11 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

"Masalah rambut berminyak sering menyebabkan rambut lepek dan susah diatur. Berikut ini adalah cara mengatasi rambut berminyak."

Life | 09 February 2022, 19:49
11 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Secara Efektif, Ketahui Penyebabnya

Bukan hanya menjadi masalah di wajah, minyak juga dapat muncul dari kulit kepala, dan ini sangat mengganggu. Rambut berminyak akan menyebabkan rambut menjadi lepek dan susah diatur.

Tidak hanya itu, rambut berminyak ini seperti memberikan kesan tumpahan minyak pada rambut, sehinga membuat rambut selalu tampak basah. Rambut berminyak ini juga cenderung sulit untuk diatasi meskipun sudah dicuci dengan air.

Meski demikian, sebenarnya rambut berminyak ini memiliki fungsi yang sama seperti minyak pada wajah, yaitu untuk menjaga kulit kepala agar tidak mengalami dehidrasi.

Minyak pada rambut ini diproduksi oleh kelenjar minyak yang terlalu aktif, sehingga menghasilkan minyak lebih banyak. Akibatnya, rambut pada kulit kepala menjadi semakin lepek.

Penyebab Rambut Berminyak
Saat Anda mengalami masalah rambut berminyak, tentunya ada beberapa kondisi yang memicu kondisi tersebut. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat memicu rambut berminyak, antara lain:

- Perubahan Hormon
Penyebab munculnya rambut berminyak salah satunya adalah karena perubahan hormon. Hormon yang dapat memengaruhi produksi minyak pada kulit dan rambut disebut dengan hormon androgen.

Terdapat beberapa kondisi yang dapat meningkatkan kadar hormon ini yang sehingga memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Tingginya Kadar hormon bisa terjadi pada remaja, wanita yang sedang menstruasi, dan ibu hamil.

- Faktor Genetik
Masalah rambut berminyak dapat diturunkan secara genetik oleh orang tua kepada anak. Jika Anda memiliki orang tua dengan masalah rambut berminyak, kemungkinan besar kondisi tersebut juga akan menurun pada Anda.

- Gangguan Medis
Beberapa jenis penyakit, seperti dermatitis seboroik, juga dapat menyebabkan kulit kepala dan rambut berminyak. Penderita penyakit ini tak jarang juga akan mengalami keluhan rambut berketombe, bercak kemerahan pada kulit hingga kulit mengelupas yang disertai rasa gatal.

Cara Mengatasi Rambut Berminyak
Masalah rambut berminyak yang Anda alami akan menyebabkan masalah yang cukup mengganggu. Anda perlu melakukan tindakan agar masalah tersebut segara teratasi.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut berminyak, antaran lain:

1. Lidah buaya

Daun.id

pixabay.com

Vitamin, mineral, dan enzim dalam lidah buaya sangat membantu untuk menghilangkan minyak berlebih pada kulit kepala. Lidah buaya membantu detoksifikasi kulit kepala dari kotoran dan mengontrol sekresi minyak.

Gel lidah buaya akan membantu menutrisi pada akar rambut. Selain itu, sifat alami yang melembutkan rambut dari daun berwarna hijau ini juga membantu merawat rambut Anda.

Cara memakainya:
- Campurkan 1 sdt gel lidah buaya dengan 1 sdm sari lemon
- Aduk hingga rata
- Oleskan masker di rambut yang sudah dibasahi
- Diamkan selama 5 – 10 menit
- Bilas hingga bersih

2. Teh hijau

Daun.id

pixabay.com

Ekstrak teh hijau dapat membantu mengurangi produksi minyak dan menutrisi kulit kepala. Ini karena kandungan Epigallocatechin gallate pada teh hijau.

Senyawa ini dapat mencegah kerontokan rambut dan menghambat aktivitas hormon yang menyebabkan hal tersebut. Tidak hanya itu, EGCG dalam teh hijau juga membantu merangsang folikel rambut agar tumbuh lebih cepat.

Teh hijau telah digunakan pada berbagai produk perawatan rambut, mulai dari sampo hingga masker rambut. Selalu oleskan masker teh hijau hingga ke akar rambut dan kulit kepala untuk hasil yang lebih maksimal.

3. Gunakan sampo yang tepat
Temukan sampo yang cocok untuk Anda, ini dapat membantu mengontrol minyak pada rambut. Gunakan shampo dengan formula yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti sulfat atau paraben.

4. Hindari makanan berminyak
Anda perlu menghindari makanan yang berminyak dan digoreng untuk mengurangi jerawat pada kulit, kamu juga perlu menghindarinya untuk membuat kulit kepala tidak terlalu berminyak. Kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak atau goreng mengirim kelenjar minyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.

5. Gunakan clarifying shampoo
Clarifying shampoo akan membantu ‘mengatur ulang’ kulit kepala. Sampo lembut sangat baik penggunaan untuk sehari-hari, clarifying shampoo ini berfungsi untuk membersihkan kulit kepala, akar, dan helai rambut secara mendalam.

6. Cuci rambut setiap dua hari sekali
Mencuci rambut akan membantu mengatasi rambut berminyak yang Anda alami. Mencuci rambut sebanyak dua kali sehari adalah cara yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. Saat Anda tidak mencuci rambut secara rutin itu akan menyebabkan minyak muncul secara tidak terkontrol.

7. Gunakan sampo kering saat tak mencuci rambut
Sebelum mencuci rambut, semprotkan sampo kering pada area kulit kepala yang lebih rentan. Shampo kering membantu menyerap lemak yang menumpuk di kulit kepala sebelum waktu cuci berikutnya. Pastikan untuk menyemprotkan pada akar rambut, agar produk bekerja.

8. Cuka apel

Daun.id

pexels.com

Cuka apel merupakan bahan alami yang mengandung asam asetat, yang membantu menyeimbangkan pH di kulit kepala yang akan membantu mengurangi produksi minyak berlebih. Anda bisa menggunakan cuka apel sebagai tonik rambut untuk mendapatkan rambut yang sehat dan mengilap.

Cara menggunakannya:
- Campurkan 2 – 3 sdm cuka apel dalam secangkir air
- Cuci rambut dengan sampo dan gunakan cairan ini saat membilas rambut
- Diamkan selama beberapa menit dan bersihkan dengan air dingin
- Lakukan 2 – 3 kali dalam seminggu

9. Segera Keringkan Rambut Setelah Keramas

Daun.id

pixabay.com

Jangan menunda untuk mengeringkan rambut Anda setelah keramas. keringkan rambut menggunakan handuk, dan tidak menyarankan untuk selalu mengeringkan rambut dengan hairdryer. Pastikan rambut sudah benar-benar kering sebelum kamu menata rambut, memakai hijab dan tidur.

10. Sisir Rambut ke Atas.
Membiarkan rambut basah dalam waktu lama akan membuat akar rambut terbiasa pada posisi ‘tidur’. Nah, saat rambut dalam kondisi basah, sisir rambut ke atas hingga akar rambutnya terangkat naik. Gunakan sisir bergigi jarang dan secara perlahan agar rambut tidak tersangkut ataupun patah.

Saat akar rambut sudah terangkat, bentuk rambut akan lebih bervolume dan tidak lepek saat kering serta akan lebih menuruti arah sisiran rambutmu.

11. Keramas dengan Air Dingin.

Keramas dengan air hangat bisa merangsang kelenjar yang dapat menghasilkan sebum di kulit kepala. Makan Anda sebaiknya menggunakan air dingin untuk mengatasi rambut berminyak.

Keramas pakai air dingin atau setidaknya dengan suhu yang sama dengan suhu badan, agar kutikula rambut dapat menutup dan mengontrol produksi minyak. Perawatan rambut berminyak bisa dimulai dari hal kecil yang berdampak besar seperti air yang kamu gunakan untuk keramas.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya