11 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di-Charger Baterai Tanam, Simpel dan Ampuh

"Jangan risau jika HP tidak bisa di-charger."

Life | 17 January 2022, 17:57
11 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di-Charger Baterai Tanam, Simpel dan Ampuh

Cara mengatasi HP tidak bisa di cas baterai tanam merupakan hal yang dicari oleh para pengguna HP dengan baterai tanam misalnya HP merk Samsung, Oppo, dan Vivo terbaru, sebab hampir semua handphone smartphone pasti akan mengalami kerusakan dengan berjalannya waktu HP itu dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Diawali dengan hanya kerusakan ringan pada software hingga kerusakan berat seperti di bagian hardware atau perangkat keras.

Pada handphone, kerusakan yang biasa dialami ialah di bagian baterai. Keadaan yang kadang ditemukan ialah semisal baterai yang boros, tidak dapat di cas atau charging, baterai pada layar cuma tertera 0 % meski telah lama dicharge, sampai baterai yang tidak dapat dipakai atau HP tidak nyala hingga mati total.

Baterai HP yang bermasalah apabila masih dapat dicopot sendiri dari rangka handphone masih untung, sebab dapat dicek sendiri keadaannya kalau rusak. Kamu tinggal mengganti baterai yang baru. Namun, bagaimana jika ternyata HP mempunyai baterai tanam? Tentu kamu perlu mengetahuinya, terutama bagi yang baterai HP-nya tanam.

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui beberapa penyebab HP baterai tanam tidak bisa dicharge yaitu:

Terdapat komponen pendukung Handphone yang mengalami kerusakan seperti misalnya kabel, charger, hingga adaptornya.

- Handphone saat melakukan proses update OS atau sistem tidak berhasil sempurna atau gagal ketika proses berlangsung.

- Port charger yang ada pada HP maupun colokan di kabel chargernya terjadi kerusakan, sehingga ketika dicas terjadi kegagalan atau tidak terisinya baterainya.

- Pada ponsel ada software atau aplikasi pihak ketiga yang terinstal dan mungkin dapat membuat boros baterai sekaligus mengganggu proses pengisian daya di handphone.

- Aplikasi atau software yang dipakai dalam mendeteksi saat HP sedang dicharging terjadi error atau bermasalah. Akibatnya, apabila software atau aplikasi ini mengalami kegagalan untuk mendeteksi, maka proses pengisian baterai akan gagal.

Cara mengatasi Hp tidak bisa di-charger baterai tanam yakni dengan:

1. Bersihkan ujung kabel charger Hp

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sebelum kamu memperbaiki pengisian daya yang mati di Hp, kamu dapat melakukan cek terlebih dulu ujung di charger Hp kamu. Dengan mengecek ujung itu siapa tahu terdapat kotoran yang menempel, sehingga menyebabkan aliran listrik terhambat karena kotoran itu. Hal ini menimbulkan Hp tidak terisi oleh daya saat di charger.

Cara mengatasi hal ini yakni, bersihkan ujung charger kamu menggunakan tisu atau amplas pada kotoran yang menempel. Apabila kotoran yang menempel tidak membandel, cukup pakai tisu guna membersihkannya. Sedangkan terhadap kotoran yang membandel misalnya karat, kamu dapat membersihkannya menggunakan amplas secara pelan supaya ujung charger tidak rusak.

2. Kalibrasi baterai Hp

Apabila memang baterai hp kamu tidak dapat dicas dan kadang baterai berkurang atau menambah sendiri, maka kamu dapat melakukan kalibrasi baterai hp.

Dalam melakukan kalibrasi hp kamu dapat memakai aplikasi kalibrasi hp yang tersedia banyak di internet. Dengan melakukan kalibrasi baterai hp kamu mampu menstimulasi baterai hp, supaya kembali pada siklus awal.Tidak hanya itu, kalibrasi hp juga dapat menjaga supaya baterai tetap sehat.

3. Lepaskan SIM Card dan Micro SD

Hp tidak dapat dicharger dapat dikarenakan oleh kapasitas penyimpanan terlalu berlebih, maka menimbulkan hp menjadi berat dan melebihi kemampuan hp tersebut.

Oleh karena itu, coba lepaskan sim card dan micro sd lalu istirahatkan hp dalam beberapa saat, sesudah itu kamu dapat cas hp seperti biasa.

4. Ganti Hp baru

Cara mengatasi hp tidak bisa di-charger baterai tanam berikutnya ialah dengan mengganti hp. Cara ini dapat dikatakan cara yang sangat efektif dalam mengatasi permasalahan baterai atupun permasalahan lainnya. Namun, dalam mengganti hp yang baru kamu perlu mempunyai buget yang cukup, agar dapat membeli hp yang kamu kehendaki.

5. Ganti charger

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi hp tidak bisa di-charger baterai tanam adalah coba kamu ganti dengan charger lain yang baru. Kamu juga dapat mengecek apakah adapter panas atau tidak, apabila tidak maka benar, charger hp bermasalah.

Hal yang biasa terjadi adalah sebab kabel part memang sangat rentan terhadap kerusakan sebab kamu mungkin sering menggulung sehingga ada kabel yang putus didalamnya.

6. Tekan tombol power dan volume down

Cara yang paling mudah dilakukan dalam menangani masalah hp baterai tanam ini ialah dengan menekan tombol power dan volume down secara bersamaan. Lakukan cara ini saat hp sedang di-charger dan tekan terus sampai hp bergetar. Walau sederhana, cara pertama ini terbukti efektif di beberapa merk hp misalnya Samsung.

7. Bersihkan port USB

Di samping membersihkan ujung charger, port USB juga perlu dibersihkan sebab penggunaan yang semakin lama dapat banyak kotoran yang menempel. Kadang kotoran itu paling banyak diperoleh pada saku yang dipakai sebagai tempat menyimpan Hp.

Cara membersihkan kotoran yang ada pada port USB ialah dengan memakai tusuk gigi yang dibalut dengan tisu secara hati-hati, supaya tidak merusak konektor yang ada pada port USB. Jangan bersihkan menggunakan bahan yang terbuat dari logam, ketika membersihkan port USB itu sebab bahan logam mampu menyebabkan korsleting listrik dan Hp tidak dapat diisi daya lagi.

8. Cek adapter charger

Apabila kamu sering memakai charger yang bukan bawaan handphone, tentu pernah mengalami kasus baterai tidak dapat di-charger. Dalam mengatasinya, coba pakai adapter charger smartphone bawaan. Apabila ternyata gagal, coba ganti adapter charger handphone kamu dengan yang baru atau Ampere yang lebih besar.

9. Reset sistem Hp

Terdapat beberapa tipe Hp yang kadang muncul pesan misalnya “Tidak dapat mengisi daya perangkat Anda” padahal Charger kamu normal. Apabila kondisi itu terjadi mungkin terdapat data-data yang mengganggu sistem Hp kamu yang memengaruhi sistem pengisian.

Kamu dapat melakukan reset sistem di Hp kamu sebab dengan melakukan reset, dapat membuat Hp kamu kembali pada pengaturan awal lagi dan data-data yang memicu sistem eror bisa terhapus. Maka, pengisian daya bisa menjadi normal kembali.

10. Ganti adaptor charger

Kamu juga bisa memakai cara yang satu ini. Kadang penggunaan yang lama dapat mengakibatkan adaptor Charger mengalami penurunan penghantar daya, bahkan adaptor dapat mati sebab perawatan Charger yang buruk.

Apabila adaptor mati, kamu dapat menggantinya dengan yang baru dan usahakan yang mempunyai kualitas bagus atau original supaya pengisian daya lebih optimal.

11. Bawa ke tempat service

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara terakhir mengatasi baterai tidak bisa di-charger yaitu dengan membawanya ke tempat service. Dengan membawanya ke tempat service kamu dapat menjelaskan permasalahan secara detail. Selain itu, kamu juga tidak perlu pusing memikirkan hp karena yang terpenting kamu menyiapkan buget yang cukup.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya