15 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Berdarah, Harus Kamu Coba

"Kondisi bibir pecah-pecah dan berdarah dapat merusak penampilan kamu, berikut ini adalah cara mengatasinya."

Life | 13 March 2022, 15:29
15 Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Berdarah, Harus Kamu Coba

Bibir pecah-pecah dan berdarah akan membuat kamu kehilangan rasa percaya diri, dan kebanyakan dialami oleh perempuan. Bibir pecah-pecah dan berdarah dapat disebabkan karena udara yang kering, udara panas, udara dingin, dehidrasi dan beberapa lainya.

Bibir pecah-pecah dan berdarah ini dapat mengurangi rasa percaya diri, karena akan menyebabkan bibir nampak pucat. Selain itu, kondisi ini juga dapat menjadi gejala dari gangguan kesehatan, misalnya reaksi alergi.

Bibir pecah-pecah dan berdarah dapat terjadi juga karena perbedaan jenis kulit, kulit bibir yang lebih sensitif dibanding kulit yang lain akan lebih sering mengalaminya.

Bibir pecah-pecah dan berdarah akan membuat bibir menjadi pucat, ini disebabkan karena kulit bibir tidak memiliki melanin. Melanin merupakan pigmen pewarna kulit yang sekaligus pelindung dari sinar matahari.

Bibir pecah-pecah dan berdarah juga tidak memiliki kelenjar alami, sehingga tidak ada zat yang berguna untuk menjaga kelembapanya.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan bibir pecah-pecah dan berdarah. Penyebab pecah-pecah dan berdarah antara lain:

- Dehidrasi
Dehidrasi menyebabkan tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik. Untuk menghindari dehidrasi, kamu dianjurkan untuk minum 8 hingga 12 gelas air setiap hari. Dehidrasi dapat mengganggu keseimbangan mineral dan gizi alami yang ada di dalam tubuh, sehingga bisa memperburuk kondisi kulit, sehingga menyebabkan bibir kering.

- Bernapas melalui Mulut
Penyebab pecah-pecah dan berdarah yang kedua adalah bernapas dengan mulut. Tidur dengan mulut terbuka lebar tidak hanya akan menyebabkan bantal Anda basah karena air liur, tetapi juga akan dapat mengeringkan bibir. Anda mungkin juga sering memperhatikan ketika hidung tersumbat dan dipaksa untuk bernapas melalui mulut, bibir menjadi pecah-pecah dan berdarah.

- Menjilat Bibir
Air liur mengandung ini berfungsi dalam pencernaan makanan, bukan untuk melembapkan bibir. Air liur akan dengan cepat menguap setelah terkena udara luar, sehingga membuat bibir pecah-pecah dan berdarah.

- Alergi
Reaksi alergi dapat disebabkan karena ketidakcocokan kulit bibir terhadap lipstik, pasta gigi, pelembap, dan benda apa pun yang diaplikasikan pada bibir atau sekitarnya.

- Paparan Sinar Matahari
Paparan sinar matahari dan juga angin, juga dapat meyebabkan bibir pecah-pecah dan berdarah yang kamu alami. Kulit bibir sangat tipis dan halus, sehingga udara dingin kering dan paparan sinar matahari dapat menyebabkan bibir kering.

- Kekurangan Vitamin
Penyebab bibir pecah-pecah dan berdarah juga dapat disebabkan karena kekurangan vitamin. Yakni vitamin B2, atau riboflavin, berguna bagi tubuh seperti fungsi sel, metabolisme lemak, dan mempertahankan kadar asam homocysteine dalam darah tetap normal.

Karena vitamin B juga berkontribusi pada kulit yang sehat, kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan pecah-pecah dan berdarah.

- Kelebihan Vitamin A
Tak hanya kekurangan, kelebihan vitamin juga dapat menyebabkan bibir kering. Keracunan vitamin A dapat terjadi ketika Anda mengonsumsi terlalu banyak suplemen. Jika tubuh memiliki terlalu banyak vitamin A, akan berpengaruh pada kulit dan bibir yang mulai mengelupas dan pecah.

- Makanan Asin
Makanan yang mengandung garam di dalamnya dapat mengiritasi lapisan kulit bibir, bahkan bisa menyebabkan peradangan pada bibir.

Bibir kering dapat selain dapat mengganggu kesehatan seperti pecah-pecah hingga berdarah, bibir kering juga dapat mengganggu penampilan karena bibir menjadi pucat dan tidak segar.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-Pecah dan Berdarah
Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasi pecah-pecah dan berdarah. Berikut cara mengatasi bibir kering:

1. Pelembab Bibir

Daun.id

Pexels.com

Untuk mengatasi bibir pecah-pecah dan berdarah, gunakanlah pelembap bibir yang baik. Biasanya, bahan untuk pelembap bibir yaitu mentol dan kamper. Hindari pelembap bibir mengandung mint yang dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

2. Lidah Buaya

Daun.id

pixabay.com

Lidah buaya bisa diterapkan sebagai cara mengobati bibir kering karena lidah buaya memiliki sifat melembapkan. Selain itu lidah buaya juga memiliki antioksidan tinggi yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bibir kering.

Sifat antiinflamasi pada lidah buaya berfungsi mendinginkan kulit rusak dan pecah-pecah.

3. Humifider
Apabila kamu sedang di kantor kerja, humidifier akan berguna untuk menjaga kelembapan udara di sekitar. Hal ini juga berpengaruh terhadap kelembapan udara di kulit. Dengan kulit yang lembap, akan membuat seseorang terhindari dari bibir pecah-pecah dan berdarah.

4. Air Putih

Daun.id

pexels.com


Mengonsumsi air putih yang banyak sangat dianjurkan saat mengalami bibir kering. Mengobati bibir kering yang mengelupas dengan cara ini terbilang ampuh karena juga dapat mengatasi dehidrasi.

Saat terjadi bibir kering, segara penuhi kebutuhan cairan tubuh. Hal ini agar kelembapan bibir segera kembali sembuh dan masalah bibir kering hingga mengelupas bisa teratasi.

5. Mentimun

Daun.id

pixabay.com


Vitamin dan antioksidan yang tinggi pada mentimun sangat baik untuk mengembalikan kelembapan kulit bibir.
Mentimun dapat dimanfaatkan sebagai maksker untuk mengatasi bibir kering.

Maka dari itu, mentimun merupakan salah satu bahan alami yang dapat diandalkan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas.

6. Teh Hijau

Daun.id

pixabay.com

Teh hijau memiliki antioksidan yang tinggi yang berguna untuk mengatasi bibir kering. Teh hijau dapat dijadikan sebagai masker alami sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas.

Kandungan polifenol pada teh hijau dapat mengurangi inflamasi dan membantu melembutkan kulit yang kering.

7. Hindari Makanan Pedas

Daun.id

pixabay.com

Jika Anda mengalami bibir yang mudah kering dan mengelupas, Anda perlu mengurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Selain itu, makanan-makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibir cepat kering.

Makanan asing dan manis juga dapat menyebabkan Anda menjadi lebih mudah lapar.

8. Berhenti Merokok

Daun.id

pixabay.com

Dampak dari asap tembakau yaitu dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir sehingga menyebabkan kering hingga mengelupas.

Selain itu, merokok juga menyebabkan masalah lain di mulut, seperti sariawan dan sakit gusi.

9. Memakai lip balm
Lip balm yang berguna untuk mengatasi bibir kering mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang dapat menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir.

Lip balm berfungsi untuk melindungi bibir Anda dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi. Kandungan emolien dalam lip balm juga berfungsi untuk melembutkan bibir.

10. Pilih Lipstik yang Sesuai

Daun.id

pexels.com

Beberapa produk lipstik mengandung alkohol yang dapat menyebabkan berkurangnya kelembapan bibir. Alkohol cenderung lebih cepat menguap dari pada bahan lainya.

Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibir Anda.

11. Lindungi Bibir dengan Produk Perawatan Wajah
Bibir mempunyai lapisan yang lebih tipis dibandingkan dengan lapisan kulit pada wajah Anda. Sehingga jika bibir Anda terpapar bahan kimia ini, maka bibir Anda akan kering.

Sebaiknya, oleskan petroleum jelly atau lip balm ke bibir Anda untuk menghalangi bibir Anda terpapar bahan kimia tersebut.

12. Es Batu

Daun.id

pexels.com

Menggunakan es batu membantu Anda untuk mengurangi peradangan dan meminimalkan ketidaknyamanan.

Anda bisa menempelkan es batu selama sekitar 10 menit di tempat yang terluka. Anda bisa mengulanginya kembali setelah 1-2 jam.

13. Diet Makanan Pedas Asin
Cara mengatasi bibir agar tak mudah kering dan mengelupas adalah dengan mengurangi konsumsi makanan pedas dan asin. Kedua makanan tersebut sangat berperan kuat untuk membuat bibit cepat kering.

Selain itu, makanan tersebut dapat membuat kita lebih mudah lapar.

14. Madu
Madu memiliki sifat alami untuk menyembuhkan dan melembapkan. Selain itu madu juga bisa digunakan sebagai cara mengobati bibir yang mengelupas. Madu tak hanya melembutkan kulit kering, tapi juga dapat mencegah infeksi bibir pecah-pecah dan mengelupas.

15. Minyak Kelapa
Kandungan antioksidan yang tinggi pada minyak kelapa dipercaya berkhasiat untuk mengobati bibir yang mengelupas. Minyak kelapa juga dapat menyembuhkan bibir kering yang terluka, minyak kelapa bisa menutup luka di bibir secara alami.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 17 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya