Pengamat Menilai Kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia Pantas Diperpanjang

"Seorang pengamat menilai bahwa kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia layak untuk diperpanjang. Hal ini penting untuk mempertahankan performa timnas yang baik. Shin Tae-yong telah memberikan ko..."

Life | 26 April 2024, 20:54
Pengamat Menilai Kontrak Shin Tae-yong dengan Timnas Indonesia Pantas Diperpanjang

Jakarta, NU Online

Kontrak Shin Tae-yong (STY) bersama Timnas Indonesia berakhir pada Desember 2023, tetapi diperpanjang oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) selama 6 bulan hingga Juni 2024.


Selama perpanjangan ini, di bawah kepemimpinan Erick Thohir, PSSI menetapkan dua tujuan yaitu mencapai babak grup Piala Asia 2023 dan babak grup Piala Asia U-23 2024, kedua target tersebut berhasil dicapai. Erick mengatakan, kontrak Shin Tae-yong akan diperpanjang hingga 2027 jika kedua tujuan ini tercapai.


Perpanjangan kontrak Shin Tae-yong menjadi pembahasan yang ramai di kalangan suporter Timnas Indonesia setelah Timnas U-23 Indonesia berhasil mengalahkan Yordania dan memastikan tempat di perempat final Piala Asia U-23.


Meski telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan PSSI, tetapi belum ada pengumuman resmi mengenai kontrak baru untuk pelatih asal Korea Selatan itu.


Pengamat sepak bola Maruf El Rumi mengatakan bahwa Timnas Indonesia senior dan U-23 telah berhasil lolos ke fase gugur di bawah asuhan Shin Tae-yong, sehingga perpanjangan kontrak merupakan hal yang cukup layak.


"Senior dan U-23 tahun dibawa sampai lolos ke fase gugur, saya pikir ini hasil yang cukup layak kalau STY diperpanjang kontraknya," ujar Maruf kepada , Senin (22/4/2024).


Menurutnya, perpanjangan kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih merupakan sebuah bonus karena kontribusi besar yang telah diberikan kepada Timnas Indonesia. Maruf menjelaskan, pelatih asal Korea Selatan itu telah berhasil membawa 3 tim nasional, yaitu U-20, U-23, dan tim senior, lolos ke putaran final Piala Asia.


"Sebenarnya bukan hanya persoalan STY membawa Timnas Indonesia lolos ke putaran final di Piala Asia, tetapi lebih dari itu bagaimana STY berhasil mengubah Timnas Indonesia menjadi tim yang memiliki mental," imbuhnya.


Maruf juga menjelaskan bahwa di bawah kepelatihan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia telah bermain dengan sangat baik dan menunjukkan keyakinan dalam setiap pertandingannya.


Menurut Maruf, Shin Tae-yong yakin dengan strategi rotasi pemain dan pemotongan generasi yang dilakukan di awal kepelatihannya di Timnas Indonesia.


"Yang kita lihat sekarang adalah sebuah proses jangka panjang dari sepak bola Indonesia. Ini pemain sudah cukup menyatu lama, jadi STY kemudian menyempurnakan, memperbaiki kelemahan yang ada, dan kita lihat hasilnya seperti sekarang," pungkasnya.

Baca Juga

Lihat Semua

Lolos Perempat Final Piala Asia U-23, Lawan Berat Menanti Timnas Indonesia


Sebagai informasi, Shin Tae-yong telah melatih Timnas Indonesia di semua kategori usia sebanyak 100 pertandingan. Dari jumlah tersebut, Shin Tae-yong meraih 47 kemenangan, 19 hasil imbang, dan mengalami 34 kekalahan. Detail pertandingannya mencakup 50 pertandingan dengan tim senior, 21 dengan tim U-23, dan 29 dengan tim U-20.


Di samping itu, peringkat Indonesia dalam daftar FIFA telah mengalami peningkatan signifikan. Pada saat Shin Tae-yong mulai melatih, Indonesia berada di peringkat ke-174, tetapi per April 2024, peringkat Indonesia telah naik posisi ke urutan 134.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Juni 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam kehidupan percintaannya. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan dapat mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang jelas untuk mengatasi masalah. Bagi yang masih single, ada kemungkinan munculnya seseorang yang menarik perhatian dan dapat menjadi pasangan potensial.



Gemini Selengkapnya