Doa Ratu Surga Kebangkitan Kristus dan Artinya, Dibaca Tiga Kali Sehari

"Doa Ratu Surga sebagai wujud syukur atas kebangkitan Kristus"

Life | 09 August 2022, 16:05
Doa Ratu Surga Kebangkitan Kristus dan Artinya, Dibaca Tiga Kali Sehari

Bagi kaum beragama doa memiliki peranan penting dalam sendi kehidupan di dunia. Tak peduli agama apapun itu, baik Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu, dan Knghuchu. Semua agama mengajarkan pada umatnya untuk selalu berdoa Kepada Tuhan yang dipercayainya. Doa sebagai salah satu upaya manusia untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya.

Misalnya doa Ratu Surga, merupakan salah satu doa penting bagi umat Katolik. Doa ini didaraskan umat Katolik pada pagi pukul o6.00, siang pukul 12.00, dan sore pukul 18.00. Meski doanya sama, namun memiliki maksud yang berbeda-beda dalam tiga waktu tersebut. Doa ini juga bisa disebut sebagai lagu penghormatan kepada Maria.

Doa Ratu Surga dapat disebut juga Regina Coeli, legenda mengatakan bahwa Santo Gregorius Agung mendengar tiga baris pertama dilantunkan Malaikat di hari paskah. Saat itu ia sedang berjalan tanpa alas kaki dalam suatu prosesi, Akan tetapi ada penambahan dari Santo pada baris keempat. Selengkapnya simak ulasan kami di bawah ini.

Doa Ratu Surga dan Artinya

Doa Ratu Surga merupakan salah satu doa penting bagi umat Katolik seluruh belahan dunia. Khususnya pada saat Paskah hingga Pentakosta. Berikut ini bacaan doa Ratu Surga :

Ratu Surga bersukacitalah, Alleluya
sebab Ia yang sudi kau kandung, Alleluya
telah bangkit seperti yang disabdakan-Nya, Alleluya

Doakanlah kami pada Allah, Alleluya
Bersukacitalah dan bergembiralah, Perawan Maria, Alleluya
sebab Tuhan sungguh telah bangkit, Alleluya

Marilah berdoa : Ya Allah, Engkau telah menggembirakan dunia dengan kebangkitan Putra-Mu, Tuhan kami Yesus Kristus.

Kami mohon : perkenankanlah kami bersukacita dalam kehidupan kekal bersama Bunda-Nya, Perawan Maria.

Demi Kristus, pengantara kami.

Amin.

Daun.id

sumber; pixabay.com

Doa ini memiliki arti sebagai berikut ini :

Kemenangan nyata atas kematian telah ditunjukkan oleh Kristus melalui kebangkitan-Nya. Kebangkitan Kristus atas kematian tidak semata hanya sebagai suatu peristiwa luar biasa untuk meyakinkan dunia agar tidak menyangkal kebenaran ajaran akan kebangkitan-Nya, tetapi juga untuk menyatakan kuasa penyelamatan-Nya. Kebangkitan ini bukan merupakan hanya suatu gambaran dari ide, bukan hanyalah wahyu kebenaran umum, tetapi sejarah kemenangan Kristus yang nyata oleh kuasa Allah. Karena itu, sukacita dan kegembiraan menjadi tanda kemenangan orang percaya yang mutlak atas kematian dalam rupa kebangkitan Kristus.

Itulah serangkaian doa Ratu Surga dan artian lengkapnya. Doa ini dapat dibaca tiga kali sehari (pagi, siang, dan sore). Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas.

Gelar Maria serta teladannya dalam doa Ratu Surga

Kerendahan hati Maria ini lah yang membuatnya mendapatkan gelar ratu dan bukan bermaksud untuk menjadikan Maria sebagai saingan Allah. Kepercayaan Maria terhadap Kristus inilah memiliki pengaruh penting dalam kebangkitan Kristus. Demi kejayaan, demi kemenangan, atas kuasa dosa dan kematian.

Karena jikalau kita percaya, bahwa Yesus telah mati dan telah bangkit,  maka kita percaya juga bahwa mereka yang telah meninggal dalam Yesus akan dikumpulkan Allah bersama-sama dengan Dia.” (1 Tesalonika 4:14). Bunda Maria telah memberi teladan kepada kita semua dengan penuh rendah hati memberikan dirinya demi rencana Ilahi Allah Bapa.

Mari senantiasa bersama Bunda Maria menghayati kemenangan kebangkitan Kristus dengan mendaraskan Doa Ratu Surga di hari Paskah. Semoga sukacita ini selalu menyertai kita.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 25 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya