Doa Naik Kendaraan Laut Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

"Bacalah doa ketika menaiki kendaraan agar diberikan keselamatan dan diridhoi Allah dalam perjalanan."

Life | 11 August 2022, 14:50
Doa Naik Kendaraan Laut Lengkap dengan Teks Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini adalah doa naik kendaraan laut yang dapat kamu baca ketika menaiki kapal, perahu atau kendaraan laut lainya.

Sebagai umat Islam, doa adalah suatu hal yang penting. Sehingga dalam setiap aktivitas yang kamu lakukan, kamu dianjurkan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Tidak hanya pada saat memulainya, doa juga dianjurkan ketika mengakhiri segala aktivitas.

وَقَالَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: {الدُّعَاءُ سِلَاحُ الْمُؤْمِنِ وَعِمَادُ الدِّيْنِ وَنُوْرُ السَّمٰوَاتِ وَالْأَرْضِ

Nabi SAW bersabda, “Doa itu senjata orang mukmin, tiang agama, serta cahaya langit-langit dan bumi.” Diriwayatkan oleh Imam Abu Ya’la dan imam Al-Hakim dari sahabat Ali. R.A.

Salah satu anjuran berdoa diantaranya adalah ketika naik kendaraan, baik itu kendaraan darat, laut atau pun udara. Berdoa sebelum melakukan perjalanan menggunakan kendaraan darat, laut atau udara bertujuan agar kamu selalu diberikan keselamatan, keberkahan, dan rasa tenang saat perjalanan. Selain itu, doa adalah sebagai wujud penghambaan atau pendekatan diri kepada Allah SWT.

Doa Naik Kendaraan Laut dari Nabi Nuh

Daun.id

pexels.com

Ada doa naik kapal laut sesuai sunah yang dibacakan Nabi Nuh ketika mengendarai bahteranya, yakni:

بِسْمِ اللهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّيْ لَغَفُوْرٌ رَحِيْمٌ (هود 41) - وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ (الزمر

Bismillâhi majrêha wa mursâhâ, inna rabbî la ghafûrur rahîm, Wa mâ qadarullâha haqqa qadrihî, wal ardhu jamî‘an qabdhatuhû yaumal qiyâmah,

was samâwâtu mathwiyyâtum bi yamînihî, subhânahû wa ta‘âlâ ‘an mâ yusyrikûn, (Az-Zumar ayat 67).

Artinya:

“Nuh berkata, ‘Naiklah kamu sekalian ke dalamnya dengan menyebut nama Allah di waktu berlayar dan berlabuhnya.’

Sungguh Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,’ (Surat Hud ayat 41).

Doa Naik Kendaraan Laut

Saat bepergian hendaknya kamu selalu membaca doa terlebih dulu, berikut ini adalah doa yang dapat kamu baca ketika menaiki kendaraan laut.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya:
“Dengan nama Allah, yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Maha Pengasih." (Imam Nawawi, Al-Adzkar, hal: 190).

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

KAMIS, 18 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:27 SUBUH 04:37 DUHA 06:16 ZUHUR 11:54
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:53 ISYA 19:03  

Zodiak Aries Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Anda sebagai seorang Aries akan berjalan dengan baik. Anda akan merasa lebih dekat dengan pasangan Anda dan saling mendukung satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi secara jelas dan terbuka untuk menghindari konflik yang tidak perlu.



Aries Selengkapnya