8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Kenali Penyebabnya

"Sakit gigi ternyata tidak dapat disepelekan."

Life | 08 November 2021, 14:48
8 Cara Menghilangkan Sakit Gigi dalam 5 Menit, Kenali Penyebabnya

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit penting untuk diketahui. Betapa tidak, sakit gigi bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu banyak aktivitas di luar rumah. Sehingga cara menghilangkan sakit gigi sangat penting.

Melansir Health Line, sakit gigi setiap orang terjadi akibat faktor yang berbeda. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya sakit gigi, antara lain:

- Gigi sensitif
- Tumbuh gigi bungsu,
- Kebiasaan mengertakkan gigi,
- Sakit gusi,
- Karies gigi,
- Gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Sakit gigi dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan dan bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit lain, misalnya maag. Bagi kamu yang saat ini sedang sakit gigi, ada hal-hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, yakni:

1. Cengkih
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Cengkih merupakan salah satu obat herbal untuk menghilangkan sakit gigi. Kamu bisa menggunakannnya sebagai cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, sebab didalamnya terdapat eugenol. Dikutip dari Medical News Today, eugenol dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi karena sakit gigi dengan fungsinya sebagai analgesik. Kamu dapat menumbuk cengkih dan mencampurnya dengan air sampai menjadi pasta. Aplikasikan pasta cengkih di area gigi yang sakit.

2. Kompres memakai air dingin

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit selanjutnya adalah mengkompres menggunkan air dingin. Melansir dari Medical News Today, balut es dengan handuk lalu letakkan di area dagu dan gigi yang sakit. Kompres itu akan menjadikan pembuluh darah mengencang sehingga rasa sakit dapat berkurang. Kamu dapat melakukan cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

3. Daun jambu biji

Dalam penelitian menjelaskan bahwa daun jambu biji mempunyai sifat anti radang yang bisa menyembuhkan luka. Selain itu, daun jambu biji juga mempunyai sifat antimikroba yang bisa melindungi kesehatan gigi dan mulutmu. Cara menyembuhkan sakit gigi memakai daun jambu biji cukup mudah. Kamu dapat secara langsung mengunyah daun jambu biji segar.

Namun, kamu harus mencuci bersih daun jambu biji sebelum menguyahnya. Apabila tidak suka mengunyah daun jambu biji mentah, kamu dapat mencoba tambahkan daun jambu biji yang telah dihancurkan ke air mendidih. Kemudian, kamu dapat memaka larutan itu sebagai obat kumur.

4. Memakai bantal tinggi
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Pengumpulan darah pada kepala bisa mengakibatkan rasa sakit dan peradangan tambahan. Untuk sebagian orang, meninggikan kepala menggunakan satu atau dua bantal tambahan mungkin dapat membantu meredakan rasa sakit agar dapat tidur lelap.

5. Kumur dengan air garam

Mengutip dari emedicinehealth, terdapat beberapa cara alami menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit, yaitu dengan berkumur dengan air garam. Kumur dengan air garam biasa dilakukan dan direkomendasikan untuk orang yang sedang sakit gigi.

Garam mempunyai sifat yang dapat menyerap air, sehingga efektif menyerap bakteri di mulut.

6. Mengoleskan bawang putih

Cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit berikutnya dengan memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai khasiat antiradang dan antibakteri.

Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

7. Jahe
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bahan yang satu ini memang tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Jahe bisa kamu pakai sebagai cara menyembuhkan sakit gigi. Didalamnya terkandung antibiotik, sehingga bisa melawan kuman penyebab sakit gigi. Ambil satu buah jahe segar dan cuci sampai bersih. Lalu tumbuk jahe, kemudian tabur pada gigi yang sakit, diamkan sampai rasa sakitnya hilang.

8. Bawang Merah

Cara yang terakhir, kamu dapat menggunakan bawang merah. Caranya dengan memotong bawang merah menjadi dua bagian, kemudian gigit pada area gigi yang sakit. Upayakan supaya air dari bawang merah dapat masuk ke gigi yang sakit.

Selain cara menghilangkan sakit gigi, kamu juga dapat melakukan pencegahan timbulnya sakit gigi dengan beberapa cara berikut:

1. Lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari
Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Semua orang, baik anak-anak atau orang dewasa, wajib hukumnya rajin sikat gigi. Kamu perlu menyikat gigi secara teratur minimal dua kali sehari, yakni pagi seusai sarapan dan malam sebelum tidur. Apabila kamu ingin sikat gigi seusai sarapan, tunggu dulu selama 30 menit. Terlebih jika kamu menyantap minuman atau makanan yang asam.

2. Memakai teknik sikat gigi yang tepat

Ternyata masih banyak orang yang masih salah dalam melakukan sikat gigi seperti asal gosok, kumur, kemudian buang. Maka dari itu, sisa-sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi tidak sepenuhnya bersih. Tentu penting untuk memahami teknik menyikat gigi yang tepat.

3. Memilih sikat gigi dan pasta gigi yang tepat

Terdapat berbagai sikat gigi dan pasta gigi yang dijual di pasaran dengan merek yang bervariasi. Kamu harus memilih pasta gigi yang didalamnya terkandung Pro-Fluoride. Selain pasta gigi, pilih juga sikat gigi yang berbulu halus dan lentur. Pastikan kepala sikat sesuai dengan ukuran rongga mulut, jangan terlalu besar atau kecil. Penting pula untuk memastikan gagang sikat nyaman jika digenggam.

4. Flossing gigi

Flossing gigi merupakan terknik lain untuk membersihkan gigi. Sikat gigi ternyata tidak cukup dalam membantu membersihkan plak dan sisa makanan di sela-sela gigi. Maka dari itu, flossing gigi dibutuhkan. Dibanding menggunakan tusuk gigi, flossing gigi dipercaya lebih aman sebab tidak mengakibatkan gigi berlubang kian parah. Kamu juga dapat memakai sikat lidah agar kesehatan lidahmu tetap terjaga.

5. Rutin periksa gigi ke dokter

Selain berberapa cara di atas, rutin periksa gigi ke dokter juga dapat menjadi hal wajib yang perlu dilakukan untuk mencegah sakit gigi. Periksakan gigimu ke dokter gigi minimal setiap 6 bulan sekali. Akan tetapi, jika kamu memiliki masalah medis tertentu dan berisiko terkena penyakit gigi dan mulut, kamu akan direkomendasikan supaya lebih sering periksa gigi.

(pravita windi an/pw)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 27 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:18 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 19:00  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, Gemini akan mengalami perubahan yang signifikan dalam percintaan. Bagi yang sudah berpasangan, hubungan mungkin akan mengalami tantangan dan perlu komunikasi yang lebih baik. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan berpotensi menjadi pasangan yang serius.



Gemini Selengkapnya