Apakah Anak dari Hubungan Diluar Nikah Dapat Memasuki Surga?

"Apakah anak hasil zina dapat masuk surga? Temukan jawabannya dalam artikel ini yang menjelaskan status anak hasil zina dalam Islam dan syarat-syarat untuk masuk surga."

Life | 28 April 2024, 02:31
Apakah Anak dari Hubungan Diluar Nikah Dapat Memasuki Surga?

Zina merupakan dosa besar dan aib. Dampak sosialnya tak hanya sebatas pelaku zina, namun terkadang kepada anak dan orang-orang terdekatnya.

Eksklusi sosial itu bahkan bisa saja berlanjut hingga si anak beranjak dewasa. Mereka bahkan mendapatkan predikat anak hasil zina.

Dengan status semacam itu, apakah masih ada kemungkinan anak tersebut bisa masuk surga?

Dalam Islam, status anak yang lahir sebagai hasil zina orang tuanya diatur oleh hukum syariat.

Islam mengajarkan bahwa setiap individu bertanggung jawab atas perbuatan mereka sendiri, bukan atas perbuatan orang tua mereka. Oleh karena itu, status anak hasil zina dalam Islam tidak dipandang sebagai dosa atau kesalahan yang dilakukan oleh anak itu sendiri.

Untuk kasus ini, kemungkinan masuk surga tidak tergantung pada status kelahiran atau latar belakang seseorang, tetapi lebih kepada perbuatan, iman, dan keikhlasan hati mereka.

Meskipun seseorang lahir sebagai hasil zina, mereka masih memiliki kesempatan yang sama seperti individu lainnya untuk masuk surga jika mereka menjalani kehidupan dengan berpegang teguh pada ajaran Islam, bertaubat atas dosa-dosa mereka, dan berusaha melakukan amal kebajikan dengan tulus dan ikhlas.

Sebagian ulama menjelaskan, anak hasil zina itu menyimpan 3 keburukan dari aspek asal-usul dan unsur pembentukannya, garis nasab, dan kelahirannya. Namun, Allah menepis potensi negatif dari pribadi Maryam dengan firman-Nya.

Pada prinsipnya, dosa dan sanksi zina di dunia dan akhirat hanya ditanggung oleh orang tuanya. Tetapi dikhawatirkan sifat bawaan yang negatif itu akan terwarisi dan akan membawanya untuk berbuat buruk dan kerusakan.

Al-Lajnah Ad-Daimah pernah menjawab bahwa anak hasil zina bisa masuk surga jika meninggal di atas Islam. Sementara statusnya sebagai anak hasil zina tidak menghalanginya untuk masuk surga, karena itu bukan perbuatannya, tapi perbuatan orang lain.

Dalam jawaban yang lain, berkaitan dengan statusnya, dia seperti halnya orang lain. Jika taat kepada Allah, beramal shalih, dan mati dalam keadaan Islam, maka mendapat surga. Sedangkan, jika bermaksiat dan mati dalam keadaan kafir maka dia termasuk penghuni neraka. Dan jika mencampuradukkan antara amal shalih dan amal buruk serta mati dalam keadaan Islam maka statusnya di bawah masyi-ah Allah; bisa mendapat pengampunanNya atau dihukum di neraka terlebih dahulu sesuai dengan kehendakNya. Namun tempat kembalinya adalah surga berkat karunia dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ada hadits palsu yang menyatakan bahwa anak hasil zina tidak akan masuk surga. Namun, hadits tersebut tidak shahih dan termasuk hadits maudlu' (palsu).


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya