Doa Rajab dan Amalan Lengkap Lainya, Teks Arab, Latin, Artinya

"Meningkatkan amal kebaikan di bulan rajab dapat bernilai pahala berlipat ganda."

Life | 08 August 2022, 21:04
Doa Rajab dan Amalan Lengkap Lainya, Teks Arab, Latin, Artinya

Rajab merupakan salah satu nama bulan yang terdapat dalam kalender hijriyah atau islam. Memiliki urutan bulan ke tujuh, sekaligus termasuk salah satu bulan yang memiliki kemuliaan dari empat bulan. Empat bulan ini selain bulan suci ramadhan, yaitu dzulqa'dah, dzulhijah, muharram, dan rajab. Datangnya bulan rajab menjadi suatu kebahagiaan tersendiri bagi umat muslim. Bulan ini sekaligus menjadi pertanda satu bulan sebelum datangnya bulan suci ramadhan.

Sudah semestinya orang akan berlomba dengan meningkatkan amalan kebaikan sesuai dengan kemampuan masing-masing. Amalan yang dilakukan pada saat bulan rajab juga beragam, mulai dari memperbanyak dzikir, puasa sunnah, hingga berbagai macam ibadah lainnya. Meningkatkan amal kebaikan ini sekaligus dalam rangka menyiapkan diri untuk memasuki bulan suci ramadhan. Sehingga nantinya ketika memasuki bulan suci ramadhan sudah terbiasa dengan amal kebaikan.

Doa bulan rajab

Memasuki bulan rajab yang penuh dengan kemuliaan sudah semestinya meningkatkan amal kebaikan. Salah satunya dengan memperbanyak dzikir dan berdoa. Adapun doa yang dapat dipanjatkan ketika bulan rajab:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبَ وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغنَا رَمَضَانَ

Allâhumma bâriklanâ fî rajaba wa sya’bâna wa ballighnâ ramadhâna.

Artinya: “Ya Allah, anugerahkanlah keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah umur kami pada bulan Ramadhan.

Doa ini dipanjatkan agar orang mendapat keberkahan di bulan rajab dan mengharap kepada Allah SWT, supaya diberikan umur panjang dan sampai pada bulan ramadhan.

Daun.id

sumber; pexels.com

Amalan di bulan rajab

Berdoa saja rasanya kurang afdhol, sehingga harus diisi dengan beberapa amalan kebaikan lainnya. Berikut ini beberapa amalan lainnya yang dapat ditingkatkan saat bulan rajab ;

1. Memperbanyak bacaan doa bulan rajab

Rasulullah telah memberikan contoh kepada umat Islam terkait doa bulan rajab. Amalan doa ini dengan harapan umur seseorang dapat sampai pada bulan suci ramadhan. Adapun doanya telah tertulis seperti di atas.

2. Melakukan puasa sunnah

Selain berdoa seorang muslim juga dianjurkan untuk melakukan puasa sunnah di bulan rajab. Berikut ini lafal niat puasa rajab ;

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ رَجَبَ لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghoddin an'adain sannatin rajaba lillahi ta'ala.

Artinya, “Aku berniat puasa sunah Rajab esok hari karena Allah Swt.

3. Melakukan sholat sunnah rajab

Menurut Imam Al Ghozali, pelaksanaan sholat sunnah ini dilakukan di antara selesai isa' dan waktu sepertiga malam. Jumlah rakaatnya ada 12 dan tata cara pelaksanaannya seperti sholat sunnah lainnya. Bacaan setelah al fatihah dianjurkan membaca surat Al Qadar 3x pada rakaat pertama, dan Al Ikhlas 12x pada rakaat kedua.

4. Peringatan Isra' Mi'raj

Merupakan peristiwa monumental dalam sejarah Islam yaitu perjalanan Nabi Muhammad dengan didampingi Malaikat Jibril. Perjalanan dimulai dari Masjidil Haram Makkah menuju Masjidil Aqsha Palstina. Setelah itu melanjutkan perjalanan menuju Sidratil Muntaha dan langsung menghadap Allah.

5. Memperbanyak sedekah

Memuliakan bulan rajab dapat melipat gandakan pahala dan dapat menghindarkan kita dari malapetakan serta mara bahaya. Sesuai dengan hadits riwayat yang artinya "Barang siapa bersedekah di bulan Rajab, maka Allah swt akan menjauhkannya dari api neraka sejauh jarak tempuh burung gagak yang terbang bebas dari sarangnya hingga mati karena tua. Menurut sebagaian pendapat, umur burung gagak mencapai lima ratus tahun".

Demikianlah doa rajab dan amalan kebaikan lainnya yang dapat ditingkatkan di bulan rajab. Memuliakan bulan rajab bernilai pahala dengan berlipat ganda.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

JUMAT, 29 MARET 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:31 SUBUH 04:41 DUHA 06:18 ZUHUR 12:00
ASHAR 15:14 MAGHRIB 18:01 ISYA 19:10  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Percintaan Aries pada bulan Maret 2024 akan menjadi penuh gairah dan emosional. Hubungan yang sudah ada dapat mengalami beberapa perubahan dan tantangan, tetapi dengan komunikasi yang baik, Aries dapat memperkuat ikatan mereka. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu seseorang yang menarik dan memulai hubungan baru.



Aries Selengkapnya