Isra Miraj 2024: Jadwal dan Sejarah Singkatnya

"Isra Miraj 2024 adalah peristiwa penting dalam agama Islam. Simak jadwal dan sejarah singkatnya di sini!"

News | 05 February 2024, 15:37

Isra Miraj 2024 merupakan peristiwa yang sangat penting bagi umat Islam. Isra Miraj Nabi Muhammad diperingati tiap 27 Rajab. Apabila mengacu pada Kalender Hijriah Indonesia Tahun 2024 yang dikeluarkan Kementerian Agama (Kemenag) RI, 27 Rajab 1445 H bertepatan dengan Kamis, 8 Februari 2024.

Pemerintah hanya menetapkan 1 hari libur nasional untuk peringatan Isra Miraj 2024. Ini berarti, masyarakat hanya akan menikmati 1 hari libur, yaitu pada Kamis, 8 Februari 2024.

Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW yaitu dilakukannya perjalanan dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem hingga naik ke langit ke tujuh atau Sidratul Muntaha. Peristiwa Isra Miraj terjadi setelah meninggalnya paman Nabi Muhammad, Abi Thalib dan Istrinya, Siti Khadijah.

Dalam bahasa arab, Isra berarti perjalanan di malam hari, sedangkan Miraj artinya kenaikan. Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad mengendarai kendaraan superkilat hewan Buraq yang digambarkan sebagai kuda putih dengan sayap dan ekor seperti burung merak. Jarak Mekkah dan Yerussalem pada saat itu umumnya ditempuh menggunakan kuda atau unta selama satu bulan, namun Nabi Muhammad SAW melakukannya dalam semalam. Di Masjid Al Aqsa diceritakan, Nabi Muhammad memimpin shalat nabi – nabi terdahulu shalat dua rakaat.

Peristiwa Miraj dilaksanakan Nabi Muhammad dari Masjid Al Aqsa naik ke langit ketujuh atau Sidratul Muntaha. Dalam perjalannnya, Nabi Muhammad SAW bertemu dengan nabi – nabi terdahulu pada setiap tingkatan yakni :

  • Nabi Adam di langit pertama
  • Nabi Isa dan Yahya di langit kedua
  • Nabi Yusuf di langit ketiga Nabi Idris di langit keempat
  • Nabi Harun di langit kelima
  • Nabi Musa di langit keenam
  • Nabi Ibrahim di langit ketujuh

Diriwayatkan pada awalnya, Allah SWT memerintahkan umat Islam untuk shalat 50 waktu dalam sehari. Nabi Muhammad pernah diingatkan Nabi Musa bahwa jumlah tersebut terlalu besar sehingga disarankan untuk meminta keringanan. Sesampainya di Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah shalat lima waktu. Peristiwa Isra Miraj menjadi penting dalam perjalanan kesilaman. Sejak peristiwa Isra Miraj ini, umat islam diwajibkan shalat lima waktu dalam sehari.

Isra Miraj juga menjadi momen penting dalam meneguhkan keimanan umat Islam. Dalam perjalanan ini, Nabi Muhammad SAW juga menerima perintah untuk melaksanakan shalat lima waktu, yang menjadi salah satu rukun Islam.

(g/t)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya