2 Cara Menghapus Watermark di Word, Melalui Versi Windows dan Mac OS

"Watermark di word dapat dihapus dengan mudah dan prtaktis melalui langkah di bawah ini."

Tech | 14 June 2022, 13:57
2 Cara Menghapus Watermark di Word, Melalui Versi Windows dan Mac OS

Saat kalian sedang membuka suatu dokumen di word, terkadang menemukan suatu watermark yang asli dari word. Watermark merupakan suatu gambar atau tulisan yang terselipkan secara transparan di tengah halaman atau di balik tulisan. Watermark digunakan para pengguna word, agar dokumen yang dibuatnya tidak mudah diklaim oleh orang lain.

Watermark yang dipasang juga tidak hanya terdapat pada satu halaman saja. Akan tetapi jika tools ini diterapkan, maka seluruh halaman akan terisi dengan watermark yang diterapkan. Ketika kalian mengunduh suatu dokumen, ternyata terdapat watermark. Nah mengetahui situasi ini, jangan terlalu bingung. Watermark dapat dihapus dengan mudah dan praktis.

Pemasangan watermark di word, sebagai pertanda suatu kepemilikan pada dokumen tersebut. Nah, watermark di word juga dapat dihapus melalui beberapa langkah. Kali ini sahabat daun akan berbagi tentang tips menghapus watermark di word. Sebelum membahasanya lebih dalam, kita perlu mengetahui mengapa watermark dipasang di word.

Alasan memasang watermark di word

Daun.id

Foto; Istimewa

Seseorang yang memasang watermark di word, memiliki beragam alasan. Seperti halnya di bawah ini :

1. Menghindari dan mencegah Web Scraping

Web Scraping merupakan suatu metode pengambilan data melalui sebuah website. Dalam melakukan web scraping memiliki dua langkah. Pertama, melakukan copy paste dari suatu web tertentu, cara ini disebut manula. Kedua, dengan cara menggunakan coding atau aplikasi, cara ini disebut otomatis.

2. Menjamin keamanan suatu dokumen

Dunia digital telah mengalami banyak perkembangan, bahkan dapat menyimpan dokumen melalui internet. Maka untuk menjaga keamanan dokumen agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, penting untuk menerapkan watermark. Khususnya dokumen Anda yang berbentuk word.

3. Menghalangi terjadinya pencurian karya

Saat menyimpan karya melalui dokumen word sebaiknya Anda terapkan tools watermark, sebelum diunggah di internet. Sehingga sedikit mengurangi terjadinya pencurian suatu karya. Setiap orang yang mendownload dokumen tersebut akan melihat watermark sebagai identitas pemilik karya.

Cara menghapus watermark di word

Watermark di word dapat Anda hapus dengan mudah dan praktis. Sebaiknya sebelum melakukan penghapuskan watermark, cobalah meminta izin pemilik dokumen terlebih dahulu. Berikut ini langkahnya :

1. Cara menghapus watermark di word pada windows

Berikut ini langkah menghapus watermark di word melalui laptop :

- Buka dokumen yang ada tanda latar belakang transparan atau terdapat watermarknya.

- Klik ribbon “Design” di bagian atas dokumen. Jika menggunakan Microsoft Word 2007, pilih menu “Page Layout”.

- Setelah itu, klik menu “Watermark” yang terdapat di sebelah kanan atas. Sehingga akan muncul daftar menu lainnya.

- Klik “Remove Watermark”, secara otomatis seluruh watermark yang ada di file atau dokumen tersebut akan hilang.

- Anda tinggal menyimpan dokumen kembali jika dibutuhkan.

2. Cara menghapus watermark di word pada macOS

Daun.id

Foto; Istemewa

Sebenarnya, menghapus watermark pada macOS ini tidak jauh berbeda dengan Windows. Berikut langkah menghapus watermark di word pada macOS:

- Buka file atau dokumen word milik Anda yang akan dihapus watermarknya.

- Pilih ribbon “Design” dan pilih “Watermark”. Untuk word Mac versi 2011, pilih menu “Page Layout”.

- Selanjutnya, Anda klik “Watermark”.

- Munculah beberapa menu atau opsi. Klik “Remove Watermark.”

- Selanjutnya akan muncul kotak dialog yang mempertanyakan tindakan menghapus watermark. Klik “Ok” sebagai persetujuan Anda.

- Setelah watermark dihapus, Anda tinggal menyimpan kembali dokumen tersebut.

Demikian langkah dalam menghapus watermark di word dengan mudah dan praktis. Kini tinggal Anda sendiri yang perlu untuk mencobanya.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya