Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Ada beberapa adab sebelum tidur dan setelah bangun, minimal mengawalinya dengan doa"

Life | 08 July 2022, 18:19
Doa Sebelum Tidur dan Setelah Bangun, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Tidur dapat dimaknai sebagai suatu proses istirahat yang dilakukan manusia, memiliki manfaat penting bagi kesehatan manusia. Saat sedang tidur, manusia akan mengalami daya tanggap berkurang. Hal ini disebabkan ada beberapa bagian anggota tubuh yang diistirahatkan. Dan tidur menjadi kebutuhan sehari-hari yang dilakukan manusia setiap hari dalam beberapa jam.

Dalam islam saat seseorang melakukan sesuatu ada aturan atau etika serta adabnya. Termasuk saat seseorang akan tidur, begitu juga setelah bangun. Salah satu anjuran yang disunahkan dalam islam ialah berdoa terlebih dahulu ketika hendak tidur. Dengan harapan mendapat kebaikan dari Allah SWT.

Doa sebelum tidur

Sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, hendaknya sebelum tidur membaca doa di bawah ini :

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Teks latin : Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut.

Artinya : "Dengan nama-Mu ya Allah aku hidup, dan dengan nama-Mu aku mati”.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Doa di atas merupakan potongan hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori. Seperti penjelasan di atas, maka dianjurkan membaca doa terlebih dahulu ketika hendak tidur.

Doa setelah bangun tidur

Selain mau tidur, sesudah bangun juga dianjurkan untuk membaca doa. Sesuai ajaran Rasulullah SAW, berikut ini doa setelah bangun tidur :

الحَمْدُ لِلهِ الًّذِيْ أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ

Teks Latin ; Alhamdulillâhil ladzî ahyânâ ba‘da mâ amâtanâ wa ilaihin nusyûr

Artinya ; Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali.

Itulah anjuran doa setelah bangun dari tidur, agar mendapat kebaikan dari Allah SWT sebaiknya amalkan doa tersebut. Selain itu, bangun tidur juga ada etika yang dianjurkan.

Adab setelah bangun tidur

Imam Gozali pernah membahasnya dalam kitab "Bidayatul Hidayah". Beliau menjelaskan beberapa adab bangun tidur bagi seorang muslim, sebagai berikut ini :

1. Berusaha bangun tidur sebelum waktu shubuh.

2. Berusaha untuk mengawali dengan dzikir kepada Allah, bisa adari mulut dan hati.

Daun.id

sumber; pixabay.com

3. Membaca doa ketika setelah bangun tidur, berikut doa lengkapnya :

الْحَمْدُ للهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الْمُلْكُ للهِ وَالْعُظْمَةُ وَالسُّلْطَانُ ِللهِ وَالْعِزَّةُ وَالْقُدْرَةُ للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ أَصْبَحْنَا عَلَى فِطْرَةِ الْإِسْلَامِ وَعَلَى كَلِمَةِ الْإِخْلَاصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مَحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. أَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا وَبِكَ نَحَيَا وَبِكَ نَمُوْتُ وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ. أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ أَنْ تَبْعَثَنَا فِى هَذَا الْيَوْمِ إِلَى كُلِّ خَيْرٍ وَنَعُوْذُ بِكَ أَنْ نَجْتَرِحَ فِيْهِ سُوْأً أَوْنجْرِهِ إِلَى مُسْلِمٍ أَوْ يُجْرِهِ أَحَدٌ إِلَيْنَا. نَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمِ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nyalah kami kembali. Aku memasuki pagi, sedang kekuasaan tetap hanyalah milik Allah, kemuliaan dan kekuasaan milik Allah pula. (Dialah) Tuhan seru sekalian alam.  Aku menyongsong pagi dengan kesucian Islam dan dengan kalimat ikhlas (syahadat) serta dengan agama (yang dibawa) Nabi Muhammad SAW. Juga dengan agama Bapak kami Ibrahim dengan berserah diri, serta bukanlah kami termasuk golongan orang-orang musyrik. Ya Allah dengan-Mu lah kami memasuki pagi dan sore, dengan-Mu lah kami hidup dan mati dan kepada-Mu lah kami kembali. Ya Allah kami mohon bangkitkanlah kami di hari ini pada kebaikan. Dan kami berlindung kepadamu dari mengerjakan keburukan ata mempekerjakan orang islam pada keburukan dan dipekerjakan orang untuk keburukan. Aku meminta kepada-Mu kebaikan hari ini dan kebaikan yang ada di dalamnya serta memohon perlindungan dari kejelekan hari ini dan kejelekan yang ada di dalamnya.

4. Ketika hendak memakai pakaian, diniatkan karena atas perintah Allah.

Demikianlah doa sebelum dan setelah bangun beserta beberapa adabnya. Sebagai seorang muslim yang baik, berusahalah untuk selalu mengamalkannya dengan konsisten.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya