11 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

"Atasi air liur berlebihan dengan mudah."

Life | 29 January 2022, 15:26
11 Cara Mengatasi Air Liur Berlebihan secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

Ketika mulut dipenuhi dengan air liur lebih banyak dari keadaan biasanya, hal itu tentu menjadi masalah tersendiri. Alasannya, kondisi tersebut dapat memicu kurang percaya diri.

North American Journal of Medical Sciences menjelaskan menurut istilah medis, keadaan ini dikenal sialorrhea, ptyalism gravidarum, atau hypersalivation. Kadang diikuti dengan muntah dan mual. Kadang kelenjar yang memproduksi air liur cenderung menghasilkan sekitar 400 ml sampai 1 liter air liur pada satu hari penuh.

Perlu diketahui, itu layaknya jumlah yang besar, namun tidak diketahui sebab terus menelannya sepanjang hari. Para ahli mengira ini merupakan cara tubuh dalam melindungi gigi, mulut, dan tenggorokan terhadap efek korosif asam lambung yang kemungkinan terjadi bahkan apabila kamu tidak merasa sakit. Meskipun tidak berbahaya, mungkin kamu terganggu dengan keadaan itu.

Secara medis, air liur berlebihan dapat menyebabkan hal berikut ini:

- Dehidrasi

- Bau mulut

- Bibir kering

- Susah berbicara

- Susah dalam merasakan makanan

- Iritasi sampai infeksi kulit pada sekitar rongga mulut

Adapun faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya air liur berlebihan seperti:

- Mual

- Asam lambung

- Perubahan hormon

- Infeksi oral

Cara mengatasi air liur berlebihan dapat dilakukan di antaranya, seperti:

1. Memakai obat-obatan dari dokter

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi air liur berlebihan bisa ditangani dengan memakai pengobatan medis, misalnya glycopyrrolate dan scopolamine. Glycopyrrolate adalah obat oral yang bermanfaat sebagai penghambat impuls saraf pada kelenjar saliva sehingga mulut lebih sedikit menghasilkan air liur.

Di sisi lain, scopolamine adalah obat luar berbentuk plester atau patch yang ditempelkan pada belakang telinga dan juga bermanfaat sebagai penghambat impuls saraf menuju kelenjar saliva.

Seperti halnya jenis obat-obatan lain, kedua jenis pengobatan ini mampu menyebabkan efek samping, contohnya jantung berdebar, gangguan berkemih, pusing, hiperaktivitas, mulut kering, sampai gangguan penglihatan.

2. Membuang air liur

Cara mengatasi air liur berlebihan selanjutnya ialah dengan meludah atau membuang air liur memakai tisu. Jika tidak memungkinkan, contohnya akibat sedang berada di transportasi umum, kamu dapat menelan air liur itu. Akan tetapi, jangan lakukan hal ini apabila malah menjadi mual sesudahnya.

3. Berkumur menggunakan obat kumur

Selain menyikat gigi 2 kali sehari, kamu juga bisa menyikat gigi setiap kali telah merasa tak nyaman akibat produksi air liur berlebihan. Sesudah menyikat gigi, cara mengatasi air liur berlebih yang ketiga merupakan dengan berkumur memakai obat kumur atau mouthwash yang tidak terdapat alkohol.

4. Sebaiknya tidak makan cemilan di sela waktu makan

Sebagian orang yang terbiasa untuk makan cemilan di sela waktu makan mungkin akan sedikit kesulitan. Namun percayalah, seiring dengan berjalannya waktu upaya untuk meminimalkan serangan asam lambung naik bisa lebih mudah untuk diatasi oleh Anda.

5. Mengunyah permen karet

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Mengunyah permen karet memang tidak dapat mengobati air liur berlebihan, tetapi bisa membantu meringankannya. Pilih permen karet yang terdapat sedikit gula atau mempunyai rasa mint. Selain mengunyah permen karet, kamu juga dapat mengisap es batu guna mengurangi air liur di mulut.

6. Kunyah makanan sampai lembut

Mengunyah makanan sampai lembut dapat membantu enzim dalam pencernaan dalam mengolah dan mencerna makanan secara lebih mudah. Sehingga sedikit apapun waktu yang dipunyai, seharusnya kunyah makananmu secara pelan sampai menjadi lembut supaya lebih mudah dicerna.

7. Hindari minum air putih terlalu banyak saat makan

Minum air putih disarankan saat Anda selesai makan. Minum air putih di tengah waktu makan diklaim bisa mencairkan asam lambung sehingga justru akan lebih mudah naik ke tenggorokan.

8. Hindari makanan asam

Termasuk seperti konsumsi permen asam dan permen karet. Hal ini malah mampu meningkatkan produksi air liur.

9. Membawa tisu

Keharusan dalam membuang ludah dalam waktu tertentu dapat ditangani memakai tisu. Hal ini dapat memudahkanmu apabila tiba-tiba air liur pada keadaan yang sangat banyak dan menimbulkan mual.

10. Upayakan agar makan secara teratur dan awasi porsinya dengan ketat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Usahakan kamu mempunyai jadwal makan yang teratur. Upayakan dalam mengatur menu yang bermacam-macam supaya setiap harinya kamu tetap mempunyai selera saat makan dengan nikmat. Jangan lupa supaya mengawasi jumlah makanan yang dikonsumsi, sebab penderita asam lambung pantang untuk makan secara berlebihan.

11. Prosedur medis

Dikutip dari jurnal American Academy of Family Physicians, suntik botox (botulinum toxin) tipe A yang disuntikkan pada kelenjar air liur bisa menjadi cara mengatasi air liur berlebihan. Efek dari pengobatan ini mampu bertahan sekitar lima bulan dan harus melakukan perawatan berulang dalam jangka panjang.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya