3 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup, Ketahui Penyebabnya

"Kondisi ini bisa jadi disebabkan hal sepele, ketahui penyebabnya dan lakukan langkah praktis di bawah ini."

Tech | 05 July 2022, 16:02
3 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Nyala Tapi Lampu Power Hidup, Ketahui Penyebabnya

Pernahkah Anda mengalami kejadian ini?, jika pernah mari kita ulas dan pelajari bersama. Keadaan ini sekilas memang membingungkan, layar laptop tidak nyala sama sekali. Namun saat dicas kondisi lampu power menyala. Kondisi ini, belum tentu menandakan laptop rusak, namun bisa jadi ini adalah sebuah gangguan yang terjadi pada laptop.

Pada era digitalisasi, laptop merupakan perangkat yang sangat penting. Bahkan bisa juga disebut sebagai alat untuk bekerja, selain itu juga digunakan sebagai kebutuhan pendidikan. Bahkan banyak orang menaruh data penting di dalamnya. Penting bagi kita untuk mencari tahu apa penyebabnya, sehingga bisa mengembalikan laptop dalam keadaan normal.

Penyebab laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Daun.id

sumber; pexels.com

Meski lampu power hidup tapi keadaan layar laptop tidak menyala,kondisi ini mesti membingungkan penggunanya. Ketahui ada beberapa penyebab yang memicu kondisi ini, berikut ini penyebabnya :

- Baterai yang sudah kosong, dalam kondisi ini tiba-tiba layar mati mendadak namun lampu power menyala.
- Terjadi masalah pada processor laptop, jika terjadi masalah pada perangkat tersebut bisa memicu kondisi ini.
- RAM laptop terjadi kerusakan, bisa menjadi pemicu layar mati dan lampu power hidup.
- Terjadi kerusakan pada HDD laptop. Saat laptop dihidupkan terkadang yang muncul hanya layar kosong.

Itulah beberapa penyebab yang menyebabkan layar laptop mati namun lampu power hidup. Setelah ini barulah kita akan membahas langkah-langkah dalam mengatasinya.

Cara mengatasi laptop tidak bisa nyala tapi lampu power hidup

Setelah mengetahui beberapa penyebab, salah satu penyebabnya terkadang karena hal sepele. Kini saatnya kita mengatasinya, berikut ini cara mengatasi laptop nyala tapi lampu power hidup :

1. Mengganti baterai laptop

Salah satu penyebab terjadinya kondisi ini dapat disebabkan kerusakan pada baterai laptop. Silahkan lakukan pengecekkan, jika terjadi kerusakan pada baterai sebaikna langsung diganti dengan yang baru. Jika tidak diganti, sebaiknya lepaskan baterai laptop ketika menyalakannya. Laptop bisa langsung disalurkan dengan charger untuk hidup.

2. Cek kondisi layar laptop

Daun.id

sumber; pexels.com

Pemicu kondisi layar laptop mati, bisa jadi disebabkan kerusakan pada layar. Ketika laptop dinyalakan memang tidak muncul apa-apa, namun lampu power menyala. Untuk mengeceknya, coba lakukan langkah berikut ini :

- Jika masih terdapat perangkat eksternal di laptop, maka perlu dilepaskan terlebih dahulu kesemuannya.
- Ketika suara mesin berbunyi, hal itu menandakan laptop masih menyala. Bawa laptop ke tempat yang gelap untuk melihat cahaya yang muncul dari layar.
- Ketika ada cahaya yang muncul dari layar, dapat dipastikan kerusakan terjadi pada layar. Dalam kondisi ini, sebaiknya bawa laptop ke service center.

3. Periksa safe mode laptop

Masalah software atau terjangkit virus dapat memicu kondisi laptop tidak nyala, namun lampu power hidup. Maka periksalah safe mode laptop, untuk mendeteksi aplikasi yang dicurigai. Berikut ini langkahnya :

- Masuklah ke safe mode perangkat laptop Anda.
- Ketika sudah masuk, segeralah mencari atau mengidentifikasi beberapa perangkat yang mencurigakan.
- Jika ditemukan aplikasi yang mencurigakan, sebaiknya lakukan uninstall pada aplikasi tersebut.
- Setelah dirasa itu aplikasi penting, maka Anda bisa menginstall ulang aplikasi tersebut.
- Selesai.

Demikian beberapa langkah yang dapat kita lakukan dalam mengatasi laptop tidak nyala tapi lampu power hidup. Kini saatnya Anda mencoba, agar lebih bisa memahami.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya