Cara Menghapus Tulisan di YouTube atau Subtitle, Mudah dan Simpel

"Menghapus tulisan pada YouTube sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini."

Tech | 09 June 2022, 15:27
Cara Menghapus Tulisan di YouTube atau Subtitle, Mudah dan Simpel

Kita tau, YouTube adalah sebuah situs web juga aplikasi untuk berbagi video. YouTube berdiri pada 14 Februari 2005. YouTube ini memungkinkan Anda untuk mengunggah, menonton, dan berbagi dalam bentuk video.

YouTube dapat menampilkan berbagai macam jenis video, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu, konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan juga terdapat dalam YouTube.

Kebanyakan konten YouTube di unggah oleh individu, umumnya para pengunggah video ini disebut konten kreator/ Youtubers. Dalam perkembangannya, perusahaan media dan TV seperti CNN, CNBC, TRANSTV, KOMPAS, serta organisasi dan lembaga juga mulai membagikan video melalui Channel YouTube.

Keunggulan Fitur pada YouTube

Mengikuti kemanjuan teknologi, YouTube terus melakukan pengembangan dengan fitur-fiturnya, sehingga membuat pengguna nyaman dan betah menggunakannya.

Berikut ini adalah Keunggulan Fitur pada YouTube:

1. Fitur Autoplay

Daun.id

istimewa

Autoplay adalah fitur putar otomatis yang memungkinkan pengguna untuk memutar/ menonton video pada rekomendasi berikutnya. Misalnya ketika Anda hendak memainkan video musik secara terus-menerus, Anda dapat menggunakan fitur autoplay.

2. Fitur Anotasi
Daun.id

istimewa

Anonasi adalah fitur yang memungkinkan pengunggah video untuk merekomendasikan video lain dalam bentuk link atau kotak pada video yang sedang diputar.

3. Fitur Kecepatan Video
Daun.id

istimewa

Fitur Kecepatan memungkinkan Anda untuk mempercepat atau memperlambat video. Anda dapat mengatunya dengan klik menu Setelan, kemudian atur kecepatan video dibagian “Kecepatan Pemutaran” sesuai keinginan dan kebutuhan. Anda dapat mengatur kecepatan video antara 0.25-0.75 untuk kelambatan dan 1.25-1.75 untuk kecepatan.

4. YouTube Premium
YouTube Premium (sebelumnya bernama YouTube Red) adalah fitur premium untuk para pengguna yang ingin berlangganan. Dengan berlangganan YouTube Premium, pengguna bisa menonton video bebas iklan, download dengan menontonnya secara offline, serta mendapat eksklusivitas menonton video YouTube Originals mulai dari Drama, Komedi, Animasi, Dokumentasi, dan lainnya.

5. Fitur Download
YouTube juga memiliki fitur Download untuk smartphone dan tablet yang dapat membantu pengguna agar dapat menonton video secara offline. Fitur ini hanya tersedia pada aplikasi YouTube, tidak untuk browser smartphone dan komputer.

6. Fitur Live Streaming
Fitur Live Streaming menghadirkan fitur Super Chat sehingga pengguna dapat saling berkomentar secara langsung.

7. Fitur Video 360 Derajat
Fitur video 360 derajat memungkinkan pengguna untuk mengunggah dan menonton video 360 derajat menggunakan Headset Virtual Reality.

8. Fitur YouTube Stories
Adanya fitur tersebut memungkinkan kreator untuk mengunggah foto maupun video dengan durasi maksimal 1 menit, dan hilang selama 24 jam.

9. Fitur Subtitle
Daun.id

istimewa

YouTube juga memiliki fitur subtitle. Fitur subtitle ini dapat membantu Anda agar lebih mudah memahami setiap kalimat yang diucapkan dalam sebuah video. Yaitu mulai dari video musik, trailer film, tutorial, dokumentasi, hingga percakapan. Fitur ini akan memunculkan tulisan/teks sesuai kata yang diucapkan dalam video.

Fitur ini juga akan sangat membantu Anda jika tidak mengerti bahasa asing. Opsi Subtitle dapat terlihat di bagian menu Setelan, kemudian pilih Subtitle. Penonton bisa memilih subtitle sesuai dengan bahasa yang dimengerti. Namun untuk bahasa asing, Anda dapat mengaktifkanya dengan YouTube Premium.

Cara Menonaktifkan Fitur Tulisan (Subtitle)
Berikut ini adalah cara menonaktifkan fitur subtitle pada YouTube:

- Klik tombol gerigi (setelan).
Daun.id

istimewa

- Pilih Subtitle yang berlambang (CC).
Daun.id

istimewa

- Selanjutnya Anda dapat memilih fitur 'Nonaktif', 'Bahasa Indonesia', 'Terjemahan Otomatis'.
Daun.id

istimewa

- Klik 'Nonaktif'.
Daun.id

istimewa

- Selesai.

Cara Menghapus Tulisan di Youtube
Agar tulisan tidak ditampilkan di video, Anda dapat menghapusnya sepenuhnya dari video dan Akun Google Anda. Berikut adalah cara menghapus tulisan di YouTube:

- Login ke YouTube Studio.

- Dari menu kiri, pilih 'Subtitel'.

- Untuk menghapus bahasa,  di kolom 'Subtitel',  pilih opsi  lalu klik 'Hapus'.

- Anda akan diminta untuk mengonfirmasi apakah ingin menghapus teks tersebut atau tidak. Klik 'Hapus Teks'.

Catatan: Setelah teks otomatis untuk sebuah video dihapus, Anda tidak dapat mengaktifkannya kembali.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya