Doa Duduk Diantara Dua Sujud dalam Sholat Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Baca doa duduk diantara dua sujud saat sholat."

Life | 18 July 2022, 15:10
Doa Duduk Diantara Dua Sujud dalam Sholat Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Duduk di antara dua sujud ialah suatu gerakan dengan duduk di atas kaki kiri sedangkan kaki telapak kaki kanan ditegakkan. Tangan diposisikan di atas paha yakni tangan kanan di atas paha kanan dan tangan kiri di atas paha kiri. Duduk diantara dua sujud juga merupakan salah satu rukun sholat yang harus dipenuhi.

Adapun hadis yang menjelaskan terkait duduk diantara dua sujud, yakni sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berbunyi:

"Jika engkau sujud, maka hendaknya engkau benarkan sujudmu, dan jika engkau duduk, maka hendaknya engkau duduk diatas kaki kirimu." (HR. Ahmad)

Doa duduk diantara dua sujud
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Bacaan dari duduk diantara dua sujud ialah sebagai berikut ini, yaitu:

وَارْزُقْنِى وَاهْدِنِى وَعَافِنِى وَاعْفُ عَنِّى

Robbighfirlii warhamnii wajburnii warfa'nii warzuqnii wahdinii wa'aafinii wa'fu 'annii

Artinya: "Ya Allah ampunilah aku, rahmatilah aku, perbaikilah keadaanku, tinggikanlah derajatku, berilah rezeki dan petunjuk untukku."

Selain doa diantara dua sujud, kamu juga dapat mempelajari doa tahiyat awal dan akhir sebagai berikut ini:

Bacaan tahiyat awal

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْك أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ

Attahiyyaatul mubaarakaatush shalawaatuth thoyyibaatulillaah. Assalaamu'alaika ayyuhan nabiyyu warahmatullaahi wabarakaatuh, Assalaamu'alaina wa'alaa ibaadillaahishaalihiin

Artinya: "Segala kehormatan, dan keberkahan, kebahagiaan dan kebaikan itu punya Allah. Keselamatan atas Nabi Muhammad, juga rahmat dan berkahnya. Keselamatan dicurahkan kepada kami dan atas seluruh hamba Allah yang sholeh."

Bacaan tahiyat akhir
Daun.id

Sumber: Pexels.com

التَّحِيَّاتُ الْمُبَارَكَاتُ الصَّلَوَاتُ الطَّيِّبَاتُ لِلَّهِ السَّلَامُ عَلَيْك أَيُّهَا النَّبِيُّ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ السَّلَامُ عَلَيْنَا وَعَلَى عِبَادِ اللَّهِ الصَّالِحِينَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ

Attahiyyâtul mubârakâtush shalawâtut thoyyibâtu liLlâh, assalâmu 'alaika ayyuhan nabiyyu warahmatuLlâhi wabarakâtuh, assalâmu 'alainâ wa 'alâ 'ibâdillâhish shâlihîn, asyhadu al-lâ ilâha illa-Llah, wa asyhadu anna muhammadar rasûlullah

Artinya: "Segala penghormatan yang penuh berkah, segenap salawat yang penuh kesucian, (semuanya) adalah milik Allah. Salam padamu wahai para Nabi, beserta rahmat dan berkah Allah. Salam bagi kami, dan bagi hamba-hamba Allah yang saleh. Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah.”


Itu dia doa duduk diantara dua sujud dan doa lainnya. Semoga dapat membantumu dalam menunaikannya saat menjalankan sholat ya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya