Doa Gerhana Bulan dan Tata Cara Sholat Khusuf Lengkap, Teks Arab, Latin, Artinya

"Saat melihat gerhana bulan dianjurkan melaksanakan sholat khusuf, ini doanya."

Life | 29 July 2022, 16:25
Doa Gerhana Bulan dan Tata Cara Sholat Khusuf Lengkap, Teks Arab, Latin, Artinya

Dalam bahasa Arab gerhana bulan disebut dengan "khusuf". Sedangkan menurut ilmu astronomi, gerhana bulan ialah suatu fenomena yang terjadi ketika keseluruhan atau sebagian saja penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Gerhana bulan memiliki tiga macam jenis yaitu; gerhana bulan total, sebagian, dan penumbra.

Secara Islam gerhana bulan termasuk salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sehingga dianjurkan melaksnakan sholat khusuf bagi setiap muslim yang melihat fenomena gerhana bulan di daerahnya. Kebanyakan ulama berpendapat hukum melaksanakan sholat gerhana bulan ialah sunnah muakkad, berikut ulasannya :

وَصَلَاةُ كُسُوفِ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ بِالْاِجْمَاعِ لَكِنْ قَالَ مَالِكٌ وَأَبُو حَنِيَفَةَ يُصَلِّى لِخُسُوفِ الْقَمَرِ فُرَادَى وَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ كَسَائِرِ النَّوَافِلِ

Artinya: Menurut kesepakatan para ulama (ijma`) hukum shalat gerhana matahari dan gerhana bulan adalah sunah muakkadah. Akan tetapi menurut Imam Malik dan Abu Hanifah shalat gerhana bulan dilakukan sendiri-sendiri dua rakaat seperti shalat sunah lainnya. (lihat Muhyiddin Syaraf An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, Kairo, Darul Hadits, 1431 H/2010 M, juz VI, halaman 106).

Pendapat di atas berdasarkan firman Allah SWT dan riwayat hadits yang berbunyi :

وَمِنْ آيَاتِهِ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ لَا تَسْجُدُوا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوا لِلَّهِ الَّذِي خَلَقَهُنَّ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

Artinya: Sebagian tanda-tanda kebesaran-Nya ialah malam, siang, matahari, dan bulan. Jangan kalian bersujud pada matahari dan jangan (pula) pada bulan, tetapi bersujudlah kalian kepada Allah yang menciptakan semua itu, jika kamu hanya menyembah-Nya. (QS Fushilat [41]: 37).

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَا يَكْسِفَانِ لِمَوْتِ اَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ وَلَكِنَّهُمَا آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللهِ تَعَالَى فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَقُومُوا وَصَلُّوا

Artinya: Sungguh, gerhana matahari dan bulan tidak terjadi sebab mati atau hidupnya seseorang, tetapi itu merupakan salah satu tanda kebesaran Allah Taala. Karenanya, bila kalian melihat gerhana matahari dan gerhana bulan, bangkit dan shalatlah kalian. (HR Bukhari-Muslim).

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa gerhana bulan dan tata cara sholat khusuf

Melihat gerhana bulan berarti melihat salah satu tanda-tanda kebesaran Allah SWT. Sebaiknya banyak melakukan pujian terhadapnya, salah satunya dengan melaksanakan sholat khusuf atau gerhana bulan. Berikut ini langkah-langkahnya :

1. Memastikan waktu terjadinya fenomena gerhana bulan secara pasti.

2. Sholat khusuf dilaksanakan saat fenomena gerhana sedang terjadi.

3. Melafalkan niat sholat gerhana bulan dalam hati dan lisan, berikut ini lafalnya :

أُصَلِّي سُنَّةَ الخُسُوفِ رَكْعَتَيْنِ إِمَامً/مَأمُومًا لله تَعَالَى

Latin: Ushallî sunnatal khusûf rak'ataini imâman/makmûman lillâhi ta'âlâ

Artinya: "Saya shalat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT"

4. Membaca takbiratul ihram

5. Membaca doa iftitah, seperti berikut :

اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا اللَّهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً وَسُبْحَانَ اللَّهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ مِنْ نَفْخِهِ وَنَفْثِهِ وَهَمْزِهِ

Allahu akbar kabiiro, allahu akbar kabiiro, allahu akbar kabiiro, walhamdulillahi katsiiro, walhamdulillahi katsiiro, walhamdulillahi katsiiro, wa subhanallahi bukrotaw washilaa, wa subhanallahi bukrotaw washilaa, wa subhanallahi bukrotaw washilla a'udzu billahi minasy syaithooni min nafkhihi, wa naftshihi, wa hamzih.

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Maha Suci Allah di waktu pagi dan sore. Aku berlindung kepada Allah dari tiupan, bisikan, dan godaan setan."

6. Membaca taawudz dan surat alfatihah :

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

Latin: A’udzu billahi minasy syaithonir rojiim

Artinya : "aku berlindung kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dari setan yang terkutuk

بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Latin: Bismillāhir-raḥmānir-raḥīm

1) Artinya: Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِينَ

Latin: Al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn

2) Artinya: Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

ٱلرَّحْمَٰنِ ٱلرَّحِيمِ

Latin: Ar-raḥmānir-raḥīm

3) Artinya: Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

مَٰلِكِ يَوْمِ ٱلدِّينِ

Latin: Māliki yaumid-dīn

4) Artinya: Yang menguasai di Hari Pembalasan.

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ

Latin: Iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn

5) Artinya: Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan.

ٱهْدِنَا ٱلصِّرَٰطَ ٱلْمُسْتَقِيمَ

Latin: Ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm

6) Artinya: Tunjukilah kami jalan yang lurus,

صِرَٰطَ ٱلَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ ٱلْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا ٱلضَّآلِّينَ

Latin: ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn

7) Artinya: (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

Daun.id

sumber; pexels.com

7. Rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 100 ayat Surat Al-Baqarah.

8. Itidal, bukan baca doa i’tidal, tetapi baca Surat Al-Fatihah. Setelah itu baca Surat Ali Imran atau selama surat itu.

9. Rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 80 ayat Surat Al-Baqarah.

10. Itidal. Baca doa i’tidal.

11. Sujud dengan membaca tasbih selama rukuk pertama.

12. Duduk di antara dua sujud 10.Sujud kedua dengan membaca tasbih selama rukuk kedua.

13. Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua.

14. Bangkit dari duduk, lalu mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama. Hanya saja bedanya, pada rakaat kedua pada diri pertama dianjurkan membaca surat An-Nisa. Sedangkan pada diri kedua dianjurkan membaca Surat Al-Maidah.

15.Salam.

16. Imam atau orang yang diberi wewenang menyampaikan dua khutbah shalat gerhana dengan taushiyah agar jamaah beristighfar, semakin takwa kepada Allah, tobat, sedekah, memerdekakan budak (pembelaan terhadap kelompok masyarakat marjinal), dan lain sebagainya.

Itulah doa gerhana bulan dan tata cara lengkap melakukan sholat khusuf "sholat gerhana". Saat di tempat tinggal anda terjadi gerhana bulan, maka dianjurkan melaksanakan sholat khusuf.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya