Cara Menghapus Partisi Hardisk Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

"Berikut ini adalah cara untuk menghapus partisi hardisk pada Windows 10."

Tech | 14 June 2022, 16:44
Cara Menghapus Partisi Hardisk Windows 10 dengan Cepat dan Mudah

Pengertian partisi adalah sebuah pembagian suatu objek ke dalam beberapa bagian dengan tujuan tertentu. Istilah partisi umumnya digunakan pada harddisk. Partisi harddisk adalah suatu proses membagi ruang harddisk menjadi dua atau lebih, sehingga seolah-olah terdapat lebih dari satu harddisk. Pembagian ini umumnya untuk memudahkan manajemen berkas-berkas pada PC.

Saat Anda hendak memasang harddisk pada PC, Anda akan membaginya menjadi beberapa bagian. Tujuan dari pembagian ini adalah untuk memudahkan anda mengatur file maupun folder. Dengan begitu, manajemen kapasitas menjadi lebih mudah dibandingkan ketika anda menjadikan kapasitas harddisk tersebut dalam satu bagian. Berikut ini adalah beberapa fungsi hardisk:

- Memudahkan Pengguna

- Pengelolaan Harddisk Lebih Optimal

- Komputer Bekerja Lebih Cepat

- Data Lebih Aman

- Multiple Sistem Operasi Aman

-  Multiple File System.

Jenis Partisi Harddisk
Terdapat beberapa jenis partisi hardisk yang dapat Anda praktikan pada PC Anda. Berkiut ini adalah jenis-jenis partisi hardisk:

- Primary Partition, adalah partisi utama harddisk yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan sistem operasi. Dengan batas maksimal partisinya adalah 4, dengan catatan tidak ada extended partition. Namun jika ternyata ada, maka batas maksimalnya hanya 3 partisi.

- Extended Partition, adalah partisi utama yang memiliki kedudukan sama dengan Primary. Partisi extended tidak akan melakukan pengelolaan data secara langsung. Ketika anda ingin menggunakannya untuk mengolah data, maka yang harus anda lakukan adalah dengan menambahkan logical terlebih dahulu. Partisi ini merupakan pembungkus dari satu atau lebih logical partition. Untuk jumlah extended partition hanya satu.

- Logal Partition, merupakan bagian dari extended partition yang biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan data. Untuk jumlah maksimalnya sebanyak 4 dan memiliki jumlah lebih banyak jika dibandingkan dengan primary partition.

Cara Menghapus Partisi di Windows 10
Berikut ini adalah cara menghapus partisi di Windows dengan mudah:

1. Klik 'kanan' ikon Windows yang terdapat pada pojok kiri bawah desktop.
Daun.id

istimewa


2. Kemudian pilih Disk Management.
Daun.id

istimewa

3. Pilih partisi mana yang ingin anda hapus pada kolom Volume.
Daun.id

istimewa

4. Klik kanan partisi tersebut > pilih 'Delete Volume'.
Daun.id

istimewa

5. Pastikan terlebih dahulu data-data dalam partisi tersebut sudah anda backup sebelumnya / dipindah ke partisi lain. Terakhir pilih Yes.
Daun.id

istimewa

6. Selesai, partisi telah dihapus. Partisi yang dihapus tadi menjadi Unallocated yang bisa digunakan untuk membuat partisi baru atau digabungkan dengan partisi lain.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya