Doa Pelunas Hutang Dari Hadits dan Al-Qur'an, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Ikhtiar melunasi hutang harus senantiasa diiringi dengan doa"

Life | 01 August 2022, 17:07
Doa Pelunas Hutang Dari Hadits dan Al-Qur'an, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Hutang adalah sebuah pinjaman yang diberikan oleh orang lain, namun secara akadnya orang yang dipinjami ini memiliki kewajiban untuk mengembalikannya. Hutang dapat berupa barang atau benda, uang dan lain sebagainya. Berbicara soal hutang, maka wajib bagi siapapun yang berhutang untuk melunasinya.

Jika sudah ada kesempatan, maka jangan lagi menunda-nunda untuk melunasinya. Sebab hutang ini akan dipertanggung jawabkan hingga seseorang sudah meninggal. Artinya meskipun sudah meninggal, hutang tetap akan ditagih. Kami akan membahasnya di bawah ini tentang doa pelunas hutang sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Doa pelunas hutang

Rasulullah SAW mengajarkan doa pelunas hutang, doa ini dapat dibaca pagi dan sore hari. Berikut ini lafal doanya :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ
 
Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Daun.id

sumber; pixabay.com

Itulah doa pelunas hutang yang dapat diamalkan setiap pagi dan sore hari. Selain itu doa juga harus diiringi dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh, sehingga benar-benar dapat melunasinya.

Doa pelunas hutang dari ayat Al-Qur'an

Selain dari riwayat, Rasulullah SAW juga pernah mengajarkan doa kepada Mu'adz untuk membaca surat Ali Imran ayat 26-27. Berikut ini lafalnya :

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ بِيَدِكَ الْخَيْرُ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ (26) تُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَتُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَتُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَتُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَتَرْزُقُ مَنْ تَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ. (27). [آل عمران 26-27]. أَنْتَ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا، تُؤْتِي مِنْهُمَا مَا تَشَاءُ وَتَمْنَعُ مِنْهُمَا مَا تَشَاءُ، فَقْضِ عَنِّي دَيْنِيْ

Qulillāhumma mālikal-mulki tu`til-mulka man tasyā`u wa tanzi'ul-mulka mim man tasyā`u wa tu'izzu man tasyā`u wa tużillu man tasyā`, biyadikal-khaīr, innaka 'alā kulli syai`ing qadīr (26) Tụlijul-laila fin-nahāri wa tụlijun-nahāra fil-laili wa tukhrijul-ḥayya minal-mayyiti wa tukhrijul-mayyita minal-ḥayyi wa tarzuqu man tasyā`u bigairi ḥisāb (27) (surat Ali Imron 26-27). Anta rohmanaddunya wal akhirati wa rohimahumaa tu'tii minhumaa maa tasyaa'u wa tamna'u minhumaa maa tasyaa'u, faqdhi anni dainii.

Artinya, "Katakanlah (Muhammad), 'Wahai Tuhan pemilik kekuasaan, Kauberikan kekuasaan kepada siapapun yang Kaukehendaki, dan Kaucabut kekuasaan dari siapa pun yang Kaukehendaki. Kau muliakan siapapun yang Kaukehendaki dan Kauhinakan siapapun yang Kaukehendaki. Di dalam kekuasaan Engkaulah segala kebajikan. Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. (26) Kaumasukkan malam ke dalam siang dan Kaumasukkan siang ke dalam malam; Kaukeluarkan yang hidup dari yang mati dan Kaukeluarkan yang mati dari yang hidup; dan Kauberikan rezeki kepada siapa yang Kaukehendaki tanpa perhitungan (27).” (Surat Ali Imran :26-27). Engkau adalah Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan di akhirat. Engkau berikan apa yang Kaukehendaki dari keduanya, dan Engkau cegah apa yang Kaukehendaki dari keduanya, karenanya lunasilah utangku.'”

Doa itu diajarkan oleh Rasulullah kepada Mu'adz ketika sedang dikejar-kejar hutang.

Doa pelunas hutang dari riwayat hadits lainnya

Daun.id

sumber; pixabay.co

Adapun doa yang diajarkan melalui riwayat hadits yang lain, doa ini diajarkan kepada Mu'adz bin Jabal RA. Berikut ini lafalnya :

اَللَّهُمَّ فَارِجَ الْهَمِّ وَكَاشِفَ الْكَرْبِ مُجِيبَ دَعْوَةِ الْمُضْطَرِّ، رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ  وَرَحِيْمَهُمَا، اِرْحَمْنِي فِي قَضَاءِ دَيْنِي رَحْمَةً تُغْنِينِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allahumma faarijal hammi wa kaasyifalkarbi mujiba da'watilmudhthorri rohmanaddunya wal akhiroti warohiimahumaa, irhamnii fii qodhoo'i dunya rohmatan ta'tanii bihaa rohmati man siwaaka.

Artinya, “Ya Allah Zat yang membukakan (solusi) keprihatinan, yang membukakan (solusi)  kesusahan, yang mengabulkan doa orang yang terdesak, Zat yang Maha Pengasih dan Penyayang di dunia dan di akhirat, belaskasihilah aku dalam melunasi hutangku, dengan dengan belas kasih yang dengannya aku tidak membutuhkan belas kasih selain dari-Mu.” 

Jika anda sudah berusaha keras, namun masih mengalami kesulitan dalam melunasi hutang. Sebaiknya amalkan doa-doa di atas, ikhtiar beriringan doa.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya