Doa Berpakaian Dilengkapi Hadits Riwayat, Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Bacaan doa berpakaian ini dimuat sesuai dengan hadits riwayat dan tertulis di bawah ini."

Life | 29 July 2022, 10:00
Doa Berpakaian Dilengkapi Hadits Riwayat, Teks Arab, Latin, dan Artinya

Sekilas saja, berpakaian bukanlah suatu pekerjaan yang sulit. Kita sejak kecil terdidik dan kini sudah terbiasa memakai pakaian dengan mudah. Namun sudahkah kita berdoa ketika hendak berpakaian?. Dalam Islam, saat kita mau memulai beraktivitas apapun telah diajarkan untuk berdoa terlebih dahulu.

Begitu juga ketika hendak berpakaian, dianjurkan untuk berdoa, bahkan ketika akan melepasnya juga dianjurkan untuk berdoa. Sebab memiliki pakaian untuk dikenakan setiap hari adalah bagian dari nikmat, maka haruslah kita bisa mensyukurinya. Terlebih ketika memiliki pakaian yang baru, itupun juga ada doa-doanya.

Doa berpakaian

Setelah diberikan nikmat berupa pakaian, maka patut untuk disyukuri. Doa-doa ini sesuai dengan riwayat hadits, berikut ini lafalnya :

Versi 1

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَ لَهُ ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Allâhumma innî as’aluka min khairhi wa khaira mâ huwa lahu, wa a‘ûdzubika min syarrihi wa syarri mâ huwa lahu

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan sesuatu yang di dalamnya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini dan keburukan sesuatu yang ada di dalamnya.”

Hadits riwayat dari doa ini diriwayatkan oleh Sa'ad bin Malik bin Sinan :

أن النبي صل الله عليه و سلم كان إذا لبس ثوبا سماع قميصا او رداء او عمامة يقول:  اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ

Artinya: Sesungguhnya Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi Wa Sallam ketika mengenakan pakaian, semacam gamis, selendang dan imamah, beliau berdoa: Allahumma innii as’aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a’udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Versi 2

الحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي كَساني ما أُوَاري بِهِ عَوْرَتي وَأَتَجَمَّلُ بِهِ في حياتي

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwâriy bihi ‘aurâtî wa atajammalu bihi fî hayâtî

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberiku pakaian sebagai penutup auratku dan penghias dalam hidupku."

Doa ini sesuai dengan riwayat hadits dari Mu'adz bin Anas, berikut lafalnya :

أن رسول الله صل الله عليه و سلم قال: من لبس ثوبا فقال: الحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِي كَسَانِي هٰذَا الثَوْبَ وَ رَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَ لَا قُوَّةَ

Artinya: Sesungguhnya Rasulullah Salallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa yang mengenakan pakaian, maka ucapkan: alhamdulillahilladzi kasaanii hadzatsaubi wa razaqanii min ghairi haulin minnii wa laa quwwatin. Maka, Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.

Doa berpakaian dengan pakaian baru

Tak hanya mengenakan pakaian lama, ketika hendak memakai pakaian baru juga dianjurkan untuk berdoa seperti berikut :

Versi 1

اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Allahumma lakal hamdu anta kasautanihi, as-aluka khairahu wa khaira ma shuni‘a lahu wa a‘adzu bika min syarrihi wa syarri ma shuni‘a lahu.

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu segala pujian yang Engkau berikan kepadaku pakaian ini. Aku memohon kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan kebaikan apapun yang dibuat untuknya, serta aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan pakaian ini dan kejelekan apapun yang dibuat untuknya.

Doa di atas diriwayatkan berdasarkan hadits dari Abi Sa’id al-Khudri:

كان رسول الله صل الله عليه و سلم اذا استجدّ ثوبا سمّاه عمامة، قميصا او رداء، ثم يقول : اللّٰهُمَّ لَكَ الحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَ خَيْرَ مَا صُنِعَ لَهُ، وَ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

Artinya: Bahwa Rasulullah ketika memakai pakaian baru, imamah, gamis atau sorban, berdoa: Allahumma lakal hamdu anta kasautiniihi asaluka khairahu wa khaira maa shuni’a lahu, wa a’udzubika min syarrihi wa syarri ma shuni’a lahu.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Versi 2

الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي

Alhamdulillâhil ladzî kasânî mâ uwâriy bihi ‘aurâtî wa atajammalu bihi fî hayâtî

Artinya: Segala puji bagi Allah yang memberikan pakaian kepadaku, dengannya aku tutup auratku, dengannya menjadikan nampak indah di dalam keseharianku.

Doa di atas sesuai dengan hadits riwayat Sayyidina Umar Radiyallaahu ‘Anhu.

سمعت رسول الله صل الله عليه و سلم يقول: من لبس ثوبا جديدا فقال: الحَمْدُ لِلّٰهِ كَسَانِي مَا اُوَارِي بِهِ عَوْرَتِي وَ أَتَجَمَّلُ بِهِ فِي حَيَاتِي ، ثم عمد الى الثوب الذي أخلق فتصدق به، كان في حفظ الله، و في كنف الله، و في ستر الله حيّا ميّتا

Artinya: Aku mendengar Rasulullah Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: Barangsiapa memakai pakaian yang baru, maka ucapkan: alhamdulillahilladzi kasaani ma uwarii bihii ‘auratii wa atajammalu bihi fi hayatii. Kemudian meniatkan baju yang masih pantas (usang), dan menyedekahkannya, maka dia akan berada di dalam lindungan dan naungan Allah, dan dia akan berada di jalan Allah sepanjang hidup dan mati.

Itulah beberapa doa berpakaian yang dapat diamalkan, doa di atas ditulis lengkap sesuai dengan hadits riwayat. Selamat berdoa dan berpakaian, semoga semakin berkah.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya