3 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi, Tambah Ruang Penyimpanan

"Memori penuh pada samsung J2 prime dapat diatasi tanpa harus menghapus aplikasi. Simak pembahasan di bawah ini !"

Tech | 18 April 2022, 06:04
3 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi, Tambah Ruang Penyimpanan

Android sudah mulai berkembang dan digunakan dalam berbagai produk HP, misalnya pada samartphone Samsung. Hingga saat ini banyak Smartphone yang berlomba-lomba dengan perbekalan memori internal yang besar pada HP. Namun tidak semua pengguna dapat melakukan upgrade perangkat ke yang lebih baik. Tentunya ada beragam alasan pengguna tidak melakukan upgrade dan mempertahankan fitur yang lama.

Samsung Galaxy J2 Prime merupakan salah satu Smartphone yang dimintai oleh banyak kalangan. Ban. Barangkali Anda menjadi salah satu penggunanya, namun perangkat ini seringkali mengalami memori internal yang mudah penuh, sehingga membuat perangkat lebih lelet dan cepat panas. Selanjutnya, Anda tidak bisa melakukan upgraide terhadap beberapa fitur dan jenis aplikasi.

Salah satu faktor penyebab perangkat lebih lelet, hal ini dikarenakan memori internal yang sudah penuh. Sehingga tidak dapat memuat lagi beberapa aplikasi dan upgrade yang terbaru. Meski demikian terkadang seorang pengguna merasa, padahal sudah memasang aplikasi seperlunya saja, begitu juga dengan file yang disimpan, lalu bagaimana jika sudah terjadi hal yang sedemikian.

Anda tidak perlu khawatir, kali ini sahabat daun akan membahas tentang cara mengatasi memori penuh Samsung j2 prime tanpa menghapus aplikasi. Kali ini mengatasi memori penuh Samsung J2 prime dapat dilakukan tanpa harus menghapus aplikasi. Nah, kira-kira gimana ya pembahasannya, jika Anda masih kebingungan dalam hal ini, simak baik-baik di bawah ini !.

Cara mengatasi memori penuh samsung J2 prime tanpa menghapus aplikasi

Sesuai dengan pembahasan tema, kali ini sahabat daun akan membahas mengenai beberapa cara yang dapat dilakukan agar memori internal lebih lega dan performa HP Android tetap lancar tanpa harus menghapus aplikasi. Berikut ini beberapa langkahnya :

1. Memindahkan file pribadi ke penyimpanan lain

Daun.id

sumber; pixabay.com

Anda dapat memindahkan filepribadi di flashdisk, Laptop, Komputer, atau beberapa perangkat yang dapat digunakan dalam penyimpanan. Dalam hal ini pilih beberapa file yang penting saja di Smartphone biar tidak membebani penyimpanan. Anda bisa menghubungkan ponsel dengan menggunakan kabel data, setelah itu pilih opsi PTP (point to point), kemudian pilihlah folder mana saja yang ingin dipindah ke perangkat penyimpanan lain, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

2. Menambahkan memori eksternal atau MicroSD yang Lebih Besar

Daun.id

sumber; pixabay.com

Menambahkan memori eksternal atau micro SD juga dapat mengurangi atau memberikan ruang pada penyimpanan. Cara ini dibilang lebih hemat daripada harus membeli perangkat HP yang baru. Ketika microSD telah terpasang pada perangkat samsung J2 prime, Anda bisa memindahkan seluruh file pribadi yang terdapat pada penyimpanan internal ke microSD untuk meringankan perangkat Samsung J2.

3. Menghapus cache setiap aplikasi

Daun.id

sumber; pexels.com

Penumpukan cache pada Samsung J2 dapat memicu terjadi penyimpanan internal penuh. Namun cara ini hanya dapat membantu meringankan penyimpanan sebentar saja, dan akan kembali penuh lagi setelah beberapa aplikasi digunakan. Caranya, Buka menu pengaturan > Kemudian anda masuk ke menu aplikasi > Nantinya anda tinggal cari aplikasi yang sering digunakan > Kalian buka pengaturan dari aplikasi tersebut, dan klik tombol hapus cache > Silahkan lakukan berulang untuk aplikasi lain yang sering dipakai.

Demikian macam-macam langkah yang dapat ditempuh ketika ingin mengatasi memori penuh Samsung J2 prime tanpa menghapus aplikasi. Jika Anda mengalami masalah yang sama, lakukan beberapa langkah seperti di atas. Selamat memulai !

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya