6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada Laptop, Hindari Penyebabnya

"Hindari me-charge baterai laptop saat sedang terpakai, ini akan membuat baterai menjadi cepat rusak."

Tech | 28 January 2022, 14:49
6 Cara Mengatasi Baterai Cepat Habis pada Laptop, Hindari Penyebabnya

Perkembangan teknologi yang cepat mengakibatkan aktivitas manusia juga menjadi relatif singkat. Perangkat-perangkat elektronik menjadi hal yang berperan penting dalam mempersingkat aktivitas manusia.

Penemuan listrik dan radio sederhana hingga pada perkembangan yang lebih modern seperti smartphone, komputer dan laptop menjadi bukti perkembangan tersebut.

Perkembangan laptop berjalan cukup cepat, saat ini laptop hadir dengan desain slim dan reltif ringan. Ini berbeda pada awal penemuan laptop yang masih tebal dan relatif berat.

Dengan spesifikasi laptop yang tinggi akan membuat pengguna menjadi lebih mudah dalam menggunakanya. RAM dan penyimpanan internal yang tinggi menjadi salah satunya, dengan baterai yang awet juga akan lebih baik lagi.

Namun itu memang sejalan, sebagain prosdusen akan membuat laptop dengan spesifikasi tinggi akan membuat bataerai lebih cepat habis karena daya baterai yang besar.

Selain itu ada beberapa kondisi lain yang dapat membuat baterai laptop Anda menjadi cepat habis. Berikut adalah penyebab baterai laptop capat habis:

- Kinerja laptop terlalu berat
Kinerja laptop dipengaruhi oleh spesifikasi dari di dalamnya. Dengan spesifikasi laptop yang tinggi akan membuat kinerja laptop menjadi ringan, termasuk untuk melakukan hal-hal berat sekalipun.

Jika spesifikasi laptop yang Anda miliki rendah, maka jika laptop dipaksa untuk melakukan pekerjaan berat akan membuat laptop akan bekerja keras dan mudah panas, sehingga membuat komponen di dalamnya menjadi mudah rusak.

Salah satunya membuat baterai boros  dan cepat habis.

- Laptop digunakan terlalu lama
Laptop yang digunakan dalam durasi yang lama akan membuat laptop mudah panas. Jika Anda menggunakan laptop hingga berjam-jam atau bahkan hingga baterai habis, akan menyebabkan kerusakan pada komponen laptop, khususnya pada baterai.

Dampak yang akan timbul pada komponen laptop adalah kerusakan, sehingga membuat baterai laptop cepat habis.

- Mengisi daya baterai sambil digunakan
Mengisi daya sambil digunakan adalah penyebab utama yang menyebabkan baterai laptop menjadi bocor. Akan lebih bocor lagi jika membiarkan laptop terus mengisi daya sambil dioperasikan hingga baterai terisi 100% penuh.

Cara Mengatasi Baterai Laptop
Baterai laptop yang cepat habis atau boros sangatlah hal yang mengganggu. Ini karena Anda harus selalu membawa charge kemanapun Anda pergi. Pada kondisi kerusakan baterai yang parah, laptop harus di charge saat ingin digunakan.

Berikut adalah cara mengatasi baterai laptop cepat habis, antara lain:

1. Mengisi Penuh Baterai Laptop

Rawatlah laptop dengan baik, khususnya jika laptop tersebut masih dalam kondisi baru atau belum bocor baterainya. Salah satu caranya yaitu mengisi penuh baterai sebelum digunakan.

Mengisi daya baterai tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup 2 sampai 3 jam saja. Cara ini akan membuat baterai lebih awet.

2. Mengatur Baterai Saver
Mengaktifkan mode hemat daya pada laptop akan membuat baterai menjadi lebih awet. Saat mode ini diaktifkan, maka aplikasi-aplikasi yang menguras daya baterai berlebihan akan dinonaktifkan secara otomatis. Selain itu layar laptop juga akan diturunkan secara otomatis.

Cara ini sangat disarankan untuk mengatasi baterai laptop yang cepat habis.

3.  Mengatur Opsi Low Baterai
Mengaktifkan notifikasi low battery akan mengingatkan Anda saat baterai Anda tersisa sedikit, biasanya rentang 15%-25%.

Saat baterai berada direntang 15%-25% Anda harus segera disambungkan ke charger dan didiamkan. Hal ini akan membuat ketahanan baterai yang lebih lama sehingga dayanya tidak akan mudah habis ketika sedang digunakan.

4. Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop

Kalibrasi baterai adalah proses mengosongkan daya baterai dan mengembalikannya dalam keadaan seperti dari pabrik sehingga perangkat mampu membaca kapasitas baterai yang seharusnya.

Jika terdapat masalah pada baterai, hal tersebut akan mempu terdeteksi melalui proses kalibrasi. Kalibrasi ini disarankan untuk dilakukan secara rutin yakni sebanyak 1 kali dalam 1 bulan.

Caranya adalah:
- Isi daya baterai hingga penuh.
- Nyalakan laptop dan diamkan saja hingga baterai laptop mati dengan sendirinya.
- Setelah laptop mati karena baterainya habis, silakan isi daya baterai laptop hingga penuh kembali.
- Jika ingin menggunakan laptop, silakan gunakan sebaik mungkin dan cepatlah mengisi daya baterainya jika prosentase daya baterai sudah berada pada titik lemah.
- Di sini berarti proses kalibrasi pun telah selesai.

5. Install Smarter Baterai

Untuk mengatasi baterai cepat habis, Anda bisa mendownload Aplikasi Smarter Baterai. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemantau baterai untuk laptop yang ditujukan untuk memberi semua data baterai kepada kamu.

Aplikasi ini juga berguna untuk memperpanjang dan menghemat baterai kamu.

6. Tidak Menggunakan Baterai Hingga Habis

Anda tidak boleh menggunakan baterai laptop Anda hingga baterai habis atau hingga laptop mati. Sebab hal ini akan membuat ketahanan baterai laptop perlahan menurun hingga mengalami drop. Efeknya adalah Anda harus siap sedia charger jika menggunakan laptop untuk bekerja.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya