7 Cara Mengatasi Gusi Sakit Secara Cepat, Gunakan Daun Jambu Biji

"Gusi sakit tentunya dapat membuat para pengidapnya merasa sangat tidak nyaman, kondisi ini diiringi dengan rasa nyeri yang sangat luar biasa."

Life | 29 January 2022, 18:46
7 Cara Mengatasi Gusi Sakit Secara Cepat, Gunakan Daun Jambu Biji

Gusi seringkali mengalami pembengkakan, hal ini dapat menyebabkan beberapa kerusakan yang terjadi pada jaringan yang menopang tulang gigi. Kondisi sakit gusi dapat menimbulkan rasa yang sangat tidak nyaman, karena dapat menimbulkan rasa nyeri bahkan terasa nyut-nyutan.

Terjadinya gusi bengkak dapat menjadi pertanda sedang terjadi masalah kesehatan pada mulut. Hal ini dapat dilatarbelakangi oleh berbagai macam penyebab, seperti halnya penumpukan plak. Selain itu juga disebabkan karena menyikat gigi yang terlalu keras, kondisi kekurangan vitamin B dan vitamin C.

Meski bukan suatu kondisi medis yang berbahaya, kondisi ini tidak boleh diabaikan begitu saja. Agar gusi sakit tidak menimbulkan rasa yang sangat kurang nyaman. Tentunya, diperlukan langkah untuk mengatasi gusi sakit. Sehingga gusi sakit tidak terus-terusan mengganggu.

Kondisi seperti ini harus segera diatasi dengan tepat, sebelum mengatasinya sebaiknya melakukan identifikasi penyebabnya. Salah satu penyebabnya ialah karena terjadi pembengkakan pada area gusi. Mengetahui penyebabnya dapat memudahkan dalam mengatasi gusi sakit.

Mengenal penyebab gusi sakit

Gusi sakit salah satu penyebabnya ialah dikarenakan terjadi pembengkakan gusi. Selain itu juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab lainnya, berikut ini penyebab gusi sakit :

Daun.id

sumber; pexels

- Perubahan hormon, dapat mengalami perubahan pada saat hamil yang menyebabkan terjadinya gusi bengkak dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi ini seringkali terjadi pada perempuan, tetapi bisa juga bersifat sementara.

- Iritasi, karena alergi terhadap beberapa bahan makanan, minuman, pasta gigi, hingga produk kesehatan mulut lainnya. Hal ini dapat memicu gusi sakit.

- Kekurangan vitamin, kurangnya vitamin c dapat memicu terjadinya gusi sakit, hal ini karena terjadi gusi bengkak. Vitamin c dapat membantu menguatkan jaringan gusi.

- Sisa makanan, jika sisa makanan tertinggal di antara sela gigi dan gusi dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan penumpukan bakteri yang dapat membuat gusi sakit.

- Obat-obatan, juga bisa menjadi penyebab gusi bengkak. Obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah dapat memicu gusi bengkak. Kondisi ini dapat memicu gusi sakit.

- Tumpukan plak, dapat menyebabkan karang gigi selain itu juga dapat menimbulkan gusi sakit akibatkan gusi bengkak, jika plak pada gigi dibiarkan menumpuk.

Itulah beberapa kondisi atau hal yang dapat menyebabkan terjadinya gusi sakit. Hindari beberapa kebiasaan hidup yang kurang sehat untuk mengurangi risiko gusi sakit.

Gejala gusi sakit

Gusi sakit dapat terjadi karena pembengkakan pada area gusi, hal ini bisa saja disebabkan oleh kurangnya kesadaran merawat kebersihan mulut dan gigi. Sehingga dapat menumpuk bakteri dan menimbulkan gusi bengkak. Gusi sakit juga bisa menimbulkan beberapa gejala lainnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut beberapa gejala gusi sakit :

- Terjadinya gusi sakit, dapat menimbulkan bau mulut tak sedap.

- Gusi sakit juga dapat menimbulkan gusi berdarah, hal ini diakibatkan menyikat gigi terlalu keras.

- Sakitnya, tidak saja terdapat pada area gusi, akan tetapi juga dapat menjalar ke beberapa bagian tubuh lainnya.

- Gusi dapat berwarna kebiruan, ketika sedang mengalami gusi sakit. Selain itu juga dapat berwarna kemerahan.

- Rasa nyeri yang sangat luar biasa, hingga menyebabkan susah makan dan susah bicara. Bahkan susah menelan.

Ketika gusi menunjukkan beberapa tanda seperti di atas, bisa jadi dapat menimbulkan gejala gusi sakit. Anda bisa menghubungi terdekat atau melakukan beberapa penanganan untuk mencegahnya.

Cara mencegah gusi sakit

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, ada beberapa cara pencegahan yang dapat dilakukan. Lakukan lah beberapa cara mencegah gusi bengkak di bawah ini. Berikut ini cara mencegah gusi bengkak:

Daun.id

sumber; pexels

- Menggunakan pasta gigi yang cocok dengan kondisi mulut. Begitu juga dengan penggunaan obat kumur.

- Berhenti merokok serta mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Beberapa hal di atas dapat menyebabkan gusi sakit.

- Sikat gigi secara pelan-pelan untuk menghindari luka pada gusi yang menyebabkan rasa sakit. Lakukan sikat gigi minimal 2 kali sehari secara rutin dan teratur.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan secara mandiri untuk mencegah terjadinya gusi sakit. Jika beberapa cara sudah ditempuh, namun gusi masih sakit akibat bengkak sebaiknya langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis gigi.

Cara mengatasi gusi sakit

Gusi sakit dapat diatasi dengan beberapa cara, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi sakit. Gusi sakit harus segera diatasi agar tidak semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut ini cara mengatasi gusi sakit;

1. Berkumur menggunakan air garam

Daun.id

sumber; pexels

Garam sudah sangat lama digunakan orang terdahulu untuk mengatasi sakit gusi. Caranya hanya digunakan untuk berkumur sebanyak 3 kali, siapkan garam dan segelas air hangat secukupnya. Setelah itu aduklah hingga merata, lalu gunakan larutan tersebut berkumur sebanyak 3 kali.

2. Cobalah melakukan scalling

Scalling merupakan suatu proses pembersihan plak gigi dengan menggunakan benang khusus gigi. Cara ini dapat merontokkan plak sekaligus bakteri, yang menjadi pemicu gusi sakit atau gusi bengkak. Scalling termasuk cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gusi sakit.

3. Berkumur dengan air sari lemon

Daun.id

sumber; pexels

Lemon merupakan suatu buah yang dapat digunakan untuk mengatasi gusi sakit. Kandungan air sari lemon dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut. Caranya, peraslah lemon secukupnya, ambilah air perasannya dan campur dengan air hangat. Setelah itu gunakanlah berkumur, lakukan 3 kali dalam sehari.

4. Gunakan daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membersihkan bakteri di dalam mulut. Cara mengatasi gusi sakit dengan daun jambu biji cukup mudah, ambil daun biji jambu secukupnya. Lalu rebus dengan air, setelah itu gunakan berkumur air sisa rebusan tersebut untuk mengatasi gusi sakit.

5. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Air putih selain digunakan mengatasi dehidrasi juga berfungsi untuk membantu meningkatkan produksi air liur. Sehingga mampu digunakan untuk membersihkan bakteri yang tertinggal di dalam mulut atau gigi. Minum air putih dapat digunakan mengatasi gusi sakit.

6. Kompres pipi dengan suhu dingin atau hangat

Ketika gusi bengkak menimbulkan rasa sakit dan dapat berdenyut bisa dilakukan mengompres dengan air hangat. Jika gusi mengalami pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri dan denyut bisa dikompres dengan air dingin. Mengompres dingin atau hangat dapat mengatasi gusi sakit.

7. Mengoleskan madu

Daun.id

sumber; pexels

Madu mengandung senyawa yang dapat mengurangi pembengkakan, sehingga dapat mengatasi gusi bengkak yang menyebabkan gusi sakit. Anda dapat melakukannya hingga gusi sakit menghilang. Caranya cukup mudah, oleskan saja madu asli pada bagian gusi yang membengkak, sehingga dapat mengatasi gusi sakit.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi gusi sakit. Jika anda mengalami kesulitan, sebaiknya meminta bantuan dokter spesialis guna mendapat arahan dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya