7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Ketahui Penyebabnya

"Pengguna HP dapat mengalami kepanikan ketika sedang terjadi munculnya garis-garis pada layar HP yang tidak diinginkan."

Tech | 02 March 2022, 18:59
7 Cara Mengatasi Layar HP Bergaris, Ketahui Penyebabnya

Dalam suatu kondisi tertentu, layar HP dapat mengalami sesuatu yang tanpa diduga oleh penggunanya. Misalnya muncul garis-garis pada layar HP yang tidak sesuai dengan pengaturan penggunanya. Kondisi ini tentunya dapat membuat para pengguna kebingungan, terlebih bagi pengguna yang belum pernah mengalaminya.

Munculnya layar HP bergaris tentunya dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Salah satunya, HP sering terjatuh, terendam air, dan beberapa lainnya. Pada kondisi ini, garis-garis yang muncul pada layar HP bisa dalam bentuk vertikal maupun horizontal. Layar LCD HP yang sering terkena benda keras juga dapat menyebabkan layar HP bergaris.

Mengenal penyebab layar HP bergaris

Selain dapat membuat kebingungan para penggunanya, layar HP bergaris juga dapat menyebabkan penggunanya merasa kesal. Kondisi ini harus segera dicari penyebab permasalahannya sehingga dapat memudahkan cara mengatasinya. Berikut ini penyebab layar HP bergaris yang dapat diketahui oleh penggunanya :

Daun.id

sumber; pexels

- HP terendam air, HP yang terkena percikan air atau terendam dalam kubangan air dapat menyebabkan layar HP bergaris. Beberapa merk hp lainnya tidak terlalu memiliki ketahanan yang baik dan akan mudah rusak jika terkena air sekalipun, terlebih jika merk HP yang digunakan tidak tahan air.

- HP tertekan keras, hal ini sering kali terjadi pada pengguna android. HP termasuk benda elektronik yang sering ditaruh pada saku, terkadang tanpa sengaja bisa tertindih dan menyebabkan tekanan berlebihan pada HP. kKondisi ini biasanya akan memunculkan garis putih atau garis berwarna neon pada bagian layar HP. Selain hal ini juga dapat terjadi karena menaruh HP sembarangan.

- Terjadi kerusakan pada soket layar HP, jika terdapat kerusakan pada soket layar HP. Kondisi ini dapat memicu memicu terjadinya garis horizontal, vertikal, garis putih, maupun garis ganda pada HP, dan beberapa sejenisnya. Selanjutnya kerusakan pada socket HP ini umumnya terjadi, dikarenakan adanya cacat pada saat produksi

- Eror pada salah satu sistem HP, penyebab lain yang memicu munculnya layar HP bergaris ialah terjadi sistem yang eror. Sistem HP yang eror akan memberikan reaksi memunculkan bug sistem dalam bentuk garis halus seperti sehelai rambut atau biasanya layar akan berkedip. Namun biasanya hal ini akan terjadi pada HP bekas root atau HP rakitan.

- HP terjatuh, Ternyata hp yang sering jatuh juga menjadi salah satu penyebab utama layar HP bergaris. HP yang sering kali terjatuh dapat mempengaruhi kondisi software maupun hardware HP. Kondisi inilah yang menyebabkan layar HP bergaris. Cobalah untuk screenshoot layar HP dan kirim ke wa teman, untuk memastikan gambar hasil tangkapan layar. Jika hasilnya baik, maka HP aman.

Itulah beberapa kondisi atau faktor yang dapat memicu terjadinya layar HP bergaris. Kira-kira setelah mengetahui penyebab, sebaiknya langsung mencari cara untuk mengatasinya. Serta hindarilah beberapa penyebab, agar layar HP tetap aman.

Cara mengatasi layar HP bergaris

Ketika HP sedang mengalami kondisi ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi layar HP bergaris. Salah satunya dengan melakukan restart ulang HP, dan beberapa cara lainnya. Berikut ini cara mengatasi layar HP bergaris :

1. Terapkan opsi Developer

Daun.id

sumber; pexels

Penggunaan opsi developer dapat mengatasi layar HP bergaris. Opsi developer merupakan suatu laman yang digunakan untuk mengatur settingan HP dengan cara yang lebih lengkap dan lebih mendetail. Pada laman opsi developer ini, akan terdapat pengaturan Show Pointer Location yang dapat dinonaktifkan untuk mengatasi layar HP bergaris, garis horizontal, maupun garis vertikal pada layar HP.

2. Tekan permukaan layar HP ke bwah

Cobalah untuk menekan atau memberi tekanan layar HP bergaris ke bawah. Cara ini dapat dilakukan apabila memang kondisi HP menunjukkan bahwa terjadi kerusakan atau gangguan pada layar HP yang berasal dari faktor eksternal atau hardware. Cara ini dapat dilakukan dengan menekan permukaan layar secara perlahan dan intens ke bawah pada bagian HP dengan menggunakan ujung jari serta berulang-ulang.

3. Memastikan kondisi soket HP

Daun.id

sumber; pixabay

Seringlah untuk melakukan mengecek kondisi soket HP, dengan cara ini, dapat dilakukan sendiri secara mandiri di rumah. Apabila pengguna memiliki pengetahuan khusus tentang persoalan elektronik. Jika merasa ragu, sebaiknya meminta bantuan tukang service HP terdekat. Para teknis akan mengecek kondisi HP, dan memperbaikinya jika terjadi kerusakan pada soket HP.

4. Mengganti layar LCD

Jika segala macam cara sudah dilakukan untuk mengatasi layar HP bergaris, namun belum ada perubahan. Maka dapat mengganti LCD HP dengan yang baru. Kemungkinan layar LCD HP sudah mengalami kerusakan yang parah. Ketika melakukan hal ini, sebaiknya pastikan untuk memilih layar LCD original sehingga lebih tahan lama dan terhindar dari layar HP bergaris.

5. Keringkan HP jika terendam air

Daun.id

sumber; pixabay

Ketika HP mengalami terendam atau tercebur ke air segeralah untuk mengeringkannya karena dapat memicu layar HP bergaris. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan mesin HP agar tidak semakin parah. Cara ini bisa ditempuh dengan menggunakan kain yang menyerap air dengan baik dan tidak mengandung bulu-bulu halus yang dapat rontok karena akan menyumbat beberapa lubang dalam HP. Dalam kondisi ini, sebaiknya matikan HP hingga kondisi benar-benar kering.

6. Gunakan aplikasi LCD fixer

Cara mengatasi layar HP bergaris juga dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi LCD Fixer. Aplikasi dapat dicoba untuk mengatasi layar HP bergaris, dan mudah ditemukan di playstore. Pada HP android, sudah terdapat beberapa aplikasi yang sengaja dikembangkan untuk menjadi jawaban dan salah satu solusi tentang cara mengatasi layar HP bergaris atau juga masalah HP lainnya.

7. Melakukan restart ulang HP

Daun.id

sumber; pexels

Jika terjadi layar HP bergaris, cobalah untuk melakukan restart ulang HP. Lalu dilanjutkan dengan mengaktifkan penggunaan fitur ‘safe mode’. Penggunaan safe mode ini dapat berfungsi melacak kinerja sistem operasi serta menemukan diagnosis apabila terdapat trouble dalam sistem operasi tersebut. Dengan mengaktifkan safe mode, dapat memberikan notifikasi jika sedang terjadi kerusakan, termasuk layar HP. 

Demikianlah beberapa cara atau tips yang dapat ditempuh untuk mengatasi layar HP bergaris. Mulailah menghindari penyebabnya, untuk mencegah terjadinya layar HP bergaris. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya meminta bantuang teknisi elektronik HP terdekat.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya