Asteroid Dekat Bumi yang Pernah Menjadi Bagian dari Bulan

"Temuan terbaru mengungkapkan bahwa ada asteroid dekat Bumi yang pernah menjadi bagian dari Bulan. Baca selengkapnya untuk mengetahui lebih lanjut."

Tech | 04 May 2024, 18:16
Asteroid Dekat Bumi yang Pernah Menjadi Bagian dari Bulan

Para ilmuwan telah menemukan asteroid yang berada dalam jarak dekat dengan Bumi dan ternyata asteroid ini pernah menjadi bagian dari Bulan. Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang asal-usul Bulan dan bagaimana asteroid dapat berpindah dari satu benda langit ke benda langit lainnya.

Asteroid ini diberi nama 2021 GW4 dan ditemukan oleh tim peneliti di Observatorium Nasional Brasil. Dalam penelitian mereka, para ilmuwan menggunakan data dari teleskop di Observatorium Siding Spring di Australia untuk melacak orbit asteroid ini.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa asteroid 2021 GW4 memiliki komposisi yang mirip dengan sampel batuan Bulan yang telah dikumpulkan oleh misi Apollo. Hal ini menunjukkan bahwa asteroid ini pernah menjadi bagian dari Bulan dan kemudian terlepas dari sana.

Para ilmuwan juga menemukan bahwa asteroid ini memiliki ukuran sekitar 1 kilometer dan mengorbit Matahari dengan periode sekitar 1,3 tahun. Meskipun asteroid ini tidak berbahaya dan tidak akan bertabrakan dengan Bumi, penemuan ini memberikan wawasan penting tentang evolusi Bulan dan pergerakan asteroid di Tata Surya.