9 Cara Mengatasi Mata Kuning dengan Aman, Ketahui Penyebabnya

"Mata kuning dapat terjadi pada seseorang, seringkali dikaitkan dengan penyakit kuning, padahal belum tentu ada kaitannya."

Life | 02 February 2022, 21:02
9 Cara Mengatasi Mata Kuning dengan Aman, Ketahui Penyebabnya

Mata kuning merupakan kondisi pada umumnya berkaitan dengan gangguan pada kesehatan yaitu kandung empedu. Hal ini ditandai dengan adanya kondisi mata yang berwarna kuning pada bagian putih mata. Selain itu juga berkaitan dengan hati dan pangkreas yang memicu mata kuning, dan juga beberapa penyebab atau kondisi lainnya.

Mata merupakan bagian anggota tubuh yang berfungsi sebagai penglihatan, dalam hal lain juga menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh. Secara medis kondisi ini disebut dengan sklera yaitu kondisi berubahnya bagian mata berwarna putih menjadi kuning. Hal ini juga dapat menandakan suatu gejala masalah serius pada kesehatan.

Pada dasarnya mata kuning berkaitan dengan kondisi kesehatan pada masalah kantung empedu, hati, dan pangkreas. Beberapa macam organ tersebut dapat membuat tubuh menjadi kelebihan zat yang disebut dengan bilirubin dalam darah. Bilirubin merupakan zat sisa hasil dari pemecahan sel darah merah yang berwarna kuning.

Bilirubin inilah yang memicu atau menyebabkan perubahan mata menjadi warna kuning. Terjadinya penumpukan pada bilirubin menjadi penyebabnya mata kuning atau disebut juga kelebihan bilirubin di dalam darah. Guna mengatasi kondisi ini, perlu untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu agar memudahkan cara mengatasinya.

Mengenal penyebab mata kuning

Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan mata kuning untuk diketahui. Seperti di atas telah disebutkan penumpukan bilirubin dapat memicu mata kuning, dan seringkali kondisi ini terjadi pada bayi. Sebab kondisi liver belum mampu mengatur kadar bilirubin pada tubuh. Selain itu juga dapat terjadi pada orang dewasa oleh beberapa penyebab.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab terjadinya mata kuning :

- Sindrom gilbert, melansir dari situs Better Healt Channel menyebutkan kondisi ini dinilai tidak berbahaya dan tidak membutuhkan penanganan khusus. Akan tetapi pengidap sindrom gilbert dapat mengalami gejala mata kuning.

- Penyumbatan saluran empedu, empedu memiliki kandungan kolestrom, garam dan bilirubin. Empedu juga merupakan cairan yang dihasilkan oleh hati. Namun jika kondisi saluran empedu tersumbat maka akan terjadi penumpukan bilirubin yang memicu mata kuning.

- Gangguan pangkreas, mata kuning dapat dipicu dengan adanya masalah pada pangkreas. Kondisi ini dapat dipengaruhi akibat konsumsi minuman alkohol, dan juga batu empedu. Terkadang penyebabnya juga belum diketahui dengan pasti.

- Kelainan pada darah, terjadinya kondisi ini dapat memicu terjadinya mata kuning. Kelainan darah pada genetik dapat memicu tubuh kekurangan darah untuk pengangkutan oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan mata kuning.

- Penyakit hati, hati dapat bermasalah yang memicu perubahan warna mata menjadi kuning. Kondisi ini disebabkan karena hati tidak dapat membuang kadar bilirubin yang berlebihan di dalam tubuh, sehingga menyebabkan mata kuning.

Daun.id

sumber; pexels

- Anemia hemolitik, merupakan penyakit pada sel darah merah hancur yang lebih cepat dari yang seharusnya. Akibat dari kondisi ini dapat menyebabkan mata kuning. Selain itu juga dapat menyebabkan tubuh kekurangan darah dan membahayakan nyawa.

- Konsumsi alkohol secara berlebihan juga dapat memicu terjadinya mata kuning. Hal ini dapat mengganggu kerja liver yang terdapat di dalam perut.

- Penyakit malaria, penyakit ini dapat terjadi karena penularan nyamuk. Kondisi ini dapat memicu terjadinya mata kuning akibat pecahnya sel darah merah. Malaria juga dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah kapiler.

- Pinguecela, kondisi ini berkaitan dengan organ lain yang dapat memicu mata kuning. Pada pengidapnya, terdapat bintik kuning pada area mata dan bahkan tidak hanya terjadi pada satu bagian mata saja.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan mata kuning, hindarilah beberapa kondisi atau penyebab agar tidak terjadi mata kuning. Mulailah menjaga kesehatan beberapa bagian organ tubuh.

Cara mengatasi mata kuning

Selain sebagai tanda beberapa gejala masalah kesehatan, mata kuning juga dapat mengganggu penampilan. Bahkan, juga dapat menyebabkan menurunnya rasa percaya diri. Maka, kondisi ini harus segera diatasi dengan beberapa cara, berikut ini cara mengatasi mata kuning :

1. Kompres es batu

Suhu dingin pada es batu dapat membantu mata kembali berwarna putih, selain itu juga dapat membantu memar dan bengkak. Cara mengatasi mata kuning dengan es batu, sediakan kain lembut dan bersih untuk diisi dengan es batu. Kemudian gunakanlah untuk mengompres bagian mata, sensai dingin pada es batu dapat membuat mata lebih rileks dan mengatasi mata kuning.

2. Gunakan lemon

Daun.id

sumber; pexels

Lemon memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengatasi masalah kulit. Akan tetapi penggunaan lemon pada mata, jangan sampai air lemon masuk ke dalam mata sebab dapat menimbulkan rasa perih. Cara ini bisa dilakukan dengan mengiris bagian lemon menjadi dua, setelah itu dioleskan pada bagian mata luar.

3. Meneteskan obat mata

Daun.id

sumber; pexels

Obat tetes mata memiliki fungsi dapat mengatasi iritasi pada mata yang terjadi. Selain itu cara ini juga dapat mengatasi mata kuning, selain itu juga dapat diatasi dengan mengistirahatkan mata. Setelah diberikan obat tetes, sebaiknya gunakan mata untuk istirahat dengan cukup.

4. Istirahat dengan waktu yang cukup

Aktivitas yang padat dan menumpuk dapat menguras banyak tenaga sehingga menyebabkan tubuh melelahkan. Todur dengan waktu yang cukup dapat mengistirahatkan mata juga, selain itu juga mengistirahatkan bagian tubuh lainnya. Beristirahatlah 7 sampai 8 jam dengan tidur setiap hari, sehingga dapat mengatasi mata kuning.

5. Mengosumsi wortel

Wortel memiliki khasiat yang luar biasa untuk mata, sehingga dapat membuat mata tampak lebih segar dan sehat. Kandungan vitamin A pada wortel dapat mengatasi mata kuning, dan dapat mengatasi masalah kesehatan mata lainnya. Konsumsi wortel secara rutin dapat mengatasi mata kuning.

6. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein

Daun.id

sumber; pexels

minum alkohol dan kafein yang terlalu banyak dapat menjadi salah satu penyebab mata kuning. Gantilah kebiasaan ini dengan mencukupi kebutuhan minum air putih, sehingga dapat mengatasi mata kuning. Selain itu minuman yang mengandung alkohol serta kafein dapat menyebabkan tenggorokan terasa sangat kering.

7. Menggunakan mentimun

Daun.id

sumber; pexels

Mentimun diketahui memiliki banyak khasiat terhadap kecantikan, irisan mentimun mampu membuat mata tampsk lebih segar kembali. Caranya cukup mudah, iris mentimun tipis-tipis kemudian tempelkan pada mata.

8. Oleskan air mawar

Daun.id

sumber; pexels

Mata kuning dapat diatasi dengan menggunakan olesan air mawar, celupkan kapas pada air mawar kemudian oleskan bagian mata secara pelan-pelan atau teteskan secara langsung. Cara ini dapat membantu untuk mendinginkan mata, sehingga dapat mengatasi mata kuning.

9. Olahraga ringan

Olahraga dapat membuat tubuh tampak sehat dan bugar, sehingga juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan lainnya. Selain itu olahraga juga dapat melatih kekuatan otot tubuh.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kuning, jika beberapa cara telah dicoba namun masih kesulitan untuk mengatasi mata kuning. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis mata untuk mendapat perawatan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya