Doa Membasuh Muka Ketika Berwudhu, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

"Membasuh muka juga mempunyai bagian doanya sendiri. Sebagai berikut:"

Life | 18 August 2022, 18:20
Doa Membasuh Muka Ketika Berwudhu, Lengkap Arab, Latin Beserta Artinya

Wudhu adalah salah satu bentuk bersuci yang disyariatkan di dalam agama Islam. Terdapat beberapa rangkaian dari gerakan wudhu untuk membersihkan anggota tubuh, dengan cara mengusap, dan membasuhnya dengan urut dan teratur.

Seluruh bagian anggota yang dibasuh saat berwudhu memiliki niatnya masing-masing. Dari wajah hingga kaki. Bahkan wajah memiliki kesunahan tersendiri. Karena membasuh wajah merupakan bagian dari rukun atau hal yang wajib untuk dibasuh. Lantaran bagian wajah adalah bagian penting, dan dianggap sah apabila wajah telah terbasuh dengan air wudhu.
Daun.id

sumber: pixabay.com

Membasuh muka saat berwudhu juga bisa mencerahkan wajah sampai mencegah penyakit kanker. Bahkan pada hari kiamat nanti, orang-orang yang menjaga wudunya akan memiliki wajah yang bercahaya. Yang lebih berseri-seri saat dipanggil nanti.

Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan Abu Hurairah, “Sungguh umatku akan diseru pada hari kiamat dalam keadaan bercahaya karena bekas wudunya. Maka siapa yang mampu melebihkan panjang sinar pada tubuhnya, maka lakukanlah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dikutip dari buku Ringkasan Shahih Bukhari oleh Samir Mahmud Al-Husni, berikut bacaan doa membasuh muka lengkap dengan artinya:

اللَّهُمَّ بَيِّضْ وَجْهِيْ بِنُورِكَ يَوْمَ تَبْيَضُّ وُجُوْهُ أَوْلِيَائِكَ، وَلاَ تُسَوِّدْ  وَجْهِي بِظُلُمَاتِكَ يَومَ تَسْوَدُّ وُجُوهُ أَعْدَائِكَ

Allahumma bayyidh wajhii binuurika yauma tabyadhu wujuuhu auliyaaika, wa laa tusawwid wajhi bi dzhulumaatika yauma taswaddu wujuuhu a’daa-ika
Daun.id

sumber: pixabay.com

Artinya: "Ya Allah putihkanlah wajahku dengan cahaya-Mu di hari memutihnya wajah para walimu. Janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kegelapan-Mu di hari menghitamnya wajah musuh-musuh-Mu."

Adapun tata cara membasuh muka saat wudhu yaitu dengan membasuh air ke seluruh muka, mulai dari permukaan kening hingga pojok dagu, dari depan telinga kanan dan depan telinga kiri.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya