8 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO secara Efektif

"Memori HP penuh merupakan masalah yang kerap kali dialami oleh pengguna HP."

Tech | 20 January 2022, 12:18
8 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP OPPO secara Efektif

HP pintar atau Smartphone pasti memiliki fitur yang banyak dan lebih canggih daripada HP generasi sebelumnya. Seperti halnya HP OPPO, yang menggunakan fitur layar sentuh, kamera dengan kulaitas tinggi dan beberapa  fitur lainya.

Memori pada HP OPPO juga bervariasi, mulai dari 2/32 hingga 32/256. Memori ini dibutuhkan untuk menyimpan berbagai macam berkas, seperti foto, dokumen, video, game dan jenis berkas lainya. Namun yang namanya memori, semakin lama penggunaan juga akan semakin penuh kapasitasnya.

Anda harus memiliki cara lain agar Anda tetap bisa menyimpan file-file dan dokumen pada HP OPPO Anda.

Penyebab Memori HP Penuh
Berikut ini adalah beberapa penyebab HP OPPO Anda menjadi penuh memorinya:

Sampah Cache
Cache adalah file yang disimpan dalam memori internal HP pada saat smartphone menjalankan aplikasi, file ini sifatnya sementara. File cache ini dimiliki ada di setiap aplikasi yang terinstal di HP OPPO Anda.

Jika cache tidak pernah dibersihkan, cache akan terus bertambah. Sehingga menyebabkan memori internal cepat penuh. 

Banyak File Duplikat
File duplikat memang tidak sering diperhatikan dalam memori internal. File duplikat ini ada pada saat Anda mengunduh atau mengirim file secara berulang kali.

Saat Anda mengirim file kepada tiga orang lewat WhatsApp, maka akan muncul empat file baru yang tersimpan di HP Anda.

File WhatsApp yang tidak pernah dibersihkan
Kiriman file media WhatsApp dari teman, grup, dan komunitas yang begitu banyak juga menyebabkan memori cepat habis. Tidak hanya kiriman file, file yang Anda kirim pun juga terduplikasi yang membuat memori Anda penuh.

Tidak menggunakan memori eksternal (SD Card)
Alasan lain adalah tidak memanfaatkan slot Micro SD untuk meningkatkan memori penyimpanan. Padahal ponsel OPPO menyediakan slot Micro SD dengan kapasitas maksimal hingga 256GB.

Unduhan file offline YouTube
Jika Anda yang merasa memiliki unduhan offline video YouTube, sebaiknya lakukan pembatasan agar tidak menyebabkan memori internal penuh. Sebab video offline dalam youtube Anda juga memakan pemakaina memori internal.

Lebihnya lagi video jika resolusi di atas 360p memiliki ukuran yang relatif besar.

Memasang aplikasi yang relatif besar
Aplikasi dan game juga menjadi penyebab penuhnya memori internal, utamanya game yang memiliki ukuran di atas 1GB sampai 4GB. Aplikasi tersebut juga berpotensi menghasilkan file sampah yang cukup banyak juga.

Cara Mengatasi Memori Penuh
Tidak perlu bingung jika memori pada HP OPPO Anda penuh. Berikut adalah beberapa cara mengatasi memori HP OPPO penuh.

1. Bersihkan file junk dan cache
Anda harus tau, membersihkan file sampah, cache, cookies, dan sejenisnya dapat mengatasi memori penuh. File cache yang berasal dari sistem dan aplikasi sebenarnya membantu pengguna agar lebih cepat dalam membuka atau menjalankan aplikasi.

Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga.

2. Gunakan aplikasi pembersih

Daun.id

istimewa

Aplikasi pembersih ini bisa disebut sebagai pihak ketiga. Aplikasi ini memang khusus digunakan untuk membersihkan file-file sampah, cache dan cokies. Anda dapat mendownload aplikasi pembersih ini melalui Play Store.

3. Hapus data WhatsApp

Daun.id

istimewa


Untuk mengatasi memori HP OPPO penuh, Anda bisa melakukan pembersihkan data pada WhatsApp. Caranya adalah:
- Buka aplikasi WhatsApp pada ponsel OPPO Anda.
- Ketuk ikon tiga titik yang ada di bagian atas » pilih Setelan.
- Pilih Penyimpanan dan data » Kelola penyimpanan.
- Selanjutnya pilih chat dan media yang ingin Anda hapus.
Selesai.

4. Matikan unduhan otomatis pada WhatsApp

Daun.id

istimewa

Matikan unduh data otomatis WhatsApp data otomatis WhatsApp dengan cara:
- Matikan unduhan otomatis WhatsApp.
- Masuk pada menu Setelan WhatsApp » Penyimpanan dan data.
- Pada bagian Unduh otomatis media, ubah bagian Saat menggunakan data seluler, saat terhubung ke Wi-Fi, dan saat roaming.
Hilangkan centang pada foto, video, audio, dan dokumen.
Selesai.

5. Hapus aplikasi yang tidak diperlukan
Cara selanjutnya adalah menghapus aplikasi ataupun game yang tidak diperlukan lagi. Khususnya pada game dengan ukuran yang cukup besar. Hal ini karena game sering kali menghabiskan penyimpanan internal ketimbang file berkas seperti dokumen, foto, video, dan sejenisnya.

6. Gunakan memori eksternal (SD Card)

Daun.id

pexels.com

Gunakan memori eksternal (SD Card) pada ponsel OPPO Anda. Meskipun SD Card tidak dapat digunakan untuk menyimpan aplikasi, setidaknya Anda bisa menggunakannya untuk menyimpan foto, video, audio, dokumen, dan sejenisnya.

Anda bisa menyimpan semua berkas di memori internal, gunakan memori internal hanya untuk instalasi sistem, aplikasi, dan simpanan data sementara.

7. Pindahkan berkas dan aplikasi ke memori eksternal

Daun.id

pixabay.com

Anda bisa memindahkannya ke memori eksternal seperti flasdsik atau hardisk. Namun Anda juga bisa menyimpanya ke komputer/laptop yang Anda miliki.

8. Gunakan layanan cloud storage

Daun.id

istimewa

Anda juga bisa manfaatkan layanan cloud storage (penyimpanan awan) gratis, seperti Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box, dan lain sebagainya. Layanan tersebut cukup efektif untuk menyimpan file media yang memenuhi memori Anda.

Google Drive adalah yang paling saya rekomendasikan saat ini. Selain tersedia secara langsung pada ponsel Android (bloatware), Anda bisa mendapatkan penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk satu akun.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya