7 Cara Mengatasi Muka Merah Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Muka merah dapat terjadi pada siapa saja, kondisi ini dapat mepengaruhi penampilan dan mengurangi rasa percaya diri pada seseorang."

Life | 02 March 2022, 16:14
7 Cara Mengatasi Muka Merah Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Muka merah dapat terjadi akibat rasa malu yang berlebihan, stres, paparan sinar matahari, dan bahkan akibat iritasi. Kondisi ini dapat membuat seseorang merasa kurang percaya diri, pasalnya kondisi ini dapat membuat penampilan kurang terasa menarik. Nah, maka kondisi ini harus segera mencari cara untuk mengatasinya.

Sebagian orang memilih dengan perawatan kecantikan wajah secara rutin. Namun, rutinitas kecantikan yang salah dapat menyebabkan kulit kering, iritasi, dan muka merah. Terkadang membuat seseorang tidak sadar, bahwa yang sudah dilakukannya dapat menyebabkan muka merah. Hal ini membuktikan, bahwa tidak setiap perawatan yang mahal dapat menjamin kondisi muka.

Akan tetapi perawatan tepatlah yang akan menjaga kecantikan wajah. Berbagai kerusakan yang terjadi dapat disebabkan oleh adanya berbagai perawatan kulit wajah memang tak bisa dianggap sepele. Misalnya, kulit wajah yang memerah serta mengalami berbagai macam iritasi. Maka dari itu, perlu dilakukan cara mengatasi muka merah dengan tepat.

Muka merah yang disebabkan oleh berbagai faktor, tentunya sebelum melakukan cara mengatasi. Sebaiknya untuk mencari penyebabnya terlebih dahulu sehingga dapat memudahkan untuk mengatasinya.

Mengenal penyebab muka merah

Muka merah dapat terjadi lantaran disebabkan oleh berbagai penyebab. Mulai dari iritasi, jerawat, hingga beberapa lainnya. Berikut ini beberapa penyebab muka merah yang paling sering terjadi :

Daun.id

sumber; pixabay

- Paparan sinar matahari, Terpapar sinar matahari dalam waktu yang cukup lama dapat membuat muka menjadi merah, terkadang juga dapat disertai dengan rasa nyeri. Masalah kulit lain juga dapat muncul jika terlalu lama terkena paparan sinar matahari di atas jam 10 pagi. beberapa masalah kulit tersebut ialah iritasi kulit, luka bakar, kulit kasar bersisik, flek hitam, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

- Makanan pedas, ketika sedang mengonsumsi makanan pedas, biasanya dapat menyebabkan perubahan menjadi muka merah. Alasannya dikarenakan makanan pedas dapat bereaksi terhadap sistem saraf dengan melebarkan pembuluh darah. Akibatnya, muka akan tampak kemerahan dan berkeringat saat kepedesan.

- Rosacea, yaitu penyakit kulit yang ditandai dengan peradangan berupa ruam kemerahan pada wajah. Ruam kemerahan biasa tampak di area hidung, dagu, pipi dan dahi. Gangguan kulit wajah yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik menyerupai jerawat. Kondisi ini dapat menyebabkan muka merah.

- Lupus. orang dalam kondisi ini biasanya memiliki ruam muka merah berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah. Gejala lainnya akibat kondisi ini dapat menimbulkan rasa yang berupa nyeri otot, sendi, dan kerusakan kuku.

- Efek obat-obatan tertentu, obat yang dikonsumsi dapat menyebabkan muka merah. Biasanya, kondisi ini dapat disebabkan oleh histamin, yakni zat kimia yang dilepaskan oleh tubuh sebagai reaksi sistem imun tubuh terhadap obat.

Daun.id

sumber; pixabay

- Menopause, merupakan masa berakhirnya siklus menstruasi secara alami yang dialami oleh perempuan. Biasanya kondisi ini dapat terjadi saat perempuan memasuki usia 45 hingga 55 tahun. Pada fase ini, beberapa perempuan akan mengalami sensasi panas (hot flash) yang muncul secara tiba-tiba pada wajah dan tubuh selama 1 sampai 5 menit, disertai dengan muka merah.

- Dermatitis seboroik, merupakan peradangan kulit kronis yang membuat kulit menjadi kering, kemerahan, dan bersisik. Kondisi ini dapat menyebabkan muka merah akibat beberapa kondisi di atas.

- Olahraga berat, setelah berolahraga, wajah atau muka mungkin dapat tampak memerah. Pasalnya saat olahraga berat, pembuluh darah kapiler pada wajah dan seluruh tubuh akan melebar serta dapat meningkatkan aliran darah meningkat. Muka merah merupakan respon alami tubuh untuk melepaskan panas melalui permukaan kulit dan mendinginkan tubuh.

- Jerawat, menjadi penyebab pada umumnya muka merah. Kondisi ini dapat terjadi ketika jerawat mulai muncul yang ditandai dengan bintik atau benjolan kecil kemerahan. Terkadang jerawat juga dapat menimbulkan rasa nyeri serta gatal-gatal pada saat mengalami peradangan sehingga wajah wajah atau muka tampak merah.

Itulah beberapa penyebab terjadinya muka merah yang dapat diketahui. Hindarilah beberapa penyebab di atas sehingga dapat mencegah muka merah. Selain itu juga dapat menjadikan muka tampak lebih indah dan meningkatkan rasa percaya diri.

Cara mengatasi muka merah

Tak perlu khawatir, kini muka merah dapat diatasi melalui beberapa cara. Salah satunya melakukan kompres dingin pada muka merah, dan beberapa cara lainnya. Berikut ini cara mengatasi muka merah :

1. Masker mentimun

Daun.id

sumber; pixabay

Mentimun termasuk bahan alami yang kaya dengan vitamin dan mineral, sehingga dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi muka merah. Cara membuat masker mentimun mudah sederhan, irislah mentimun dengan tipis-tipis dan bisa mendinginkannya di kulkas terlebih dahulu. Lalu menempelkan irisan mentimun pada bagian wajah atau muka merah, lalu diamkan selama beberapa menit.

2. Penggunaan sabun muka yang tepat

Muka merah yang terjadi, juga dapat diakibatkan salah pilih sabun yang digunakan untuk cuci muka. Kondisi ini dapat menyebabkan wajah terasa kering, dan ketarik setiap selesai cuci muka. Jika sedang mengalami hal ini, maka tidak ada cara lain untuk mengatasi muka merah tersebut, yaitu menghentikan penggunaan sabun muka. Pilihlah penggunaan sabun muka yang tepat untuk mengatasi muka merah.

3. Gunakan pelembap muka

Daun.id

sumber; pixabay

Seusai mencuci muka, berikanlah pelembap pada muka untuk mendapatkan wajah tampak indah. Pada kondisi ini jika mengalami muka merah, gunakanlah pelembap yang mengandung alkohol atau pewangi. Sebaiknya gunakanlah pelembap yang memiliki bahan alami. Selain dapat menambah sensasi dingin, cara ini juga dapat mengatasi muka merah.

4. Gunakanlah masker tidur

Masker tidur memiliki manfaat untuk menenangkan kulit wajah setelah seharian beraktivitas. Ketika sedang tidur, jika menggunakan masker wajah, maka dapat bekerja secara maksimal ke seluruh wajah. Penggunaan masker ini juga dapat membantu untuk mengatasi muka merah, selain itu beberapa masalah kulit wajah lain juga dapat diatasi.

5. Gunakan gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Lidah buaya termasuk salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi muka merah. Dalam hal ini bisa dengan memilih lidah buaya untuk diambil gel lidah buayanya. Manfaat gel lidah buaya memiliki kandungan zat antiinflamasi yang tinggi di dalamnya. Caranya cukup mudah, oleskan secara langsung gel lidah buaya, atau menggunakan masker lidah buaya.

6. Oleskan teh hijau

Kita juga bisa mengatasi muka merah dengan menggunakan teh hijau. Seduhlah segelas teh hijau lalu dinginkan pada lemari es. Setelah terasa dingin, oleskan teh hijau pada muka merah. Lalu diamkan selama beberapa menit, setelah itu bisa dibilas dengan air bersih. Mengoleskan teh hijau pada wajah dapat mengatasi muka merah.

7. Kompres dingin

Daun.id

sumber; pixabay

Suhu dingin dapat membantu mengurangi peradangan atau rasa nyeri yang terjadi pada wajah akibat beberapa masalah kulit. Selain itu, kompres dingin juga dapat membantu mengatasi muka merah akibat ruam dan peradangan. Meski demikian jangan gunakan es batu menyentuh kulit secara langsung. Lapisi terlebih dahulu es dengan kain bersih dan lembut kemudian ditempel pada muka merah.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi muka merah, lakukanlah beberapa cara di atas untuk mendapatkan wajah indah berseri kembali. Mulailah dengan merawat kulit secara rutin agar terhindar dari muka merah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya