang putih, kemudian konsumsi untuk makanan sehari-hari. Senyawa alicin yang terdapat pada bawang putih juga dapat membangun sistem kekebalan tubuh.

5. Minum jahe

sumber; pexels


Jahe biasanya digunakan sebagai bumbu masak, selain itu juga berpotensi untuk mengatasi pilek. Jahe termasuk salah satu bahan rempah yang memiliki rasa pedas, sehingga efektif untuk melemaskan otot pada saluran pernapasan. Secara tidak langsung, bisa juga melegakan saluran pernapasan. Minum jahe dapat mengatasi pilek secara alami.

6. Minum air putih

Air putih selain digunakan untuk mencegah dehidrasi juga dapat digunakan untuk mengatasi pilek. Selain itu air putih juga dapat dikonsumsi dengan hangat sehingga lebih efektif untuk mengatasi pilek. Hal ini dapat membantu melegakan hidung dan melembabkan tenggorokan.

7. Konsumsi vitamin C

sumber; pexels


Vitamin C sudah sejak lama sangat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, konsumsilah buah-buahan yang kaya akan vitamin c. Cara mengatasi pilek konsumsilah vitamin C lebih banyak, terlebih saat pilek.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pilek. Lakukanlah beberapa cara di atas untuk mengatasi pilek ketika menyerang. Jika pilek masih membandel, jangan ragu untuk pergi ke dokter dan melakukan konsultasi.