3 Cara Menghapus Cache di Laptop, Mudah dan Detail

"Ketika laptop mengalami lemot, salah satu kemungkinan ialah karena penyimpanan penuh yang disebabkan lama tak menghapus cache."

Tech | 18 March 2022, 16:35
3 Cara Menghapus Cache di Laptop, Mudah dan Detail

Setiap laptop terdapat penyimpanan memori yang digunakan untuk menyimpan file, dokumen, dan beberapa jenis folder tertentu, salah satunya diisi oleh cache. File cache yang tidak pernah dibersihkan dapat menumpuk pada memori laptop. Kondisi ini tanpa disadari dapat menyebabkan memori penyimpanan penuh. Memori yang terlalu penuh dapat membawa efek pada kinerja laptop.

Sebagian orang pasti sudah dapat menebak laptop dengan tumpukan file cache pastinya dapat mempengaruhi kinerja menjadi lemot. Oleh karena itu, sebaiknya file cache pada laptop yang tidak digunakan segera dihapus. Sebenarnya untuk membersihkan cache di laptop itu tidak rumit, anda cukup mengikuti beberapa langkah yang telah kami suguhkan di bawah ini.

Setiap laptop sudah dapat dipastikan pasti memiliki file cache, cache merupakan data sementara yang dihasilkan dari setiap aplikasi yang digunakan. Dengan adanya cache, sehingga tidak perlu mengunduh data-data bawaan dari sebuah aplikasi tersebut. Biasanya, aplikasi di dalam laptop anda yang paling sering menghasilkan cache adalah browser. Selain itu ada DNS cache, system restore cache, thumbnail cache, dan lain-lain.

Jika keberadaan cache tak menjadi perhatian bagi pengguna atau jarang dibersihkan, pasti akan terjadi penumpukkan. Sehingga kinerja laptop menurun. Meski demikian, sebenarnya cache mempunyai fungsi yang sangat penting. Namun juga tetap harus dikontrol agar penggunaannya tidak memakan ruang penyimpanan yang banyak.

Cara menghapus cache di laptop

Menghapus cache di laptop sebanarnya bukan suatu hal yang sangat sulit bagi yang sudah mengetahuinya. Nah pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara menghapus cache di laptop. Berikut ini cara menghapus cache di laptop :

1. Cara menghapus cache di laptop via Run

Pada umumnya file cache terkadang sulit untuk dilihat, biasanya sangat tersembunyi. Untuk menemukannya, anda dapat menggunakan bantuan Windows Run. Berikut ini cara menghapus cache di laptop via Run :

Daun.id

sumber; pexels

- Aktifkan terlebih dahulu Windows Run dengan menekan Windows + R.

- Setelah itu akan muncul jendela RUN pada layar laptop.

- Ketik "temp" pada jendela Run tersebut lalu klik OK atau Enter.

- Sehingga akan muncul banyak folder dan file yang tersembunyi. Untuk dapat menghapus semuanya, cukup dengan menekan tombol CTRL + A pada keyboard, lalu klik Delete.

- Setelah itu, silahkan anda Restart laptop tersebut.

2. Cara menghapus cache di laptop via Windows Disk Cleanup

Fitur Disk Cleanup dapat dikatakan sangat membantu untuk melakukan maintenance di laptop. Karena semua cache, temporary dan junk file bisa terdeteksi dan dapat dihapus. Berikut ini cara menghapus cache di laptop via Windows Disk Cleanup :

- Buka File Explorer pada laptop. Pilihlah Local Disk (C:) dan klik kanan, pilih Properties.

- Kemudian klik pada Disk Cleanup.

- Tunggu sejenak hingga muncul jendela bar Disk Cleanup Calculating. Secara otomatis sistem akan melakukan scanning untuk mencari cache

- Kemudian akan muncul jendela Disk Cleanup for (C:). Pada Files to Delete kamu centang pada Recycle Bin dan Thumbnails. Lalu, klik OK.

- Kemudian, tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

- Jika prosesnya sudah selesai, lakukan Restart pada laptop.

3. Cara menghapus cache di laptop via CCleaner

Salah satu aplikasi yang dapat direkomendasikan ialah CCleaner. Selain menghapus file cache, juga dapat memperbaiki registry pada aplikasi tersebut. Berikut caranya :

Daun.id

sumber; pexels

- Pastikan download aplikasi CCleaner terlebih dahulu, bagi yang belum menginstal.

- Setelah itu install CCleaner di laptop yang digunakan.

- Buka aplikasi CCleaner pada laptop.

- Kemudian klik Custom Clean. Setelah itu, centang yang ingin dihapus.

- Klik Run Cleaner pada bagian kanan bawah.

- Sehingga muncul notifikasi, klik Continue.

- Biarkan beberapa saat sampai CCleaner berhasil menghapus semua file cache tersebut.

- Proses telah selesai, restart laptop tersebut.

Itulah seputar informasi tentang beberapa cara menghapus cache di laptop yang dapat dilakukan. Jika anda ingin melakukannya, lakukan sesuai dengan prosedur. Sehingga cache benar-benar dapat terhapus.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya