Ancaman 'Kiamat' Terdekat Akan Muncul pada Tahun 2029

Tech | 16 May 2024, 08:48

"Pada 2029 mendatang, sebuah asteroid bernama Apophis akan melintas dekat dengan Bumi. Temukan informasi lengkap mengenai asteroid ini dan upaya yang dilakukan untuk menghadapinya."

Pada 2029 mendatang, sebuah asteroid dilaporkan akan melintas dalam jarak yang cukup dekat dengan Bumi. Apophis, objek tersebut, juga masuk dalam urutan teratas 'daftar risiko dampak' PHA Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Tabel Risiko Sentry NASA selama 17 tahun.

Asteroid berukuran 305 meter bakal berjarak 48.300 kilometer pada 13 April 2029 mendatang. Karena jaraknya itu, Apophis akan terlihat dari Bumi dengan mata telanjang saat itu, dikutip dari Space, Rabu (15/5/2024).

Apophis ditemukan pada 2004 lalu. Meski masuk dalam daftar objek yang berisiko, para peneliti NASA memastikan asteroid itu tak akan menghantam Bumi dalam 100 tahun ke depan.

Kedatangan asteroid yang disebut dewa kehancuran nanti juga telah dipersiapkan oleh para peneliti. Misi NASA Osiris Apex akan bersiap menghadapi asteroid dekat Bumi (near-Earth asteroid atau NEA).

Bukan hanya itu, proyek NEAlight dari Julius Maximilians Universitat Wurzburg juga ikut menyambut Apophis. Tim tersebut telah mengungkap tiga konsep pesawat antariksanya nanti.

Semuanya akan bertujuan mempelajari jalur asteroid. Dengan begitu akan membantu memahami tata surya dan mengembangkan langkah pertahanan saat Bumi menghadapi asteroid berbahaya.

Salah satu konsep yang ditawarkan tim peneliti adalah akan menempel pada Apophis selama berminggu-minggu. Bahkan akan tetap berada di dekatnya saat asteroid itu mulai menjauh dari Bumi.

Sebuah pesawat luar angkasa juga disiapkan berada di dekat asteroid itu. Yakni untuk memotret penampakan dan mengamati perubahan saat asteroid berada di orbitnya.

Konsep lainnya adalah integrasi dengan pesawat luar angkasa yang lebih besar. Rencananya akan dilakukan dengan ESA bernama Ramses.

Misi akan memiliki satelit lebih kecil, peralatan pengukuran dan teleskop. Ramses juga akan berada di dekat Apophis, bahkan saat objek sudah melewati Bumi.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 JULI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:35 SUBUH 04:45 DUHA 06:26 ZUHUR 12:01
ASHAR 15:24 MAGHRIB 17:56 ISYA 19:09  

Zodiak Leo Hari Ini

Percintaan

Dalam percintaan, Zodiak Leo akan mengalami kebahagiaan dan keharmonisan pada bulan Juli 2024. Hubungan yang sudah ada akan semakin erat dan stabil. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk menemukan pasangan yang cocok. Namun, tetap perlu berkomunikasi dengan jujur dan menghargai perasaan pasangan.



Leo Selengkapnya