Intip Canggihnya Ransel Bikinan NASA, Dijamin Tak Bikin Astronot Hilang Arah

"Ransel ini sangat penting untuk bertahan hidup di Bulan."

Tech | 25 April 2022, 16:55
Intip Canggihnya Ransel Bikinan NASA, Dijamin Tak Bikin Astronot Hilang Arah

Menerapkan teknologi GPS di bulan itu susah-susah gampang. Berbeda dengan di bumi, tantangan menggunakan teknologi ini lebih sulit. Belum lagi teknologi ini sangat penting agar astronot tidak tersesat saat menjalani misi di bulan.

Dilansir dari Gizmodo, NASA mengembangkan tas ransel untuk mengatasi masalah ini. Tas ini diberi nama The Kinematic Navigation and Cartography Knapsack (KNaCK). Ransel ini merupakan kolaborasi NASA dengan pihak swasta.

Seperti apa canggihnya ransel ini?

1. Navigasi real time on demand.
2. Menggunakan laser untuk mengenali medan sekitar. 
3. Astronot bisa melihat peta 3D yang detail dari seluruh lingkungan sekitar. 

Ransel ini juga bisa mendeteksi debu bulan yang berterbangan. Menggunakan laser, sistem ini memindai lingkungan jutaan kali per detiknya. Sensor yang ada di ransel ini bisa digunakan untuk pengujian lab dan memetakan permukaan bulan di waktu yang sama. 

KNaCK sendiri sudah dites pada November tahun lalu di Potrillo, New Mexico. Di sana, ransel ini diuji di permukaan tidak stabil seperti kawah gunung berapi purba. Akhir April ini NASA juga akan menguji ransel ini di Kilbourne Hole, New Mexico.

(aziz talaksa/sso)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya