Doa Penarik Rezeki dan Amalan Sunnah Agar Rezeki Lancar

"Baca dan amalkanlah doa berikut ini agar rezeki kamu lancar."

Life | 23 August 2022, 15:40
Doa Penarik Rezeki dan Amalan Sunnah Agar Rezeki Lancar

Berdoa adalah sebuah ikhtiar yang ditunjukan kepada Allah SWT dalam rangka mendekatkan diri. Tidak hanya bertujuan mendekatkan diri, berdoa juga dapat dipanjatkan dengan tujuan yang lain, seperti meminta keselamatan dan meminta rezeki.

Tidak hanya manusia, tiap-tiap makhluk hidup Rezeki setiap makhluk hidup telah dijamin oleh Allah SWT. Allah SWT berfirman: 

"Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)." (QS. Hud: 6).

Sebagai umat Islam, mengharapkan dan menggantungkan rezeki kepada Allah SWT adalah sebuah ikhtiar. Ada banyak doa yang dapat dipanjatkan untuk memperoleh rezeki. Berikut ini adalah doa penarik rezeki beserta amalan sunnah agar rezeki lancar.

Doa Penarik Rezeki Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

unplash.com

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْس ِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِ قَضَائِكَ، و َبَارِكْ لِي ْ فِيْمَا قُ دِّرَ لِيْ ح َتَّى لَا أُ حِبَّ تَعْجِ يْلَ مَا أَخ َّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْت َ

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radldlini bi qadla'ika, wa barik li fima quddira li khatta la ukhibba ta'jîla ma akhkharta, wa la ta'khira ma 'ajjalta.

Artinya: "Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kau tunda dan enggan menunda apa yang Kau segerakan."

Doa Pembuka Pintu Rezeki Lainnya

ٱللَّهُ لَطِيفٌۢ بِعِبَادِهِۦ يَرْزُقُ مَن يَشَآءُ ۖ وَهُوَ ٱلْقَوِىُّ ٱلْعَزِيزُ

Allahu lathifun bi'ibadihi yarzuqu man yasyau wa huwal qawiyyul 'aziz.

Artinya: "Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya, Dia memberik rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Dia lah Yang Maha Kuat lagi Maha Perkasa."

Doa Pembuka Pintu Rezeki Rasullullah SAW

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’a, wa rizqon thoyyibaa, wa ‘amalan mutaqobbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rizki yang halal dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah, dan Ahmad).

Doa Pembuka Pintu Rezeki Rasullullah SAW Lainya
Hadis dari ‘Ali juga menyebutkan, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah mengajarkan doa pembuka rezeki berikut ini,

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Doa Dilancarkan Rezeki

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ وَ عَطَائِكَ رِزْقًا طَيِّبًا مُبَارَكًا

Alloohumma Innii As-Aluka Min Fadhlika Wa ‘Athoo-Ika Rizqon Thoyyiban Mubaarokan.

“Ya Allah, dengan karunia dan anugerah-Mu, aku meminta rezeki yang baik lagi diberkahi.” (HR. Thabrani).

Amalan Sunnah Agar Dilancarkan Rezeki

Daun.id

pixabay.com

Agar rezeki lancar, terdapat beberapa amalan yang dapat melancarkan rezeki. Berikut ini adalah amalan sunnah agar dilancarkan rezeki.

- Salat tahajud
Salat tahajud merupakan amalan baik yang akan membuka pintu rezeki dari Allah SWT. Dalam waktu tersebut, doa-doa yang dipanjatkan akan mudah terkabul, salah satunya adalah membaca doa dilancarkan rezeki.

- Istighfar
Selain bangun dan salat tahajud di sepertiga malam, bacaan istigfar adalah amalan yang perlu dilaksanakan dan diperbanyak. Dengan memperbanyak memohon ampun kepada Allah SWT, Allah akan memudahkan segala urusan dan dilancarkan rezeki. Bacaan istigfar yang paling diutamakan adalah membaca Sayyidul Istigfar.

- Sedekah

Rasulullah SAW bersabda ” Turunkanlah (datangkanlah) rezekimu (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah”. (HR Al-Baihaqi).

- Memperbanyak berdzikir
Amalan agar rezeki lancar yang terakhir adalah memperbanyak zikir pada waktu siang, pagi, dan petang. Meskipun sekedar membaca surat al-ikhlas secara berulang-ulang.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 24 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:53
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:51 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, Taurus akan mengalami perubahan positif dalam hubungan percintaan. Jika sudah memiliki pasangan, hubungan akan semakin harmonis. Bagi yang masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya